Lima Saksi yang Membuat Pengakuan Mengejutkan dalam Pembunuhan Vina

Polisi sudah memeriksa hingga hampir 35 saksi kasus pembunuhan Vina.

Dok Republika
Suroto, orang yang pertama menolong Eky dan Vina, saat menunjukkan lokasi ditemukannya Eky dan Vina di jembatan flyover Talun, Cirebon, Kamis (6/6/2024).
Rep: Fauzi Ridwan/Alfian/Lilis Red: Teguh Firmansyah

REPUBLIKA.CO.ID, Kasus pembunuhan Vina dan Eki terus bergulir. Polisi terus mematangkan penyidikan termasuk memeriksa saksi, mengumpulkan bukti hingga pemeriksaan psikolog terhadap tersangka Pegi Setiawan. 

Baca Juga

Polisi tidak akan menghentikan penyidikan dan akan menyerahkan berkas Pegi ke Kejaksaan.  Namun yang perlu diperhatikan, sejumlah saksi-saksi baru bermunculan dan memberikan keterangan yang meringankan tersangka. Pun saksi-saksi terhadap terpidana sebelumnya yang sudah divonis pengadilan. 

"Sekarang sudah berkembang hampir 35 saksi kita periksa dan tersangka sudah ada di kantong kita. sekarang masih udah dalam upaya paksa dimulai satu orang dan akan bertambah lagi," kata  Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi 

Berikut pengakuan lima saksi dalam pembunuhan Vina yang mengajuan publik. 

1. Suroto

Suroto merupakan saksi yang mengetahu pertama kali Vina dan Eki ditemukan tergelak di Jembatan Flyover Talun, Cirebon. 

Suroto mengatakan, saat itu melihat ada dua orang korban, terdiri dari laki-laki dan peempuan (Eky dan Vina), yang tergeletak di jalan. Dia mengatakan, jarak antara posisi Eky dan Vina saat itu sekitar lima meter. Selain itu, adapula sebuah sepeda motor matic, yang jaraknya sekitar enam meter dari posisi Vina.

Suroto mendekati Eky terlebih dahulu. Dia mencoba membangunkan dan berkomunikasi dengan Eky, namun tak ada respon. Dia memperkirakan Eky saat itu sudah meninggal dunia.

Suroto juga sempat melepas helm dari kepala Eky karena tali pengikat helm terlihat mencekik leher Eky. Dia menambahkan, meski Eky memakai helm, namun darah mengalir dari balik helmnya. "Yang laki-laki (Eky) saya pegang, saya tanya : De, De, De, udah gak jawab. Wah ini sudah meninggal,’’ kata Suroto.

Melihat korban laki-laki yang tidak memberikan respons, Suroto kemudian beralih ke korban perempuan. Saat itu, korban perempuan masih hidup meski sudah tidak berdaya. Korban juga terdengar merintih meminta tolong.

"Dia minta tolong, tolong, tolong. Saya bilang, iya De, sabar ya, mobilnya lagi meluncur ke sini. Nanti dibawa ke rumah sakit. Iya, tolong tolong. Gak lama kemudian mobil datang, baru kita evakuasi ke RS Gunung Jati," tutur Suroto.

Suroto dan dua orang anggota polisi kemudian mengangkat korban ke mobil untuk selanjutnya dibawa ke rumah sakit. Nyawa kedua korban tak bisa diselamatkan. 

2. Suharsono

Salah seorang tetangga Pegi di Desa Kepongpongan, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon, Suharsono (40), mengaku yakin Pegi merupakan korban salah tangkap. Pasalnya, dia masih bersama Pegi di  Bandung pada 27 Agustus 2016.

"Saya kerjanya bareng (dengan Pegi). Gak yakin (Pegi pelaku pembunuhan  Vina dan Eky). Pegi itu salah tangkap,’’ kata Suharsono, yang biasa dipanggil Bondol, saat ditemui di Cirebon, Ahad (26/5/2024).

Suharsono menceritakan, beberapa hari sebelum peristiwa pembunuhan terhadap Vina dan Eky, dirinya ditelepon oleh Pegi, yang saat itu berada di  Bandung. Saat itu, Pegi menawarkan pekerjaan untuknya sebagai kuli bangunan bersamanya.

"Awalnya dia nelepon ke saya, nanya, 'Mang Bondol lagi nganggur gak?' Kalau nganggur, berangkat aja ke Bandung,’’ ujar Suharsono, menirukan ucapan Pegi.

