Netanyahu dan Keluarga Mulai Ketakutan, Lapor ke Shin Bet Ada Ancaman Pembunuhan

Pengacara mengatakan, ancaman itu berasal dari pimpinan demonstrasi di Israel.

EPA-EFE/GIL COHEN-MAGEN / POOL
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menghadiri rapat Kabinet di Bible Lands Museum di Yerusalem, 05 Juni 2024.
Red: A.Syalaby Ichsan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Penasihat hukum Partai Likud, Avi Helevi, telah mengirimkan surat kepada Ronan Bar, kepala Shin Bet. Surat tersebut menyatakan, adanya hasutan untuk melakukan pembunuhan dan bahaya yang mengancam keselamatan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan keluarganya, demikian dilaporkan surat kabar Israel, Maariv, pada Rabu (25/6/2024).

Baca Juga

Pengacara asal Israel tersebut mengatakan, ancaman itu berasal dari pernyataan-pernyataan yang dibuat oleh beberapa pimpinan demonstrasi di Israel. Maariv melaporkan bahwa Halevi sebelumnya telah menulis surat kepada Jaksa Agung, Gali Baharav-Miara, yang menyatakan keprihatinannya mengenai ancaman yang jelas dan langsung terhadap Netanyahu dan keluarganya.

Dalam suratnya kepada kepala Shin Bet, Halevi dilaporkan mendesak tindakan segera untuk melawan ancaman ini. Ia berpendapat bahwa hasutan untuk melakukan pembunuhan terlihat jelas dari pernyataan para pemimpin protes tertentu dan menekankan perlunya tindakan perlindungan yang mendesak.

Masyarakat memprotes Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan menyerukan pembebasan sandera yang ditahan di Jalur Gaza, di Tel Aviv, Israel, Sabtu, 15 Juni 2024. - (AP Photo/Maya Alleruzzo)

Menurut Maariv, Halevi menunjukkan, "Di negara lain, pihak berwenang akan menyelidiki, menangkap, dan mengadili. Di Israel, hal ini tidak terjadi."

Surat Halevi ini menyusul pernyataan dari Ami Dror, seorang pengusaha Israel dan seorang tokoh terkemuka dalam protes anti-Netanyahu Kaplan.

Maariv melaporkan bahwa, dalam sebuah pidato di Caesarea, Dror menyebut Netanyahu sebagai "iblis" dan membuat pernyataan yang menghina tentang keluarga perdana menteri."Sebuah keluarga orang gila menelantarkan orang yang diculik! Sebuah keluarga penjahat menghancurkan Negara Israel," kata Dror dalam pidatonya.

"Ceritanya sederhana. Orang itu pengecut dan lemah. Takut pada rakyatnya, takut pada dirinya sendiri. Mengatakan pada dirinya sendiri bahwa ia adalah malaikat, ternyata ia adalah iblis,"ujar Dror.

Sara Netanyahu Takut Kudeta...

 

Pada Selasa, surat kabar Israel Haaretz melaporkan bahwa istri Netanyahu telah menuduh para pejabat tinggi militer berusaha untuk mendalangi kudeta terhadap suaminya.

Tuduhan ini disampaikan dalam sebuah pertemuan tertutup pekan lalu dengan beberapa keluarga warga Israel yang ditawan di Jalur Gaza, di mana Sara Netanyahu mengatakan bahwa pasukan Israel berusaha melakukan kudeta militer terhadap suaminya, menurut laporan tersebut.

Laporan itu menambahkan, ketika beberapa anggota keluarga menginterupsi, menunjukkan bahwa dia tidak dapat mengklaim ketidakpercayaan terhadap militer Israel, dia mengklarifikasi bahwa ketidakpercayaan itu hanya berlaku untuk tokoh-tokoh senior militer, bukan (militer Israel) secara keseluruhan. Dia pun bersikeras lebih dari satu kali bahwa para petinggi militer ingin melakukan kudeta.

Sara Netanyahu bukanlah satu-satunya anggota keluarga yang menuduh para pemimpin militer. Putranya, Yair Netanyahu, membuat tuduhan serupa pada awal bulan ini.

Ketua partai Likud Benjamin Netanyahu dan istrinya Sara memberikan suara di tempat pemungutan suara selama pemilihan Israel di Yerusalem, Selasa, 1 November 2022. - (AP/Maya Alleruzzo)

Pada tanggal 17 Juni, Yair menuduh militer dan dinas keamanan Shin Bet telah melakukan "pengkhianatan" selama operasi militer yang dilakukan oleh gerakan Palestina Hamas pada tanggal 7 Oktober."Apa yang mereka coba sembunyikan? Jika tidak ada pengkhianatan, lalu mengapa mereka takut dengan pihak eksternal dan independen yang menyelidiki apa yang terjadi?" tulisnya di X.

"Mengapa kepala militer dan intelijen terus mengklaim bahwa Hamas telah dihalangi? Di mana Angkatan Udara pada tanggal 7 Oktober?" tambahnya.

Seorang sumber yang berbicara atas nama Netanyahu menepis laporan tersebut, dengan menyatakan bahwa "wabah kebocoran yang salah, tendensius, dan terus-menerus tentang Nyonya Netanyahu merupakan ketidakadilan yang keji," demikian menurut Haaretz.

 

 
Berita Terpopuler