Ini Alasan Kamu Harus Beli iPhone pada Tahun Ini

Ada beberapa keuntungan memiliki iPhone dibandingkan ponsel android.

Appleinsider
Ponsel iPhone 13 pro. Ini alasan anda harus membeli iPhone pada 2024.
Red: Friska Yolandha

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jajaran iPhone 15 yang mencakup iPhone 15 standar dan iPhone 15 Pro telah dirilis dan menjadi iPhone terbaik. Ini adalah seri iPhone terbaru yang tersedia saat ini dan pilihan default jika Anda membeli iPhone baru pada tahun 2024.

Baca Juga

Namun itu bukan satu-satunya pilihan iPhone yang bisa Anda beli. Faktanya, Apple masih menjual iPhone 14, iPhone 13, dan iPhone SE di situsnya. 

Anda juga dapat menemukan model iPhone lain yang tersedia, baik dalam rekondisi atau baru, dari pengecer atau toko operator lain. 

Membeli iPhone bagus tidak pernah semudah ini. Namun mengapa Anda harus membeli iPhone saat ini, terutama ketika ponsel Android sudah bagus? 

Berikut beberapa alasan mengapa harus membeli iPhone.

iMessage

Dilansir Digital Trends, Sabtu (30/3/2024), salah satu alasan terbesar untuk membeli iPhone adalah iMessage. Ya, hal yang menimbulkan banyak kontroversi hingga terciptanya Blue versus Green bubble wars masih menjadi salah satu kekuatan terbesar iPhone.

Bagi yang belum tahu, iMessage adalah layanan pesan instan milik Apple yang hanya tersedia di produk Apple, termasuk iPhone. Dengan iMessage, pengguna dapat mengirim dan menerima pesan dengan pengguna iPhone, iPad, Mac, dan bahkan Apple Watch lainnya. 

Ia menggunakan data seluler atau Wi-Fi untuk mengirim pesan, yang dapat terdiri dari teks, gambar, audio, dan lainnya. Ada juga manfaat lain dari iMessage, seperti tanda terima telah dibaca dan indikator pengetikan saat penerima membalas.

Jika Anda memiliki perangkat Apple lain selain iPhone, Anda juga dapat mengirim dan menerima pesan dengan perangkat lain tersebut, selama Anda masuk dengan ID Apple yang sama. Semua pesan disinkronkan melalui iCloud, sehingga Anda dapat dengan mudah melanjutkan percakapan dari bagian terakhir yang Anda tinggalkan, bahkan dengan perangkat yang berbeda.

Jika Anda memiliki iPhone....

 

AirDrop

Kemungkinan besar jika Anda memiliki iPhone, Anda mungkin juga memiliki iPad atau Mac. Jika demikian, salah satu fitur paling berguna yang dapat digunakan antar perangkat Apple adalah AirDrop. 

AirDrop adalah layanan transfer file ad hoc nirkabel milik Apple yang telah ada selama dekade terakhir — sejak iOS 7 dan Mac OS X Lion. Dengan AirDrop, Anda dapat mentransfer file secara nirkabel antara perangkat iOS dan Mac selama keduanya berada dalam jarak dekat satu sama lain. 

Di iOS 17, Apple membuat beberapa perubahan yang sangat dibutuhkan pada AirDrop untuk meningkatkan kegunaannya secara keseluruhan. Perubahan ini mencakup berbagi kedekatan, transfer file melalui internet, dan NameDrop. Berbagi kedekatan memungkinkan pengguna berbagi foto atau file dengan mudah hanya dengan berada dekat secara fisik dengan iPhone lain yang tidak terkunci. 

Dan sekarang, file berukuran lebih besar yang biasanya membutuhkan waktu cukup lama untuk dikirim dapat diselesaikan melalui koneksi internet, sehingga tidak perlu lagi kedua ponsel saling berdekatan setelah proses transfer awal. NameDrop memungkinkan Anda dengan mudah berbagi informasi kontak Anda dengan iPhone lain hanya dengan mendekatkan kedua perangkat.

