Bingung Memilih Hewan Qurban? Ini Cara Memilih Hewan Qurban yang Sehat dan Sesuai Syariat

Hewan ternak untuk qurban sebaiknya dipilih ternak jantan.

ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman
Juru sembelih hewan menjelaskan cara mengikat hewan qurban sebelum penyembelihan saat pelatihan di Masjid Nurul Iman Perum Widya Asri, Kota Serang, Banten, Ahad (26/5/2024). Pelatihan yang digelar perkumpulan juru sembelih halal tersebut diikuti 65 orang pengurus masjid dan panitia qurban dari berbagai daerah.
Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, JEMBER -- Pakar peternakan Universitas Jember (Unej) Nur Widodo memberikan tips dan trik kepada masyarakat untuk memilih hewan qurban yang baik menjelang Hari Raya Idul Adha.

Baca Juga

"Syarat utama memilih hewan qurban adalah sehat, gemuk, tidak cacat fisik, dan telah cukup umur. Jika tidak memenuhi persyaratan itu, maka tidak dibenarkan ternak itu menjadi hewan qurban," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu (8/6/2024).

Menurutnya, hewan ternak untuk qurban sebaiknya dipilih ternak jantan. Apabila terpaksa betina, maka harus benar-benar dipastikan sapi/kambing betina tersebut tidak dalam keadaan bunting.

"Memilih hewan qurban harus sehat dan gemuk. Ternak yang sehat biasanya dilihat dari matanya yang bersinar tidak sayu dan gerakannya aktif," tuturnya.

Ia mengatakan ternak yang sedang dalam keadaan sakit tidak diperbolehkan menjadi hewan qurban. Penyakit hewan yang akhir-akhir ini banyak menyerang, yakni Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dan Lumpy skin disease (LSD). Namun, kalau sudah sembuh diperbolehkan untuk hewan qurban.

"Usia sapi yang layak digunakan sebagai qurban minimal umur 2 tahun. Memperkirakan umur sapi yang paling mudah dapat dilakukan dengan melihat struktur gigi serinya," ucap dosen peternakan yang mengajar di Unej Kampus Bondowoso itu.

Selanjutnya...

Apabila masih ada gigi susu dan belum ada yang ganti (poel) maka bisa dipastikan sapi tersebut masih memiliki umur di bawah dua tahun dan belum layak dijadikan sebagai hewan qurban.

"Umur sapi yang sudah layak untuk dijadikan ternak kurban ditandai dengan adanya poel pada gigi serinya. Gigi sapi poel 1 pasang diperkirakan sapi umur 2-3 tahun, poel 2 pasang berumur 3-4 tahun), dan begitu seterusnya," katanya.

Tips Memilih Sapi Qurban yang Banyak Dagingnya

Nur Widodo memberikan tips agar masyarakat tidak salah dalam memilih sapi yang bagus dan memiliki daging yang banyak. Terkadang ada sapi yang besar perutnya, akan tetapi dagingnya relatif sedikit.

Perkiraan banyaknya daging pada ternak harus dilihat dari sisi depan, samping, dan belakang ternak, dengan memperhatikan tinggi dan panjang ternak.

"Fokus mengamati ternak pada bagian paha belakang, pinggul, paha kaki depan, dan punggung. Banyak sedikitnya daging itu yang pertama bisa dilihat dari pinggul dan bagian paha belakang, yang kedua dari punggung dan paha kaki depan," ujarnya.

Selanjutnya...

Selain itu, juga perlu diperhatikan tulang pinggul, punggung, dan rusuk. Jika tulang-tulang tersebut tidak terlihat maka bisa dikatakan sapi tersebut gemuk dan memiliki banyak daging.

"Jangan terkecoh dengan besar perut sapi dengan melihat hanya dari sisi depan dan samping ternak saja. Memilih sapi yang baik itu selain melihat juga dapat dilakukan dengan meraba pada bagian paha, pinggul, punggung, dan paha kaki depan," ujarnya.

Ia menjelaskan penilaian kondisi ternak bisa mengacu pada pada Body Condition Score (BCS), BCS 1 hingga BCS 3 dikategorikan ternak sangat kurus, kurus, dan sedang. BCS 4 dan BCS 5 dikategorikan ternak gemuk dan sangat gemuk oleh karena itu dalam memilih ternak kurban sebaiknya di pilih ternak yang memiliki BCS 4 dan BCS 5.

"Terkait beredarnya kasus PMK dan LSD akhir-akhir ini sudah jauh menurun dibandingkan tahun sebelumnya jadi masyarakat tidak perlu terlalu khawatir," ucap Nur yang juga Ketua Takmir Masjid Al-Ayman Unej Kampus 2 Bondowoso itu.

Pemerintah juga telah menyalurkan program vaksin untuk PMK dan LSD. Selain itu, ada pos pengawasan lalu lintas ternak di setiap perbatasan wilayah. Pos ini mengawasi perpindahan atau peredaran ternak dengan mengecek kesehatan ternak dan dokumennya.

 
Berita Terpopuler