Friday, 17 Syawwal 1445 / 26 April 2024

Friday, 17 Syawwal 1445 / 26 April 2024

Ketua MPR: Puasa Melatih Menahan Nafsu Negatif dan Berempati Sesama

Rabu 17 Jun 2015 10:27 WIB

Red: Angga Indrawan

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan  (tengah)

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan (tengah)

Foto: ROL/Casilda Amilah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sidang Isbat yang dipimpin Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin kemarin sepakat menyatakan 1 Ramadhan 1436 H jatuh pada 18 Juni 2015. Merespons hal tersebut, Ketua MPR pun mengucapkan selamat berpuasa bagi masyarakat yang melaksanakan.

"Selamat menunaikan ibadah suci puasa kepada umat Islam. Semoga diberikan kemudahan dalam menjalankannya dan diberikan kemudahan pula menjalankan ibadah-ibadah lain di bulan Ramadhan. Semoga diberikan kemenangan di akhir Ramadhan," kata Zulkifli di Jakarta, Rabu (17/6).

Zulkifli mengatakan, ibadah puasa adalah amalan yang paling ditunggu umat Islam Indonesia. Ibadah yang dilakulan selama satu bulan penuh dengan menahan makan dan minum mulai sejak subuh hingga maghrib tersebut diharap dapat memunculkan hal yang positif bagi umat islam.

"Ibadah ini melatih umat Islam untuk menahan nafsu negatif dan memunculkan empati kepada sesama yang berkekurangan," ujarnya.

Sebelumnya, Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengatakan, awal puasa di bulan Ramadhan 1436 Hijirah/2015 Masehi dimulai Kamis (18/6). Wakil Ketua Umum MUI, KH Ma'ruf Amin mengatakan kemungkinan, awal puasa pada Kamis karena bulan masih di bawah ufuk atau mustahil dilihat hingga Selasa (16/6) petang.

"Mustahil hilal dapat terlihat. Kalau menurut perhitungannya 'kan masih di bawah ufuk. Tidak mungkin dapat dirukyat (dilihat dengan mata) hilalnya," kata Ma'ruf, Selasa (16/6).

Sumber : Issha Harruma
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler