Friday, 17 Syawwal 1445 / 26 April 2024

Friday, 17 Syawwal 1445 / 26 April 2024

Ketua MPR: Perlu Haluan Negara untuk Panduan Nasional

Rabu 31 Aug 2016 11:40 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Dwi Murdaningsih

Ketua MPR Zulkifli Hasan.

Ketua MPR Zulkifli Hasan.

Foto: MPR

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, kembali menegaskan pentingnya haluan negara dalam merancanang pembangunan nasional secara lebih terarah. Ia menyebut, salah satu tantangan terbesar bangsa Indonesia saat ini adalah bagaimana membangun pemerintahan yang dapat mewujudkan kesejahteraan rakyat sesuai perkembangan zaman.

"Bangsa Indonesia sudah seharusnya mulai benar-benar serius memikirkan rencana pembangunan jangka panjang," ujar Zulkifli, saat memberikan sambutan dalam seminar nasional yang mengambil tema 'Format Sistem Pembangunan Nasional' di Gedung JDC, Jl Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (31/8).

Zulkifli menilai, perlu ada suatu kaidah penuntun yang berisi arahan dasar mengenai cara melembagakan nilai-nilai Pancasila dan Konstitusi itu dalam sejumlah pranata publik untuk penyelanggaraan negara. Ia menambahkan, perlunya haluan negara yang berisi prinsip-prinsip kebijakan dasar yang merupakan terjemahan dari Pancasila dan konstitusi.

"Saya minta kepada kalangan akademisi dari Trisakti dapat memberi masukan," ucap dia.

Seminar nasional ini dihadiri oleh Ketua Asosiasi Pengajar Hukum Tata Negara dan Hukum Administrasi Negara Mahfud MD, Wakil Rektor III Universitas Trisakti, Dekan Fakultas Hukum Universitas Trisakti, perwakilan Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, perwakilan Lemhanas dan tamu undangan lainnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler