Wednesday, 20 Zulhijjah 1445 / 26 June 2024

Wednesday, 20 Zulhijjah 1445 / 26 June 2024

'Kekayaan Indonesia Harus Diberdayakan'

Sabtu 13 Jun 2015 14:48 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Pimpinan Fraksi Partai Gerindra MPR RI Elnino M. Husein Mohi saat melakukan Sosialisasi dengan metode outbound,  Sabtu  (13/6).

Pimpinan Fraksi Partai Gerindra MPR RI Elnino M. Husein Mohi saat melakukan Sosialisasi dengan metode outbound, Sabtu (13/6).

Foto: MPR

REPUBLIKA.CO.ID, BALIKPAPAN -- Indonesia adalah negara yang kaya. Pimpinan Fraksi Partai Gerindra MPR RI Elnino M. Husein Mohi saat melakukan Sosialisasi dengan metode outbound,  Sabtu  (13/6) mengatakan Indonesia merupakan negara yang sangat besar. Hal itu dibuktikan dengan jumlah penduduk, luas wilayah, sumber daya alam hingga seni budaya dan adat istiadatnya.

Dari sekitar 250 juta penduduk Indonesia, kata dia, terdapat perbedaan yang sangat mencolok dalam tata cara berbusana. Dari ujung paling barat Indonesia, yaitu provinsi Aceh,  masyarakat disana, khususnya kaum perempuan  terbiasa memakai hijab, sebagian diantaranya bahkan menggunakan cadar.  Sementara di wilayah paling Timur, yaitu di Papua sebagian masyarakatnya masih mengenakan pakaian tradisional yang hanya ditutup lembaran kain saja.

Belum lagi jika dilihat dari sumber daya alam yang dimiliki bangsa Indonesia. "Di Nepal, untuk melihat laut mereka harus pergi luar negeri. Sementara di Indonesia, jangankan laut, salju dan padang pasir pun kita miliki. Mana ada negara yang memiliki tiga zona waktu sekaligus seperti Indonesia", kata Elnino.

Karena itu menrut Elnino setiap masyarakat harus terlibat aktif dalam upaya menjaga dan melestarikan kekayaan Indonesia. Jangan sampai kekayaan tersebut rusak, dan tidak memberikan keuntungan apapun bagi bangsa Indonesia. Salah satunya adalah dengan memupuk persatuan dan kesatuan. Karena itu Elnino berharap, seluruh peserta outbound bisa tetap saling berkomunikasi, termasuk setelah acara  Sosialisasi dengan metode outbound itu berakhir.

"Seni budaya kita merupakan sumber pendapatan yang sangat besar bagi masyarakat. Asal, kekayaan tersebut tetap terjaga, dan bisa diberdayakan dengan baik", kata Elnino.

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler