Selasa 08 Jun 2010 01:32 WIB

Tim Cahill (Australia): Faktor X bagi 'The Socceros'

REPUBLIKA.CO.ID, Inilah pemain yang mencetak gol pertama Australia sepanjang sejarah Piala Dunia. Ketika itu, Cahill tampil sebagai pemain pengganti dan mencetak gol pada pengujung pertandingan ke gawang Jepang. Sejak saat itu, Cahill menjadi pemain andalan Australia untuk mencetak gol.

Bukan berlebihan bila menyebutkan bahwa Australia memang mengandalkannya. Cahill adalah faktor-X tim ini.

Cahill mengawali kariernya dengan timnas Australia pada 2006. Pada Piala 2006, Cahill berhasil membawa negaranya lolos ke babak 16 besar. Padahal saat itu, Australia menghuni grup maut kerena tergabung bersama Brasil, Kroasia, dan Jepang.

Meskipun demikian, Cahill berhasil membawa Australia lolos sebagai runner-up Grup F. Pada laga perdana itulah Cahill mencetak gol dan sekaligus mengantarkan timnya menang 3-1 atas Jepang.

Kepadanya pula, Australia banyak berharap. Dia merupakan dinamisator permainan tim yang cerdik dan sangat menentukan.

Tak diragukan lagi bahwa Cahill telah menjadi spirit bagi timnas Australia. Gol-gol gelandang serang ini di saat-saat genting menjadi penyelamat 'The Socceros' dari kekalahan. Kecerdikannya untuk menempatkan posisi dan kemahirannya dalam duel di udara membuatnya sebagai sosok pemain gelandang yang berbahaya.

Tak salah jika arsitek Australia, Pim Verbeek, mempercayainya untuk menjadi jenderal lapangan tengah skuad 'Kangguru'.  Pria kelahiran 6 Desember 1979 ini dikenal mempunyai sundulan yang sangat baik dan rajin membantu rekan-rekan setimnya.

Cahill juga merupakan pemain yang sangat penting bagi klub Everton dalam beberapa tahun terakhir setelah bergabung dari Milwall FC. Dia sering menciptakan gol-gol penting yang sebagian besar datang dari sundulan. Sempat dua kali dia mencetak gol dengan gaya bicycle kick, yakni saat melawan Bolton Wanderers dan Chelsea.

Di penampilan keduanya di Piala Dunia 2010, publik Australia berharap banyak pada pemain yang dikenal cerdik untuk kembali membuat kejutan. Sejauh ini ia sudah 33 kali tampil bersama The Socceroos. Sejauh itu pula ia selalu menjadi pilihan utama pelatih dan telah mencetak delapan gol.

sumber : Berbagai sumber
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement