Kenapa Mimbarnya Nabi Muhammad SAW Berada di Sebelah Kiri Arsy?

Tujuannya agar Rasulullah SAW dapat mengetahui umatnya yang akan dimasukkan ke dalam neraka lalu beliau akan memberikan syafaatnya.

network /Rumah Berkah
.
Rep: Rumah Berkah Red: Partner

Kenapa Mimbarnya Nabi Muhammad SAW Berada di Sebelah Kiri Arsy?


.
SAJADA.ID--Sahabat yang dirahmati Allah SWT. Setiap umat manusia menginginkan dirinya masuk ke surga dan dijauhkan dari api neraka. Karena itu mereka akan berusaha untuk mendapatkan kemuliaan itu dengan berbuat amal kebaikan.

Mereka yang beramal dengan amal kebaikan akan mendapatkan catatan amalnya dengan tangan kanannya, sedangkan yang berbuat keburukan akan mendapat catatan keburukannya dengan tangan kirinya.

Nah, sahabat Sajada, tahukah kalian, ternyata mimbar Rasulullah SAW berada di sebelah kiri Arsy. Kenapa demikian?
Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda: "Mimbarnya Nabi Ibrahim berada di sebelah kanan Arsy Allah, dan mimbarku berada di sebelah kiri Arsy."

Mendapat penjelasan ini, pada sahabat Rasulullah kemudian bertanya: "Wahai Rasulullah, bukankah engkau lebih mulia dibandingkan Nabi Ibrahim Alaihissalam (AS). Kenapa mimbar Engkau ditempatkan disebelah kiri sedangkan mimbar Nabi Ibrahim justru berada di sebelah kanan Arsy?"

Mendapat pertanyaan tersebut, Rasulullah SAW kemudian bersabda: "Jalan menuju Surga berada di sebelah kanan Arsy, dan jalan menuju neraka berada di sebelah kiri Arsy Allah. Mimbarku berada disebelah kiri Arsy agar aku mengetahui siapa-siapa umatku yang akan dimasukkan ke dalam neraka. Maka aku akan memberikan syafaat kepadanya agar dia dimasukkan ke dalam surga."

Maka suatu ketika, saat menyampaikan berkhutbah dari atas Mimbar, Rasul SAW mendengar suara jeritan yang sangat keras dan lantang. "Pahalaku sedikit dan dosaku banyak."

Maka Rasulullah SAW kemudian berseru kepada malaikat agar tidak memasukkan umatnya itu ke dalam neraka. "Jangan engkau bawa dia ke neraka," ujar Rasulullah SAW.

Malaikat yang membawa umatnya itu pun menjawab: "Aku adalah malaikat yang melaksanakan apa saja diperintahkan Allah SWT kepadaku."

Mendapat jawaban itu, Rasulullah SAW kemudian turun dari Mimbarnya dan beliau bersujud kepada Allah. Allah SWT kemudian berfirman: "Wahai Muhammad, bangkitlah dan mintalah niscaya akan Kupenuhi permintaanmu."


"Umatku ya Allah, umatku," kata Rasulullah.

Lalu Allah memerintahkan malaikat yang membawa umat Nabi Muhammad tersebut untuk tidak membawanya ke neraka.

Rasul SAW kemudian berkata: "Aku meminta kepada malaikat itu untuk menimbang kembali amal ibadahnya. Dan aku akan memberikan pahala shalawat yang dia ucapkan atasku walaupun sedikit, pada timbangannya. Maka bertanbahlah pahalanya dan berkuranglah dosanya. Maka dia pun akhirnya dimasukkan ke dalam surga."

Sahabat Sajada, begitulah alasannya kenapa mimbar Rasulullah SAW berada di sebelah kiri Arsy, tujuannya agar beliau mengetahui umatnya yang akan dibawa ke neraka lalu beliau akan memberikan syafaatnya supaya umatnya itu dimasukkan ke dalam surga.

Betapa cintanya dan sayangnya Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam kepada umatnya, sampai-sampai beliau rela dan ikhlas merepotkan diri beliau demi menyelamatkan umatnya di hari kiamat nanti. Karena itu, mari perbanyak shalawat agar kita semua mendapatkan syafaatnya. Aamiin.

Allahumma shalli 'alaa Sayyidina Muhammad wa 'alaa aali Sayyidina Muhammad.

(Syahruddin El Fikri)


 
Berita Terpopuler