Pengawasan Hewan Ternak di Kudus Diintensifkan Jelang Idul Adha

Dispertan Kudus mengantisipasi penyebaran penyakit hewan.

ANTARA/Yusuf Nugroho
(ILUSTRASI) Petugas memeriksa kondisi kesehatan hewan ternak.
Rep: Antara Red: Irfan Fitrat

REPUBLIKA.CO.ID, KUDUS — Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertan) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mengintensifkan pengawasan hewan ternak menjelang Idul Adha, terlebih yang berasal dari luar daerah. Dispertan mengantisipasi potensi penyebaran penyakit pada hewan ternak.

Baca Juga

“Selama ini pemantauan kesehatan hewan ternak memang menjadi tugas rutin kami. Akan tetapi, menjelang hari raya kurban, pemantauan kami intensifkan karena lalu lintas hewan ternak juga cukup tinggi,” kata Kepala Bidang Peternakan Dispertan Kabupaten Kudus Arin Nikmah, Jumat (17/5/2024).

Arin mengatakan, pengawasan dilakukan terhadap hewan ternak di pasar hewan maupun di tempat-tempat pedagang dan kelompok peternak. Ia pun mengingatkan peternak atau pedagang tetap waspada ketika mendatangkan hewan ternak dari luar daerah. Hewan ternak dari luar daerah, kata dia, mesti dipastikan dalam kondisi sehat atau terbebas dari penyakit.

Para peternak di Kudus juga diimbau selalu menjaga kesehatan hewan ternak dan melakukan pemeriksaan secara rutin. Jika ada yang sakit, kata dia, segera diobati. “Selain itu, untuk meningkatkan imunitas hewan ternak, juga diberikan suntikan vitamin,” ujar dia.

 
Berita Terpopuler