Kemenag Bangka Susulkan Seorang Calon Haji ke Madinah

Romli seharusnya diberangkatkan ke Madinah pada Jumat (17/5/2024).

Republika/Thoudy Badai
Calon jamaah haji kloter pertama berjalan menuju pesawat sebelum berangkat ke Madinah di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Ahad (12/5/2024) dini hari. Sebanyak 8.700 orang jamaah haji gelombang pertama dari 22 kloter akan diterbangkan ke Madinah untuk melaksanakan ibadah haji. Pada kesempatannya Menag RI Yaqut Cholil Qoumas ikut melepas keberangkatan jamaah haji di Bandara Soekarno Hatta. Selain itu, Gus Men, sapaan akrab Yaqut Cholil Qoumas mengapresiasi layanan fast track yang difasilitasi Pemerintah Arab Saudi dalam memudahkan jamaah sehingga proses pemeriksaan dokumen jamaah haji oleh keimigrasian Pemerintah Arab Saudi dapat dlakukan di bandara Soekarno Hatta sebagai upaya untuk menghemat proses keimigrasian jamaah saat tiba di Bandara tujuan. Untuk diketahui, Jumlah jamaah haji lansia tahun 2024 ini sebanyak 41.000 orang.
Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, SUNGAILIAT -- Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyusulkan seorang calon haji asal daerah itu ke Madinah atas nama Romli.

"Kami terpaksa menyusulkan calon haji tersebut ke Madinah, dan digabungkan ke dalam kelompok terbang 08 PLM jemaah asal Palembang, Sumatera Selatan," kata panitia pemberangkatan jamaah Kemenag Kabupaten Bangka Gazali di Sungailiat, Senin (20/5/2024).

Ia menjelaskan, Romli merupakan salah satu calon haji kloter 05 PLM yang seharusnya sudah diberangkatkan ke Madinah pada Jumat (17/5/2024) melalui embarkasi Palembang. Namun, karena kendala kesehatan memaksa yang bersangkutan tidak diberangkatkan bersama rombongan jamaah calon haji yang lain saat itu.

"Romli tidak harus singgah ke asrama haji Kota Pangkalpinang seperti rombongan calon haji  sebelumnya, tetapi langsung diberangkatkan ke asrama haji Palembang," kata Gazali.

Berdasarkan data laporan, semua calon haji asal Kabupaten Bangka atau kloter 04 dan 05 yang saat ini sudah sampai Madinah tengah menyelesaikan ibadah arba'in dan ibadah yang lain.

"Kita semua berharap seluruh calon haji dapat menjalankan semua rangkaian ibadah baik saat masih di Madinah maupun di Makkah," katanya.

Ia mengatakan terus melakukan komunikasi dengan petugas pendamping di Tanah Suci untuk mengetahui perkembangan jamaah calon haji. Tercatat jumlah calon haji kloter 05 PLM sebanyak 450 orang, terdiri atas 154 orang dari Kabupaten Bangka, 149 dari Bangka Tengah, 132 calon haji asal Bangka Selatan, dan enam orang calhaj asal Bangka Barat.

Kemudian, mereka didampingi tiga orang petugas haji daerah (PHD), Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh (KBIHU) satu orang, dan petugas kloter lima orang.

Baca Juga

 
Berita Terpopuler