Anies di Antara 10 Bakal Cagub Jakarta, DPD PDIP: Usulan Eksternal

Nama cagub Jakarta yang diusung PDIP nantinya akan diputuskan oleh DPP.

Republika
Anies Baswedan
Rep: Bayu Adji P Red: Andri Saubani

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) DKI Jakarta telah mengajukan 10 nama untuk diusung dalam pemilihan gubernur (pilgub). Salah satu nama yang diajukan ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP adalah Anies Baswedan. 

Baca Juga

Sekretaris DPD PDIP DKI Jakarta Pantas Nainggolan membenarkan adanya nama Anies dalam 10 orang yang diajukan untuk bertarung dalam pilgub. Nama Anies muncul karena ada pihak internal maupun eksternal partai yang mengusulkannya dalam proses penjaringan. 

"Dari internal maupun dari eskternal (yang mengusulkan Anies)," kata dia saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (11/6/2024).

 

Kendati demikian, Pantas tak bisa memastikan nama yang nantinya akan diusung oleh PDIP. Pasalnya, DPP PDIP pasti akan membuat pertimbangan untuk pengambilan keputusan.

 

Ia meyakini, partainya akan mempertimbangkan segala sesuatunya secara arif dan bijaksana dalam menentukan calon yang akan diusung. Terlebih, rekam jejak Anies pernah menjadi lawan politik dari PDIP di DKI Jakarta. 

"Yang pasti PDI Perjuangan tidak pernah keluar dari nilai-nilai fundamental negara kita, Pancasila, NKRI," kata Pantas.

 

Diberitakan sebelumnya, DPD PDIP DKI Jakarta tak hanya mengajukan nama Anies untuk pilgub. Selain Anies, ada juga nama Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, Andika Perkasa, Prasetyo Edi Marsudi, Rasyidi, dan Djafar Badjeber.

 

Anomali Teori Efek Ekor Jas PDIP di Bali - (Infografis Republika)

 

Ketua DPP PDIP Andreas Hugo Pareira menanggapi peluang partainya mendukung Anies Baswedan dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024. Andreas menekankan peluang dukungan terhadap Capres nomor urut 01 itu masih belum tertutup. 

Andreas mensinyalkan PDIP belum mengambil keputusan soal siapa sosok yang akan didukung dalam Pilgub Jakarta 2024. Sehingga PDIP dinilai masih menunggu arahan Sang Ketum Megawati Soekarnoputri. 

"Sampai sekarang masih dalam tahapan penjaringan, sehingga semuanya masih terbuka," kata Andreas kepada Republika, Selasa (11/6/2024). 

Sementara itu, Ketua DPP PDIP Eriko Sotarduga menyampaikan partainya bisa saja mengusung Anies Baswedan di Pilgub DKI Jakarta 2024. Apalagi PDIP telah menerima usulan nama Anies untuk diusung menjadi DKI 1.

"Pak Anies memang sekarang menjadi satu hal yang seksi. Mbak Puan sudah menyampaikan menarik, Mas Bas, dan lain-lain. Tapi coba teman-teman media berpikir seperti ini, kemarin itu Pak Anies hampir mengimbangi pasangan 02 yah di Presiden di Jakarta. Betul tidak? Kalau saya tidak salah, tertinggal tidak terlalu jauh," ujar Eriko. 

Eriko menyebut PDIP masih melakukan kalkulasi politik. Sebab Eriko mempertimbangkan belum tentu pendukung Anies menyalurkan pilihannya kembali kalau diusung PDIP.

Selain itu, Eriko mengamati isu politikus PDIP Charles Honoris yang berpeluang diusung menjadi Cawagub. Eriko menyebut bisa saja Charles dipadukan dengan Anies.

"Nah misalnya dengan yang lagi hebohnya nih dengan Charles Honoris misalnya, ya kan? Muncul kan? Nah sekarang saya tanya, apakah yang mendukung Pak Anies pasti tetap mendukung Pak Anies? Apakah yang mendukung PDIP pasti tetap mendukung PDIP? Nah ini kan belum tentu. Dalam politik benar, yang tidak mungkin hanya menghidupkan orang mati, apa saja masih memungkinkan," ujar Eriko.

 
Berita Terpopuler