Karakter di Film Harry Potter yang Terinspirasi dari Sosok Nyata di Hidup JK Rowling

Beberapa karakter di film Harry Potter ternyata ada di kehidupan JK Rowling.

Warner Bros
Poster film Harry Potter. Ada beberapa karakter di film Harry Potter yang terinspirasi dari orang-orang di kehidupan nyata JK Rowling.
Red: Qommarria Rostanti

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seperti yang diketahui oleh banyak pembaca setia, penulis terbaik mampu menciptakan karakter dan cerita yang rumit dengan memanfaatkan apa yang mereka ketahui. Baik itu kisah romansa, kisah kelam dan menakutkan, atau serial fantasi tinggi dengan makhluk ajaib, selalu ada petunjuk tentang kehidupan nyata penulisnya yang tertinggal di sepanjang halaman.

Baca Juga

Penulis novel Harry Potter, JK Rowling, adalah salah satu penulis yang memasukkan kehidupannya sendiri ke dalam karyanya. Penggemar buku dan film mungkin tahu bahwa beberapa karakter (dari ratusan) didasarkan pada orang-orang pada masa lalu Rowling. Namun beberapa sebenarnya merupakan pertemuan kebetulan yang menginspirasinya untuk memasukkan individu tertentu ke dalam serial tersebut.

Berikut ini beberapa karakter Harry Potter yang terinspirasi oleh "orang sungguhan" seperti dilansir laman Movieweb, Senin (3/6/2024):

1. Harry Potter terinspirasi oleh tetangga yang nakal

Ketika JK Rowling masih kecil dan tumbuh besar di Inggris, dia dan beberapa anak tetangga biasa berkumpul untuk bermain. Sekarang, pada usia itu, semua imajinasi merajalela, dan Rowling tidak menyangka bahwa dia secara tidak sadar mendapatkan serial sukses pertamanya.

Ada seorang anak laki-laki bernama Ian Potter, yang kebetulan tinggal empat rumah dari kediaman Rowling, yang hanya suka bermain dan mendapat sedikit masalah. Dia suka berpetualang, berani, bahkan suka berpura-pura menjadi penyihir. Rowling tidak mengetahuinya pada saat itu tetapi bocah lelaki yang cerewet itu dengan ketertarikannya pada siput, menjadi inspirasi bagi penyihir terhebat sepanjang masa.

2. Ron Weasley terinspirasi dari yeman yang setia

Meskipun banyak orang cenderung jatuh cinta pada pahlawan dalam sebuah cerita, Rowling bahwa menciptakan sahabat karib sangatlah penting. Dalam dunia Harry Potter, kehormatan ini diberikan kepada anak laki-laki berambut merah, Ronald Weasley, yang tidak takut untuk mengungkapkan apa yang dia rasakan sepanjang hari.

Inspirasi di balik karakter Ron datang dari teman Rowling yang sangat setia dan menyenangkan, Sean Harris. Nama itu akan dilihat banyak orang ketika membuka halaman dedikasi di novel Harry Potter and the Chamber of Secrets. Rowling mengakui di situs resminya bahwa beberapa kenangan terbaiknya datang dari saat dia dan Harris berkendara jauh dari rumah mereka pada larut malam. Keduanya hanya menikmati keajaiban yang datang dengan sedikit kebebasan.

3. Hermione Granger adalah sosok yang sangat diinginkan JK Rowling 

Salah satu inspirasi karakter yang lebih terkenal dalam serial Harry Potter adalah Hermione Granger. Rowling mendasarkan penyihir muda itu pada dirinya yang lebih muda karena selalu membaca buku, sangat peduli dengan akademisnya, dan sangat takut akan kegagalan. Selama wawancara di Festival Buku Edinburgh, Rowling berkata, "Saya tidak bermaksud membuat Hermione menyukai saya, tapi dia melebih-lebihkan bagaimana saya ketika saya masih muda". Mungkin Hermione persis seperti yang Rowling harapkan, tapi yang lebih penting, karakternya yang cerdas telah menjadi inspirasi bagi ribuan penggemarnya.

4. Rubeus Hagrid yang asli juga merupakan raksasa yang lembut

Rubeus Hagrid adalah raksasa lembut yang memperkenalkan Harry Potter ke dunia sihir. Meskipun perawakan dan sikapnya mungkin mengintimidasi, dia mungkin adalah karakter yang paling dicintai. Dimainkan dengan sempurna oleh mendiang Robbie Coltrane dalam serial film tersebut, Hagrid akan selamanya menjadi favorit penggemar.

Inspirasi untuk Hagrid tidak ditemukan di jalan rumah masa kecil Rowling, juga tidak ditemukan ketika dikelilingi oleh ratusan teman-temannya di sekolah. Faktanya, orang yang sebenarnya adalah Hagrid di kehidupan nyata adalah "Malaikat Neraka" yang mengenakan kulit dan mengendarai sepeda yang kebetulan menemukan dirinya berada di pub yang tepat pada waktu yang tepat.

Menurut "Harry Potter Page to Screen: The Complete Filmmaking Journey", Rowling bertemu dengan pengendara motor tersebut di sebuah bar di West Country di mana dia akan duduk dan berbicara tentang tamannya dan betapa buruknya kondisi petunianya pada tahun itu.

5. Severus Snape terinspirasi dari guru JK Rowling

Severus Snape adalah pria yang penuh kebencian, pemarah, dan pahit. Jadi bagi penggemar untuk mengetahui bahwa Rowling menggunakan salah satu gurunya sendiri sebagai dasar karakternya sangatlah liar. John Nettleship, mantan kepala guru sains, mengatakan kepada This is Gloucestershire bahwa dia tidak menyadari hubungannya dengan karakter tersebut sampai seorang reporter mengetuk pintunya dan memberitahunya.

Dia mengenang, "Saya merasa ngeri saat pertama kali mengetahuinya. Saya tahu saya adalah seorang guru yang tegas, namun menurut saya saya tidak seburuk itu".

Setelah beberapa waktu memikirkannya, Nettleship kemudian menerima gaya mengajarnya. Setidaknya dia tahu bahwa dia telah memberikan kesan mendalam pada salah satu siswa yang sukses.

Tentu saja, sekarang kita semua tahu bahwa Snape ternyata adalah salah satu karakter paling mulia dan setia di seluruh seri Harry Potter. Dia sepenuhnya menebus dirinya sendiri di akhir cerita, jadi mungkin perbandingannya tidak seburuk itu. 

 

 

1

 
Berita Terpopuler