Tikus yang Menggegerkan di Etalase Dough Lab dan Risiko Mengonsumsi Makanan Bekas Tikus

Setelah video tikus viral, Dough Lab PIK menutup toko 3 hari untuk pembersihan.

Dok. Freepik
Tikus (ilustrasi). Video tikus di etalase Dough Lab PIK membuat pihak toko memutuskan untuk menutup tokonya selama 3 hari untuk melakukan pembersihan.
Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani Red: Qommarria Rostanti

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dough Lab Artisanal Cookies mengeluarkan pernyataan terkait beredarnya video seekor tikus yang memakan cookies di etalase Dough Lab PIK Avenue. Pihak Dough Lab memutuskan untuk menutup sementara toko mereka yang ada di PIK Avenue selama 3 hari terhitung sejak 28 Mei 2024.

Baca Juga

“Kami dengan menyesal memberitahukan kepada pelanggan terhormat bahwa toko kami di PIK Avenue akan ditutup sementara, efektif mulai dari tanggal 28 Mei hingga 30 Mei 2024. Keputusan ini diambil sebagai bagian dari upaya kami menangani insiden yang baru-baru ini terjadi dan menandai komitmen kami terhadap kualitas dan higienitas makanan,” tulis Dough Lab dalam pernyataan resminya yang diunggah melalui Instagram Story akun Instagram mereka, @dough.lab beberapa hari yang lalu, seperti yang dikutip Republika.co.id, Senin (3/6/2024). 

Melalui pernyataan itu, Dough Lab menyatakan bahwa keamanan dan kesehatan para pelanggan serta staf yang berdedikasi merupakan prioritas utama. “Kami akan tetap berpegang teguh untuk menjaga standar tertinggi kebersihan dan higienitas untuk semua operasional kami. Insiden ini belum pernah terjadi sebelumnya, dan kami akan memastikan tidak terjadi kembali,” ujar Dough Lab. 

Dalam insiden ini, Dough Lab juga sangat berterima kasih kepada pelanggan atas informasi yang telah diberikan sehingga mereka dapat mengambil tindakan cepat dan tegas. Mereka juga bekerja sama dengan Manajemen Mal untuk mengatasi situasi secara komprehensif. Tindakan-tindakan ini termasuk penutupan sementara dan pembersihan menyeluruh, penghancuran dan pembuangan produk dan kemasan yang dipajang, pembuangan alat-alat dapur secara aman, kerja sama dengan pakar pengendalian hama, penggantian semua showcase display, serta koordinasi dengan manajemen mal. 

Manajemen PIK Avenue juga mengeluarkan pernyataan terkait hal tersebut. Mereka telah melakukan koordinasi dan melakukan penanganan atas ketidaknyamanan yang terjadi pada salah satu tenant, Dough Lab. 

“Manajemen PIK Avenue telah berkoordinasi dengan profesional pest control untuk lebih meningkatkan penanganan di area mall, untuk mencegah kejadian terulang di masa datang. Kenyamanan pelanggan menjadi prioritas utama kami. Terima kasih dan selamat berbelanja,” tulis Manajemen PIK Avenue. 

Risiko mengonsumsi makanan "bekas" tikus

Produk-produk makanan yang terkena kotoran dari tikus atau hewan pengerat lainnya dapat membuat Anda atau anggota keluarga Anda sakit. Dikutip dari laman U.S. Food and Drug Administration (FDA), ini termasuk makanan dan minuman untuk manusia serta makanan hewan-hewan, seperti makanan hewan-hewan peliharaan, pakan burung, atau pakan ikan. 

Jika makanan telanjur terkontaminasi tikus, ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan. Buang produk makanan ke dalam wadah-wadah plastik dan kertas. Kemudian periksa kaleng-kaleng atau wadah kaca berisi makanan. Kaleng-kaleng atau stoples-stoples yang penyok, remuk, bengkak/menonjol, atau berkarat dalam, retak, berlubang, bocor, atau segelnya rusak juga sebaiknya dibuang. 

Pastikan untuk membuang makanan dengan hati-hati dan sedemikian sehingga tidak dimakan oleh manusia atau hewan seperti di tempat sampah dengan penutup yang aman. Setelah membuang produk-produk tersebut, cuci tangan Anda hingga bersih dan disinfeksi area penyimpanannya. 

Jangan memberikan atau menyumbangkan barang-barang ini karena dapat membahayakan kesehatan orang lain. Periksa juga apakah produk tersebut telah ditarik kembali. Jika demikian, ikuti petunjuk-petunjuk dalam pemberitahuan penarikan-penarikan tentang apa yang harus dilakukan terhadap produk tersebut. 

Berikut cara menyelamatkan produk-produk makanan yang terkena kotoran tetapi berada dalam kaleng yang seluruhnya terbuat dari logam atau stoples yang tertutup rapat berisi makanan dan minuman yang disiapkan secara komersial:

-Lepaskan label-label dari kaleng atau stoples karena mungkin terdapat kotoran atau bakteri di dalamnya. Catat isi setiap kaleng sehingga Anda dapat memberi label ulang setelah disanitasi. Anda mungkin juga ingin menggunakan ponsel Anda untuk mengambil gambar setiap label sebagai referensi. 

-Bersihkan tanda-tanda kotoran yang terlihat dari wadah. Cuci kaleng-kaleng atau stoples-stoples secara menyeluruh dengan sabun dan air, gunakan air panas jika tersedia. Bilas kaleng-kaleng atau stoples-stoples dengan air yang aman untuk diminum. Pastikan tidak ada kotoran atau sisa sabun yang tertinggal pada kaleng-kaleng atau stoples-stoples sebelum Anda mensterilkannya. 

-Sanitasi kaleng-kaleng dan stoples-stoples dengan merendamnya melalui salah satu cara berikut:  

1.Masukkan ke dalam air dan biarkan air mendidih dan teruskan merebus selama dua menit. 

2.Masukkan ke dalam larutan satu cangkir (250 ml) pemutih rumah tangga tanpa pewangi (konsentrasi 5,25 persen) dicampur dengan lima galon air dan rendam selama 15 menit. 

3.Saat kaleng-kaleng dan stoples-stoples sedang disanitasi, bersihkan dan disinfeksi area, termasuk wastafel, tempat Anda mengerjakan produk. Cuci tangan Anda lagi sebelum memegang wadah-wadah yang baru disanitasi. 

-Keringkan kaleng-kaleng dan stoples-stoples setidaknya selama satu jam sebelum dibuka atau disimpan. 

-Jika label-labelnya sudah dilepas, gunakan spidol permanen untuk menuliskan pada wadag apa isinya dan berapa tanggal kedaluwarsanya.

-Gunakan produk-produk yang telah Anda sanitasi sesegera mungkin. 

 

 

 
Berita Terpopuler