Pemain Ini Ungkap Seluruh Elemen di Timnas Indonesia U-23 Yakin Bisa Menang Lawak Irak

Kemenangan akan membawa Timnas Indonesia U-23 terbang ke Olimpiade 2024.

Dok. Pssi
Pemain timnas U-23 Rio Fahmi dalam konpers jelang vs Irak, Rabu (1/5/2024).
Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi Red: Gilang Akbar Prambadi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bek kanan timnas Indonesia U-23 Rio Fahmi percaya diri skuad Garuda bisa menaklukkan Irak dalam perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 2024 yang akan berlangsung di Abdullah bin Khalifa Stadium, Qatar, Kamis (2/5/2024) pukul 22.30 WIB. Rio mengatakan Skuad Garuda ingin membuat masyarakat Indonesia bangga dengan lolos ke Olimpiade Paris 2024.

Baca Juga

"Kami siap untuk laga besok dan kami siap memberikan yang terbaik di atas lapangan untuk menang agar bisa lolos ke Olimpiade, agar memnbuat masyarakat Indonesia bangga. Irak adalah tim yang bagus, tapi kami sudah mempersiapkjan diri untuk laga besok," kata Rio dalam konferensi pers, Rabu (1/5/2024).

Tim Merah Putih gagal melaju ke babak final setelah takluk 2-0 dari Uzbekistan di semifinal. Kekalahan itu membuat kepastian Indonesia lolos ke Olimpiade Paris 2024 tertunda. Sebab itu, bek Persija Jakarta itu menegaskan timnya akan memastikan tiket tersebut dengan mengalahkan Irak di pertandingan nanti.

Ia memastikan mental tim sudah membaik setelah kekalahan terakhir melawan Uzbekistan. "Kami saling percaya satu sama lain, siapa yang main dan tidak, dan kami menang bersama, kalah bersama, sekarang kami akan main di laga perebutan tempat ketiga dan kami yakin akan menang. Baik bagi kami juga jika kami bisa menang di laga besok dan lolos ke Olimpiade, Insya Allah," kata dia.

Terakhir kali Indonesia lolos ke olimpiade adalah 68 tahun lalu di Melbourne. Jauh sebelum ini, Indonesia juga pernah hampir lolos ke Olimpiade Montreal 1976. Namun timnas sepak bola Indonesia gagal di penentuan terakhir saat kalah adu penalti dari Korea Utara. 

Sebab itu, Rio mengatakan timnya ingin membayar kerinduan masyarakat Indonesia untuk bisa terlibat di olimpiade. "Jika kami lolos ke Olimpiade, kita tentu saja bisa membuat masyarakat Indoensia bangga, dan ini juga jadi sejarah bagi Indonesia, agar itu terjadi, kami harus memberikan yang terbaik di laga besok," ujarnya. 

Namun, skenario terburuk jika Indonesia kalah pada pertandingan itu, masih ada satu peluang lagi bagi Indonesia untuk tampil di Olimpiade, yakni dengan memenangkan babak play-off melawan wakil Afrika, Guinea, yang akan berlangsung pada 9 Mei mendatang.

 

 
Berita Terpopuler