Aplikasi pihak ketiga yang lebih baik

Meskipun ada banyak aplikasi di App Store Apple dan Google Play Store, ada satu perbedaan: kualitas dan dukungannya cenderung lebih baik di iOS. Banyak aplikasi baru hanya tersedia untuk iOS, tanpa rencana untuk versi Android. Banyak aplikasi yang digunakan setiap hari juga tidak tersedia di platform non-Apple. 

Pembaruan iOS

Meskipun semakin banyak ponsel Android yang mendapatkan dukungan perangkat lunak yang lebih lama seperti Samsung dan Google sekarang menawarkan pembaruan Android selama tujuh tahun, produk Apple telah lama dikenal karena umur panjangnya. Rata-rata, iPhone pada umumnya harus mendapatkan pembaruan iOS setidaknya selama lima tahun. 

Misalnya, pembaruan iOS 17 saat ini dapat diinstal pada perangkat yang berasal dari iPhone XR, yang diluncurkan pada tahun 2018. Meskipun Apple belum pernah memberikan “jaminan” nyata seperti yang dimiliki Samsung dan Google baru-baru ini, rekam jejaknya cukup kuat di bidang ini. Karena kebanyakan orang melakukan upgrade setiap dua hingga empat tahun, iPhone kemungkinan besar akan diganti sebelum menjadi “usang”

Meski ada beberapa celah....

 

Lebih Aman

Meskipun ada beberapa celah baru di Apple akhir-akhir ini karena peraturan Uni Eropa, iPhone masih lebih aman dibandingkan ponsel Android. Sudah diketahui bahwa App Store Apple memiliki aturan dan pedoman yang lebih ketat untuk proses peninjauan aplikasinya, terkadang sampai pada titik yang agak konyol. 

Dan kecuali berada di UE, Anda tetap tidak bisa mendapatkan toko aplikasi pihak ketiga di iPhone Anda. Jadi, bagi kebanyakan orang, App Store Apple masih menjadi satu-satunya cara untuk mendapatkan aplikasi Anda. 

Bagi sebagian orang, hal ini dapat dilihat sebagai keuntungan, karena Anda dapat memercayai aplikasi yang Anda unduh karena aplikasi tersebut telah melewati proses persetujuan ketat dari Apple. 

Meskipun iOS tidak sepenuhnya kebal terhadap ancaman dan kerentanan keamanan, eksploitasi lebih jarang terjadi di iOS dibandingkan di Android karena ekosistemnya yang tertutup. Apple juga lebih mudah untuk memberikan patch keamanan kepada penggunanya karena Apple memiliki kendali penuh atas segalanya, sedangkan perangkat Android terkadang bervariasi tergantung pada pabrikannya. 

Apple juga mengutamakan privasi dan enkripsi. Misalnya, data sidik jari dan wajah untuk Touch ID/Face ID disimpan secara lokal dan dienkripsi di “Secure Enclave” Apple. Catatan kesehatan di aplikasi Kesehatan juga dienkripsi dan aman, dan bahkan Apple tidak dapat mengakses data tersebut, meskipun berbagi Kesehatan diaktifkan. 

Pada dasarnya, jika Anda menginginkan pengalaman ponsel cerdas yang lebih aman, pilihan terbaik secara keseluruhan adalah iPhone. Ponsel Android tidak buruk, namun Apple masih lebih unggul dalam hal ini.

iCloud

 

Salah satu fitur favorit di iPhone adalah iCloud. Dengan ini, pemilik iPhone memiliki ruang penyimpanan tambahan. Ini berfungsi dengan baik dan sepenuhnya berada di latar belakang. Dengan iCloud, pemilik ponsel dapat menyimpan hampir semua data terpenting sehingga setiap kali melakukan upgrade, semua data dapat dipulihkan hanya dengan beberapa ketukan. 

 
Berita Terpopuler