Bahaya Ada di Mana-Mana, Apa yang Harus Diketahui Anak Tentang Cara Melindungi Diri?

Anak perlu diajarkan cara melindungi diri dari insiden keselamatan sejak dini.

Republika/Putra M. Akbar
Anak-anak bermain di Tebet Eco Park, Tebet, Jakarta, Senin (15/4/2024). Anak-anak perlu memiliki keterampilan dalam merespons berbagai situasi darurat.
Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anak-anak perlu mengetahui cara mendasar untuk melindungi diri dari ancaman bahaya yang mengintai dari berbagai tempat, tak terkecuali dari dalam rumah, lingkungan sekolah, hingga tempat bermainnya. Keterampilan dalam merespons saat terjadi insiden keselamatan itu penting untuk dikuasai anak sejak dini.

"Upaya memastikan keamanan dan keselamatan anak-anak adalah
prioritas utama dalam bermasyarakat," kata Head of Corporate Secretary Nawakara, Chiquita Paramita Hindarto dalam keterangan pers yang diterima Jumat (17/5/2024).

Chiquita mengatakan, anak-anak perlu mempelajari keterampilan keamanan dan keselamatan dasar dengan cara yang mudah dipahami. Dengan begitu, mereka bisa tetap aman di rumah, di sekolah, dan di lingkungan seperti di jalan dan tempat bermain.

Baca Juga

Lalu, apa saja yang perlu diketahui anak agar terhindar dari bahaya di lingkungannya? Lewat program edukasi yang diberikan Nawakara sebagai perusahaan keamanan, Chiquita membagikan tips-nya.

Lingkungan rumah
- Anak-anak diimbau agar jangan bercerita bahwa mereka sedang berada di dalam rumah sendirian pada orang yang tidak dikenal.
- Anak-anak tidak boleh membuka pintu ketika ada orang yang tidak dikenal yang ingin masuk.
- Anak-anak juga harus selalu meminta izin jika ingin pergi keluar rumah agar bisa tetap dalam pengawasan orang tua.

Di luar rumah
- Sebisa mungkin, anak-anak perlu menghindari berbicara dengan orang yang tidak dikenal.
- Anak-anak juga penting untuk menolak tawaran dari orang tidak dikenal, baik berupa makanan, mainan, dan lainnya.
- Saat berada di jalan, anak-anak harus berhati-hati, terutama saat menyebrang. Mereka juga tidak boleh bermain di jalan raya dan harus selalu menggunakan trotoar ketika berjalan.

Di sekolah
- Penting bagi anak-anak untuk menghindari perundungan.
- Anak juga harus berani melaporkan jika ada kasus bullying.
- Anak-anak harus selalu mendengarkan guru saat guru sedang menjelaskan.

Di dunia maya
- Sebagai pintu masuk berbagai informasi, sangat penting bagi anak-anak untuk mendapatkan perhatian khusus di ranah internet.
- Orang tua perlu mengimbau anak-anak agar mereka dapat gunakan gadget secukupnya.
- Anak-anak juga dihimbau untuk memainkan game sesuai dengan
usia.
- Yang paling penting, jangan sebarkan informasi pribadi di internet.

"Kami mengimbau agar anak-anak selalu berbicara jujur dan
terbuka kepada orang tua dan guru. Jangan ragu untuk memanggil orang dewasa jika ada hal yang mengganjal di hati," kata Chiquita.

Lewat program edukasinya, Nawakara melatih siswa lewat simulasi yang bertujuan untuk mengasah keterampilan mereka dalam merespons berbagai situasi darurat. Pelatihan ini diharapkan dapat
meningkatkan kesiapan mereka dalam menghadapi kondisi tak terduga.

"Sangat penting bagi anak-anak untuk mulai berani mengatakan ‘tidak’ saat merasa tidak nyaman dengan situasi tertentu," ujar Chiquita.

Dalam rangkaian memperingati Hari Pendidikan Nasional 2024, Nawakara sebagai perusahaan keamanan mengambil inisiatif untuk memberi pelatihan kepada siswa dan pengetahuan dasar tentang cara menjaga keamanan diri dan mengenali potensi
bahaya di sekitar mereka.

Kegiatan ini dilaksanakan di tujuh sekolah dasar yang tersebar di beberapa kota di Indonesia, yakni Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Hidayah (Tangerang, Banten), SDN Kalihurip 01 (Karawang, Jawa Barat), dan SDN Nambo 02 (Bogor, Jawa Barat).

Kegiatan yang sama dilakukan di SDN Pacar Keling V (Surabaya, Jawa Timur), SD Cendana Rumbai (Pekanbaru, Riau), SDN 006 Balikpapan Utara (Balikpapan, Kalimantan Timur), dan SD Negeri Inpres Maccini (Makassar, Sulawesi Selatan). Chiquita menjelaskan bahwa edukasi tersebut merupakan bagian dari program CSR Nawakara di bidang Pendidikan bernama Nawakara Gemilang (Gerakan Muda Indonesia Cemerlang).

 
Berita Terpopuler