Suharsono (Bondol) pun mengaku menuruti ajakan Pegi karena saat itu dirinya sedang menganggur. Dia kemudian berangkat ke  Bandung pada 21 Agustus 2016 bersama adik Pegi yang bernama Robi.

Suharsono tidak terlalu lama di Bandung. Kemudiaan saat malam terjadi pembunuhan, ia yakin Pegi ada di Bandung. Ini lantaran Pegi yang mengantarkannya balik sampai jalan raya.

 

3. Saka Tatal

Saka Tatal, terpidana pembunuhan Vina yang sudah bebas mengaku tidak pernah mengenal Pegi Setiawan yang ditangkap aparat kepolisian saat ini. Termasuk tidak mengenal foto Pegi Setiawan yang ditunjukan penyidik tiga pekan yang lalu.

"Gak kenal," kata kuasa hukum Saka, Krisna. 

Krisna mengatakan foto Pegi Setiawan yang ditunjukkan penyidik pada tiga pekan lalu dan Pegi Setiawan yang ditangkap saat ini berbeda. Ia menuturkan Saka tidak mengenal dengan Pegi Setiawan yang ditunjukkan dalam foto dan yang ditangkap saat ini. 

4. Pramudya

Pramudya, Okta dan Teguh mendatangi Gedung Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Jawa Barat untuk mencabut berita acara pemeriksaan (BAP) kasus pembunuhan Vina dan Eki, Selasa (11/6/2024). Mereka merupakan saksi dalam kasus pembunuhan yang terjadi di Cirebon tahun 2016.

"Ingin mengubah BAP yang sebenarnya," ujar Pramudya dia didampingi para pengacara di Mapolda Jabar, Selasa (11/6/2024).

Dalam laporan BAP tahun 2016 silam, ia mengaku tidak berada di rumah kontrakan milik seorang RT. Namun, sebenarnya Pramudya menyebut bahwa ia bersama kelima terpidana kasus itu berada di rumah kontrakan. "Bahwa saya di rumah pak RT, bahwa saya dulu tidak tidur di rumah pak RT," ungkap dia.

Ia mengaku ditekan saat pemeriksaan oleh penyidik tahun 2016 silam. Bahkan, Pramudya menyebut penyidik menyampaikan bahwa apabila mengaku tidur di rumah RT akan terkena seret kasus. "Karena dulu ditekan sama pihak penyidik, kalau kamu tidur di rumah pak RT nanti kamu terseret bilangnya begitu," ungkap dia.

Ia menyetujui laporan BAP tahun 2016 silam karena merasa takut dan masih berusia kecil. Saat peristiwa terjadi, ia berada di kontrakan bersama 10 orang teman lainnya.  "Eka, Eko, Hadi, Saya, Supri, Jaya, Kafi, Teguh, Okta, Udin," kata dia.

Dalam pengakuan awal Pram mengaku tidak ada dikontrakan. Artinya pada malam terjadi pembunuhan Vina dan Eki, ia tidak bersama dengan kelima terpidana. Dengan dicabutnya keterangan tersebut, ini berarti Pram mengakui bahwa pada malam terjadinya pembunuhan ia bersama dengan kelima terdakwa di kontrakan. Ini bisa menjadi dalih bahwa kelima terdakwa tidak terlibat pembunuhan.

 

5. Anggy Umbara

Sutradara film Vina sebelum 7 hari Anggy Umbara mengaku sempat didatangi orang tidak dikenal yang mengaku sebagai polisi saat proses syuting film di salah satu jembatan di Cirebon. Orang tidak dikenal itu meminta data-data kepada kru film termasuk kepada dirinya.

"Ada orang ngaku polisi tapi gak pakai baju polisi," ucap dia seusai menjalani pemeriksaan di Gedung Ditreskrimum Polda Jabar, Kamis (6/6/2024) malam 

Ia mengatakan orang tidak dikenal tersebut terlebih dahulu mendatangi keluarga korban Vina. Selanjutnya mendatangi lokasi syuting pada hari ke lima. "Coba minta data-data semuanya, cuma kita gak kasih," kata dia. 

Anggy mengaku sempat akan melaporkan pria tidak dikenal tersebut kepada kepolisian. Namun, orang tidak dikenal tersebut langsung menghilang. "Kita mau laporin dia hilang," kata dia.

 

 

 

 
Berita Terpopuler