Friday, 17 Syawwal 1445 / 26 April 2024

Friday, 17 Syawwal 1445 / 26 April 2024

HNW Sebut Jamiat Kheir Berjuang Lebih Dulu untuk Indonesia

Senin 10 Oct 2016 15:22 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid melakukan audiensi dengan Jamiat Kheir .

Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid melakukan audiensi dengan Jamiat Kheir .

Foto: MPR

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid bertemu dengan pengurus Jamiat Kheir, yang dipimpin oleh Husin Alatas, beserta Husein Al Haddad dan Ahmad Syaugi Algadri. Mereka menemui Hidayat untuk menyampaikan undangan agar menghadiri Milad Jamiat Kheir pada 27 November 2016 di Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Dalam kesempatan itu, Hidayat mengatakan, Jamiat Kheir merupakan organisasi pertama didirikan pada jaman pergerakkan, awal tahun 1901. Dilihat dari tujuan organisasinya yaitu, pertama, membantu fakir miskin, baik dalam segi material maupun spiritual. Kedua, mendidik dan mempersiapkan generasi muda Islam untuk mampu berperan pada masa depan.

Ketiga, menolong ummat yang lemah dalam sektor ekonomi, maka Hidayat Nur Wahid mengatakan pergerakan Jamiat Kheir mendahului apa yang dilakukan oleh Budi Utomo.

Peran tersebut membuat Hidayat Nur Wahid menyimpulkan banyak kontribusi ummat Islam pada bangsa dan negara. “Dari jaman perjuangan fisik beralih ke perjuangan organisasi, Jamiat Kheir lebih dulu dibanding dengan yang lain," kata Hidayat, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (10/10).

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler