Kylian Mbappe Alami Cedera Patah Tulang Hidung

Mbappe bertabrakan di udara dengan bek Austria pada laga perdana Grup D Euro 2024.

EPA-EFE/Caroline Blumberg
Pemain Prancis Kylian Mbappe memberi isyarat pada pertandingan sepak bola persahabatan antara Prancis dan Kanada di Bordeaux, Prancis, 09 Juni 2024.
Rep: Fitriyanto Red: Andri Saubani

REPUBLIKA.CO.ID, DUSSELDORF -- Kapten timnas Prancis, Kylian Mbappe mengalami cedera patah tulang hidung saat mengantar Les Bleus menang 1-0 atas Austria pada pertandingan grup D Piala Eropa 2024 di Düsseldorf, Selasa (18/6/2024) dini hari WIB. Satu-satunya gol pada laga ini hasil gol bunuh diri Max Wober pada menit ke-38.  

Baca Juga

"Kondisi hidungnya tidak bagus...itu jelas menjadi poin buruk dalam pertandingan ini. Ini sangat mengkhawatirkan kami," kata pelatih Prancis Didier Deschamps sesaat setelah pertandingan sebagaimana diwartakan AFP.

Mbappe mengalami patah tulang hidung setelah bertabrakan dengan bek Austria Kevin Danso saat keduanya berusaha berebut bola di udara pada menit ke-86. Ketika melompat, hidung Mbappe membentur sisi luar bahu kiri Kevin Danso.

Mbappe sempat tersungkur dan mendapatkan perawatan medis di sisi lapangan. Setelah itu Mbappe tetap lanjut bermain selama beberapa menit. Namun, striker PSG itu terpaksa ditarik keluar lapangan pada menit ke-90 untuk digantikan Oliver Giroud karena darah yang terus mengalir dari hidungnya.

 

Mbappe dkk memberikan kemenangan ke-100 bagi manajer Didier Deschamps pada laga perdana Grup D Euro 2024. Tiga tahun setelah tersingkir dari Swiss pada babak 16 besar Euro 2020, Prancis memberikan cukup bukti yang menunjukkan bahwa mereka akan melangkah lebih jauh di Jerman tahun ini.

 

Pada penampilannya yang ke-80 untuk Les Bleus, Mbappe tampil cukup impresif sebelum mengalami cedera patah tulang hidung. Pada menit ke-38 ketika menggiring bola melewati tiga pemain bertahan, umpan silang Mbappe kemudian memaksa Wober menyundul bola melewati kipernya Patrick Pentz.

Namun, Mbappe juga menyia-nyiakan peluang emas pada menit ke-54 saat tendangannya melebar dari tiang gawang setelah berhasil menerobos ke arah gawang. Hingga pada menit ke-86, Mbappe akhirnya bertabrakan di udara dengan bek Kevin Danso.

Pelatih Austria Ralf Rangnick memenuhi janjinya untuk memberikan tekanan tinggi dan tekel terus menerus terhadap gelombang serangan Les Bleus. Austria bahkan bisa saja unggul sesaat sebelum Prancis mencetak gol ketika kapten Marcel Sabitzer menyentuh umpan silang Michael Gregoritsch ke jalur pergerakan Christoph Baumgartner yang tendangannya dibelokkan melebar oleh kiper Mike Maignan.

Dengan segala kemampuan dan penguasaan bola mereka, Austria kesulitan menciptakan banyak peluang bersih ketika N'Golo Kante yang kembali dari Prancis sepenuhnya membenarkan kembalinya dia ke skuad dengan penampilan luar biasa di jantung lini tengah. Prancis bergabung dengan Belanda, yang mereka hadapi berikutnya, dengan tiga poin setelah Belanda mengalahkan Polandia 2-1 kemarin malam.

 

 
Berita Terpopuler