Rabu 09 Dec 2020 18:25 WIB

5 Buah yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Apel mendukung penurunan berat badan, bahkan menurunkan risiko kolesterol tinggi.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Buah apel.
Foto: Wikimedia
Buah apel.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Asupan karbohidrat selalu dianggap buruk untuk menurunkan berat badan, tetapi tidak jika berasal dari sumber sehat, seperti buah-buahan. Kaya serat, vitamin, dan nutrisi penting menjadikan buah-buahan salah satu makanan terbaik yang dapat dimasukkan dalam menu diet.

Serat membuat Anda kenyang untuk waktu lebih lama dan kandungan fruktosa membantu memuaskan asupan manis. Semua jenis buah-buahan baik untuk kesehatan karena mengandung nutrisi dan memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan.

Dilansir di Times of India, buah-buahan tertentu dapat membantu dalam hal menurunkan berat badan. Berikut lima buah yang harus Anda makan lebih banyak, jika ingin menurunkan berat badan:

1. Apel

Dengan hanya empat gram serat dan 95 kalori per porsi, apel adalah salah satu buah terbaik untuk menurunkan berat badan. Apel lebih mengenyangkan dibandingkan camilan lainnya karena memakan waktu lebih untuk memprosesnya dengan kandungan serat yang tinggi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa apel dapat mendukung penurunan berat badan, bahkan menurunkan risiko kolesterol tinggi. Bagian terbaiknya adalah Anda dapat mengonsumsi apel dengan dua cara yaitu mentah maupun dimasak.

2. Pisang

Bertentangan dengan kepercayaan populer, pisang tidak menggemukkan. Memang lebih padat kalori dibandingkan buah lainnya, tapi buah kuning itu itu kaya nutrisi. Pisang mengandung kalium, magnesium, mangan, serat, vitamin, dan banyak antioksidan. Makan pisang setiap hari dapat membantu mengontrol kadar gula darah, mengurangi risiko kolesterol tinggi, dan membantu dalam mengatur berat badan yang sehat.

3. Beri

Buah beri dianggap sebagai pembangkit tenaga bernutrisi. Buah itu rendah kalori, dikemas dengan berbagai jenis vitamin dan antioksidan. Satu porsi (152 gram) stroberi hanya mengandung 50 kalori, sedangkan 148 gram bluberi hanya mengandung 84 kalori. Buah itu dapat dinikmati dengan sereal atau yogurt untuk sarapan, atau dicampur dalam smoothie sehat untuk mengurangi rasa lapar pada sore hari.

4. Jeruk

Musim dingin adalah musim jeruk. Merupakan keharusan memasukkan buah sitrat itu ke dalam makanan, saat Anda mencoba menurunkan berat badan. Buah itu kaya vitamin C, serat, dan rendah kalori. Jeruk empat kali lebih mengenyangkan dibandingkan croissant. Satu buah jeruk hanya mengandung 45 kalori, jadi Anda bisa menikmati buah itu tanpa perlu khawatir dengan asupan kalori.

5. Pepaya

Pepaya mengandung enzim yang disebut papain, yang meningkatkan metabolisme dan membantu memecah makanan di perut. Buah yang tersedia sepanjang tahun itu mencegah tubuh menahan terlalu banyak lemak dan menurunkan berat badan. Kaya vitamin C, antioksidan, dan flavonoid, pepaya membantu mengurangi kembung, sembelit, bahkan baik untuk penderita diabetes.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement