Spanyol Lumat Kroasia 3-0 di Grup Neraka Euro 2024

Kroasia gagal mengonversi penalti untuk memperkecil ketertinggalan dari Spanyol.

AP Photo/Sergei Grits
Pemain Spanyol Alvaro Morata berebut bola dengan pemain Kroasia pada pertandingan Grup B Euro 2024 di Berlin, Jerman, Sabtu, 15 Juni 2024.
Red: Israr Itah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Spanyol menanng meyakinkan 3-0 atas Kroasia pada pertandingan Grup B Euro 2024 di Olympiastadion, Berlin, Ahad (16/6/2024) dini hari WIB. Kemenangan La Roja hadir berkat gol-gol yang dicetak oleh Alvaro Morata, Fabian Ruiz, dan Dani Carvajal, demikian catatan UEFA.

Baca Juga

Kemenangan ini membuat Spanyol menempati peringkat pertama klasemen Grup B Euro 2024, yang disebut-sebut sebagai grup neraka, dengan tiga poin dari satu pertandingan. Adapun Kroasia menjadi juru kunci.

Kedua tim memperagakan permainan terbuka, tapi Spanyol yang menciptakan peluang lebih dahulu lewat tendangan Alvaro Morata yang dimentahkan kiper Kroasia Dominik Livakovic. Giliran Yamine Lamal menebar ancaman namun tendangannya dengan mudah dijinakkan Livakovic.

Spanyol mengakhiri kebuntuan setelah umpan terobosan Marc Cucurella dikonversi menjadi gol oleh tendangan Alvaro Morata pada menit ke-29.

Tak lama kemudian Kroasia membuat peluang lewat tendangan Mateo Kovacic yang dimentahkan kiper Spanyol Unai Simon.

Pada menit ke-32, Spanyol menggandakan keunggulan menjadi 2-0 lewat tendangan Fabian Ruiz di dalam kotak penalti Kroasia.

Kroasia merespons sampai mendapatkan dua peluang lewat Marcelo Brozovic dan Lovro Majer, akan tetapi kedua peluang ini tak membuahkan hasil.

Menjelang babak pertam berakhir, Spanyol menambah keunggulan menjadi 3-0 lewat sontekan Dani Carvajal yang memanfaatkan umpan silang Yamine Lamal.

Pada babak kedua, Spanyol memiliki peluang emas lewat tendangan Yamine Lamal, tapi ditepis oleh Livakovic.

Kroasia berbalik mendapatkan peluang emas melalui tendangan Josip Stanisic, akan tetapi dapat dihalau oleh Marc Cucurella. Skuad asuhan Zlatko Dalic memiliki peluang emas mencetak gol lewat tendangan penalti, tapi eksekusi Bruno Petkovic ditepis oleh Unai Simon.

Meskipun begitu, bola pantul hasil tepisan Unai Simon dapat dijangkau Ivan Perisic yang mengirimkan umpan kepada Petkovic dan membobol gawang Spanyol. Gol ini dianulir oleh VAR karena offside.

Pada menit-menit terakhir, Kroasia terus berupaya memperkecil ketertinggalan, tapi Spanyol tetap unggul 3-0.

Selanjutnya Spanyol menghadapi partai berat pada laga kedua Grup B menghadapi Italia pada Kamis (20/6/2024), sedangkan Kroasia berjumpa Albania sehari sebelumnya. Italia berada di posisi kedua Grup B setelah mengalahkan Albania 2-1.

 
Berita Terpopuler