Warga Gaza Palestina Semakin Terpuruk, Baca 2 Doa Ini Agar Allah SWT Lindungi Mereka

Doa untuk warga Gaza salah satu bentuk bantuan

Republika/Putra M. Akbar
Berdoa untuk Palestina. Doa untuk warga Gaza salah satu bentuk bantuan
Rep: Muhyiddin Red: Nashih Nashrullah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Warga Gaza Palestina, semakin terdesak akibat agresi zionis Israel. Mereka harus menghadapi krisis pangan dan kesulitan lainnya. 

Baca Juga

Rasulullah SAW mengajarkan doa, agar Allah SWT melindungi orang-orang lemah yang terzalim. Baca doa berikut ini agar Allah SWT melindungi dan memberikan pertolongan untuk warga Gaza:     

Pertama

اللَّهُمَّ اسْتُرْ عَوْرَاتِهِم وَآمِنْ رَوْعَاتِهِم وَاحْفَظْهُم مِنْ بَ يْنِ أَيْدِيهِم وَمِنْ خَلْفِهِم وَعَنْ أَيمَانِهِم وَعَنْ شَمَائلِهِم وَمِ نْ فَوْقِهِم

Latin:

Allahumma ustur 'awraatihim wa-aamin raw'aatihim wahfadhhum min bayni aydeehim wa min khalfihim wa 'an aymaanihim wa 'an shamaa'ilihim wa min fawqihim

Terjemah:

Artinya: "Ya Allah, sembunyikanlah kesalahan-kesalahan mereka, tenangkan ketakutan mereka, dan lindungi mereka dari depan dan belakang mereka, dari kanan dan kiri mereka, dan dari atas mereka.”

Diambil dari zikir Nabi SAW pagi dan petang, doa ini memohon perlindungan Allah dari segala penjuru. Ini adalah doa yang pantas untuk masyarakat Gaza, yang dikelilingi oleh musuh dan kekerasan.

Kedua 

اللَّهُمَّ ارْزُقهُم صِدْقَ التَوَكُّلِ عَلَيكَ وحُسْنُ الظَنِّ بِك

Latin:

Allahumma urzuqhum sidq at-tawakkuli 'alayka wa husn ad-dhanni bik

Terjemah:

Artinya: "Ya Allah, berilah mereka kepercayaan yang sejati kepada-Mu, dan pikiran-pikiran yang baik tentang-Mu."

Beberapa doa di atas dibuat oleh Sa'id bin Jubair, seorang ulama besar Islam dan pendahulunya yang saleh. Marilah bertawakal kepada Allah SWT dan bersandar kepada-Nya terkait keadaan yang sering kita lihat terjadi pada saudara-saudari kita di Gaza.

 

Anjuran doa

Buya H Muhammad Alfis Chaniago dalam Indeks Hadits dan Syarah yang diterbitkan oleh Pustaka Kalbu, menjelaskan, doa adalah senjatanya orang beriman.

Setiap kita punya kebutuhan, maka hendaklah manusia berdoa kepada Allah SWT, mohonlah kepada Allah SWT agar keinginan terpenuhi. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman: 

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

"Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran" (QS Al Baqarah ayat 186).

Sebanyak apa pun kebutuhan manusia, mintalah kepada Allah SWT, niscaya Allah SWT akan mengabulkan doa hamba-Nya. Dalam surat Al Mumin ayat 60, Allah SWT berfirman:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ٱدْعُونِىٓ أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ ٱلَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِى سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

"Dan Tuhanmu berfirman, "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina."  

Baca juga:  Diam-Diam Yahudi Israel Siapkan Relawan Khusus Ritual Sapi Merah Saat Gaza Digempur 

Buya Alfis Chaniago menjelaskan, janganlah manusia berdoa kepada selain Allah SWT. Karena, tidak ada satu pun yang mengabulkan doa manusia selain Allah SWT. Dalam surat Al Ahqaf ayat 5, Allah SWT berfirman:

وَمَنْ أَضَلُّ مِمَّن يَدْعُوا۟ مِن دُونِ ٱللَّهِ مَن لَّا يَسْتَجِيبُ لَهُۥٓ إِلَىىٰ يَوْمِ ٱلْقِيَٰمَةِ وَهُمْ عَن دُعَآئئِهِمْ غَٰففِلُونَ

“Dan siapakah yang lebih sesat daripada orang yang menyembah sembahan-sembahan selain Allah yang tiada dapat memperkenankan (doa)-nya sampai hari kiamat dan mereka lalai dari (memperhatikan) doa mereka?” 

Infografis 3 Tanda Allah Menjawab Doa Kita - (Republika.co.id)

 
Berita Terpopuler