Friday, 17 Syawwal 1445 / 26 April 2024

Friday, 17 Syawwal 1445 / 26 April 2024

Ketua MPR: Ilmu adalah Senjata Seorang Pemuda

Sabtu 28 Oct 2017 18:15 WIB

Rep: Amri Amrullah/ Red: Hazliansyah

Ketua MPR Zulkifli Hasan.

Ketua MPR Zulkifli Hasan.

Foto: mpr

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Ketua MPR RI Zulkifli Hasan berpesan agar para pemuda menguasai ilmu. Menurutnya, dengan ilmu maka para pemuda dapat mempediksi masa depan.

"Zaman penjajahan, senjata kita adalah bambu runcing, sekarang bambu runcing kita adalah ilmu," kata Zulkifli dalam pidatonya di Universitas Negeri Malang pada Sabtu (28/10).

Bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda, di depan ratusan mahasiswa, Zulkifli mengingatkan para pemuda untuk mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Menurut Zulkifli Pancasila adalah jawaban dari segala keresahan yang terjadi belakangan ini. Ia mengatakan bahwa saat ini masyarakat saling menista dan mencela.

"Pancasila itu perilaku yang mempersatukan," ujarnya.

Zulkifli juga mengatakan bahwa Pancasila mengandung nilai-nilai kemanusiaan dan humanis. Untuk itu ia mengutuk tindakan apapun yang bersifat tidak berperikemanusiaan.

Ia mencotohkan peristiwa di Rohingnya dan penjajahan Israel atas Palestina merupakan tragedi kemanusiaan yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

"Bersikap manusiawi adalah tuntutan Pancasila dan Konstitusi," ungkap Zulkifli.

Ketua MPR juga menegaskan bahwa Pancasila menolak paham antituhan. Menurutnya, agama dan paham kebangsaan seiring sejalan.

"Melaksanakan ajaran agama dengan sunguh-sunguh merupakan jalan untuk mencintai bangsa," tutupnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler