Pemkot Batu akan Bangun Trek Latihan Olahraga Sepeda BMX

Trek latihan olahraga sepeda BMX akan dibangun di Songgokerto. 

Dok Pemkot Batu
Penjabat (Pj) Wali Kota Batu Aries Agung Paewai.
Rep: Antara Red: Irfan Fitrat

REPUBLIKA.CO.ID, BATU — Pemerintah Kota (Pemkot) Batu, Jawa Timur, berencana membangun trek atau lintasan untuk tempat latihan olahraga sepeda BMK. Tempat latihan itu akan dibangun di wilayah Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu.

Baca Juga

Penjabat (Pj) Wali Kota Batu Aries Agung Paewai mengatakan, untuk kebutuhan itu detail engineering design (DED) akan dirampungkan pada tahun ini. “Saya telah meninjau lahan lokasi rencana pembangunan trek BMX di Kelurahan Songgokerto dan juga berkomunikasi dengan Ketua KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia). Beliau setuju trek BMX akan dibangun pada 2025, yang diawali DED dan perencanaan pada 2024 ini,” kata Aries, dalam keterangannya yang diterima Rabu (1/5/2024).

Menurut Aries, pihaknya bersama perangkat daerah akan menyiapkan lahan untuk tempat latihan olahraga BMX itu, menyesuaikan dengan Rencana Tata Ruang Wilayah. Hal itu juga terkait dengan rencana pembuatan bangunan yang bersifat semipermanen.

“Trek BMX tidak semua beton dan lokasi tidak semua permanen karena ada yang dibuat crack down. Juga anggaran telah disiapkan pada 2024. Jadi, saya pikir agar dilakukan segera mungkin,” kata Aries.

Aries mengatakan, pemkot akan berupaya mewujudkan keinginan Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) yang berharap ada tempat latihan untuk olahraga BMX di Kota Batu. Dengan adanya fasilitas latihan tersebut, kata dia, diharapkan juga bisa mendorong para atlet untuk meraih prestasi. Terlebih, pada 2025, Kota Batu akan menjadi salah satu tuan rumah penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur.

Terkait Porprov IX 2025, diharapkan juga dapat menjadi sarana promosi untuk menarik wisatawan berkunjung ke Kota Batu. Di kota ini pun tengah dikembangkan konsep sport tourism atau olahraga wisata. “Selain kita mempersiapkan diri sebagai tuan rumah, event Porprov IX nanti juga sebagai sarana promosi kota wisata Batu,” katanya.

 

 
Berita Terpopuler