Rabu 15 Jul 2020 08:43 WIB

3 Tip Menonton Konser Live Streaming

Menonton konser live streaming bisa tetap mengasyikkan seperti datang ke lokasi.

Musisi Iwan Fals tampil di konser musik streaming #Dirumahaja bersama putranya, Raya Rambu Rabbani. Konser live streaming marak dihelat di tengah pandemi Covid-19.
Foto: Republika/Shelbi Asrianti
Musisi Iwan Fals tampil di konser musik streaming #Dirumahaja bersama putranya, Raya Rambu Rabbani. Konser live streaming marak dihelat di tengah pandemi Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Konser secara live streaming belakangan ini sering digelar. Cara ini ditempuh untuk mengatasi kerinduan penggemar menyaksikan musisi favorit sambil memenuhi anjuran berkegiatan di dalam rumah.

Beberapa konser pernah disiarkan secara virtual di Indonesia sejak pandemi Covid-19 yang dimulai pada Maret lalu. Almarhum Didi Kempot, beberapa pekan sebelum berpulang karena sakit, mengadakan konser sekaligus penggalangan dana fenomenal yang disiarkan langsung dari salah satu televisi swasta dan live streaming di media sosial.

Baca Juga

photo
Tangkapan layar penampilan mendiang penyanyi campursari Didi Kempot pada konser musik streaming #Dirumahaja, Sabtu (28/3) petang. - (Republika/Shelbi Asrianti)

Rossa juga menyelenggarakan konser "Tegar 2.0 Jakarta", siaran ulang dari konser sang diva dari pertunjukkan di Tennis Indoor Senayan pada Oktober 2019 lalu. Seperti nonton konser datang langsung ke lokasi panggung, tiket konser Rossa dijual mulai dari Rp 75 ribu.

Selain untuk menghibur para penikmat musik, konser secara live streaming  juga mengobati kerinduan musisi untuk tampil secara live di panggung, seperti dikatakan pengamat musik Wendi Putranto, saat dihubungi Antara beberapa waktu lalu. Berikut ini tips agar nonton konser live streaming tetap seru layaknya menonton langsung.

1. Koneksi

Pastikan koneksi internet di rumah stabil. Cari sudut rumah yang menyenangkan untuk menonton dari gawai.

"Pastikan koneksi di rumah bagus, nggak diganggu download atau menonton konten lainnya," kata Wendi.

2. Camilan

Menurut Wendi, camilan merupakan salah satu teman baik untuk menonton konser live streaming.

3. Ikut interaksi

Ketika menonton aksi panggung musisi favorit, biasanya kita memberikan tepuk tangan atau menyanyikan lagunya untuk menunjukkan bahwa kita menikmati pertunjukkan tersebut. Berbeda dengan menonton live streaming, meski pun kita sebenarnya ikut bernyanyi dari rumah, musisi tidak tahu apakah kita menikmati konser tersebut.

Wendi menyarankan untuk mengapresiasi konser live streaming dengan ikut berinteraksi dengan sang musisi atau penggemar lainnya yang juga menonton dari rumah-masing. Misalnya, berikan emoji bertepuk tangan atau jempol, bahkan salam tiga jari.

"Berikan juga pertanyaan atau komentar jika musisi mengadakan tanya-jawab dengan penggemar," kata Wendi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement