Wisudawan Duke University Pro Palestina Walk Out Saat Jerry Seinfeld Berikan Pidato

Aktor-komedian Jerry Seinfeld terkenal pro Israel.

EPA
Aktor dan komedian Jerry Seinfeld terkenal sangat vokal menyuarakan dukungan terhadap Israel.
Rep: Shelbi Asrianti Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Puluhan wisudawan Duke University di North Carolina, AS melakukan aksi walk out pada acara wisuda kampusnya yang digelar Ahad (12/5/2024). Tindakan meninggalkan ruangan itu dilakukan saat aktor dan komedian Jerry Seinfeld memberikan pidato.

Dikutip dari laman Variety, Selasa (14/5/2024), dalam kesempatan tersebut, Seinfeld diundang karena menerima gelar kehormatan. Para wisudawan memilih walk out karena selama ini Seinfeld dikenal sangat vokal menyuarakan dukungan terhadap Israel.

Pria 70 tahun itu baru akan memulai pidatonya, ketika puluhan wisudawan meninggalkan lokasi upacara wisuda dan meneriakkan "Bebaskan, bebaskan Palestina". Namun, masih ada pula wisudawan yang tetap berada di tempat dan menyimak pidato Seinfeld.
 
"Terima kasih. Ya Tuhan, hari yang indah sekali," kata Seinfeld di awal pidatonya.

Baca Juga

Seinfeld tidak membahas aksi walk out itu secara langsung, tetapi mengisyaratkan sejumlah hal terkait politik dalam nasihatnya kepada para lulusan. Seinfeld menyatakan sangat mengagumi ambisi generasi muda untuk menciptakan masyarakat yang lebih adil dan inklusif. 

"Saya pikir sungguh luar biasa bahwa Anda sangat peduli untuk tidak menyakiti jutaan perasaan orang lain dan kita semua melakukannya setiap detik setiap hari. Sungguh menyenangkan ingin memperbaiki hal-hal itu, tapi yang ingin saya sampaikan kepada Anda sebagai seorang komedian, jangan kehilangan selera humor Anda," ucap Seinfeld.

Sementara itu, di luar stadion tempat diadakannya wisuda, para wisudawan yang melakukan aksi walk out menggelar upacara wisuda darurat yang diikuti oleh beberapa dosen dan anggota keluarga. Mereka terus-menerus menyuarakan ungkapan pro Palestina.

"Divestasi, kami tidak akan berhenti, kami tidak akan memberi jeda," kata mereka dalam seruannya.

Selama ini, lewat media sosial, Seinfeld kerap mengunggah tentang dukungannya terhadap Israel secara terang-terangan. Pada Desember 2023, Seinfeld melakukan perjalanan ke Tel Aviv untuk bertemu dengan keluarga para sandera Israel yang ditawan oleh Hamas pada 7 Oktober 2023.

Awal Mei 2024, istri Seinfeld, Jessica, mempromosikan lewat Instagram aksi protes tandingan UCLA terhadap demonstrasi pro Palestina yang telah terjadi di universitas-universitas di seluruh negeri. Perwakilan Seinfeld menolak berkomentar mengenai keberpihakan sang aktor dan keluarganya terhadap Israel.

 
Berita Terpopuler