Tanda-Tanda Akhir Zaman yang Sudah, Sedang, dan akan Terjadi

Meski demikian, tidak ada yang mengetahui kapan kiamat terjadi.

Hari Kiamat (Ilustrasi)
Rep: Mabruroh Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai seorang Muslim, meyakini hari kiamat merupakan rukum iman yang keempat. Meski demikian, tidak ada yang mengetahui kapan. Tapi, hari kiamat itu akan terjadi.

Hanya Allah satu-satunya yang mengetahui waktu terjadinya kiamat. Bahkan, nabi-nabi dan para malaikat pun tidak mengetahuinya. Allah berfirman:

يَسْـَٔلُوْنَكَ عَنِ السَّاعَةِ اَيَّانَ مُرْسٰىهَاۗ قُلْ اِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ رَبِّيْۚ لَا يُجَلِّيْهَا لِوَقْتِهَآ اِلَّا هُوَۘ ثَقُلَتْ فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۗ لَا تَأْتِيْكُمْ اِلَّا بَغْتَةًۗ يَسْـَٔلُوْنَكَ كَاَنَّكَ حَفِيٌّ عَنْهَاۗ قُلْ اِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ اللّٰهِ وَلٰكِنَّ اَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُوْنَ

“Mereka menanyakan kepadamu (Nabi Muhammad) tentang kiamat, “Kapan terjadi?” Katakanlah, “Sesungguhnya pengetahuan tentangnya hanya ada pada Tuhanku. Tidak ada (seorang pun) yang dapat menjelaskan waktu terjadinya selain Dia. (Kiamat) itu sangat berat (huru-haranya bagi makhluk yang) di langit dan di bumi. Ia tidak akan datang kepadamu kecuali secara tiba-tiba.” Mereka bertanya kepadamu seakan-akan engkau mengetahuinya. Katakanlah (Nabi Muhammad), “Sesungguhnya pengetahuan tentangnya hanya ada pada Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.” (QS Al-A’raf ayat 187).

Baca Juga

BACA JUGA: Muslim Indonesia Kelola Mushala di Bekas Restoran Sushi, Semarak di Bulan Ramadhan

Di antara tanda-tanda kiamat, baik shugra, wustha maupun kubra adalah bencana yang dimulai sejak wafatnya Rasulullah dan tidak akan berakhir, kecuali dengan munculnya dajjal. Kemunculan dajjal merupakan bencana terbesar sebelum terjadinya kiamat.

Berikut ini tanda-tanda kiamat yang dimuat dalam kitab Asyrath As-Sa’ah Al-‘Alamat Ash-Sughra wa Al-Wustha karya Mahir Ahmad Ash-Shufiy.

Tanda-Tanda Kiamat yang Sudah Terjadi

1. Budak Melahirkan Tuannya

Pada masa pemerintahan Abbasiyah dan Umawiyah, banyak terdapat budak perempuan dari hasil rampasan perang. Dikatakan pula bahwa hal itu terjadi pada masa Harun Ar-Rasyid.

Pada saat itu, orang yang paling miskin mempunyai rumah di Baghdad dengan tiga budak. Pemilik budak-budak itu bersenang-senang dengan mereka tanpa pernikahan sehingga melahirkan anak untuk tuannya.

Anak yang lahir dari budak itu menjadi anak tuannya, sedangkan dia sendiri tetap sebagai budak. Ketika anak itu tumbuh besar dan menjadi seorang tuan, ibunya tetap menjadi budak, tetapi tidak boleh dijual. Ketika tuan dari budak itu mati, anaknya memerdekakannya.

Dari Ibnu Abbas r.a. bahwa Rasulullah saw. bersabda: “Jika kamu melihat budak melahirkan tuannya, maka itulah pengetahuan tentang kiamat dan tanda-tandanya.” (HR Ahmad)

Selanjutnya...

2. Banyak Umat Memerangi Umat Islam

Dari Tsauban r.a. bahwa Rasulullah saw. bersabda, "Beberapa umat akan mengerumuni kalian sebagaimana makanan yang berada pada piringnya." Seseorang bertanya, "Apakah karena pada waktu itu jumlah kita hanya sedikit?" Beliau menjawab, "Bahkan, pada waktu itu kalian lebih banyak, tetapi kalian bagaikan buih yang terbawa arus. Dan, sungguh Allah akan mencabut wibawa kalian dari hati musuh kalian dan Dia akan menanamkan al-wahn (kelemahan) di hati kalian." Seseorang bertanya, "Wahai Rasulullah, apakah al-wahn itu?" Beliau menjawab, "Cinta dunia dan benci atau takut terhadap kematian." (HR Abu Daud, Ibnu Asakir, dan Ahmad)

Apa yang disampaikan oleh Rasulullah saw. tersebut telah terjadi lebih dari satu kali dalam sejarah kaum muslimin, yaitu ketika pemerintahan Abbasiyah yang tengah berkuasa. Namun, para khalifahnya condong pada duniawi dan kenikmatannya sehingga mudah dikalahkan oleh orang-orang Tartar. Baghdad pun jatuh ke tangan mereka (Tartar) dan peperangan itu menewaskan hampir satu juta kaum muslimin yang ada di Bagdad.

Tanda-Tanda Kiamat yang Sedang Terjadi

1. Banyak Pembunuhan

Dari Abu Musa Al Asy’ari bahwa Nabi saw bersabda: "Sungguh, menjelang kiamat akan terjadi al-haraj. Mereka bertanya, "Apa itu al-haraj?" Beliau menjawab, "Pembunuhan, tetapi bukan pembunuhan kalian terhadap orang-orang musyrik, melainkan sebagian kalian membunuh sebagian yang lain sehingga seseorang akan membunuh tetangganya, saudaranya, pamannya, dan anak pamannya (sepupunya)." Mereka berkata, "Apakah saat itu kita masih punya akal?" Beliau menjawab, akal orang-orang pada waktu itu akan dicabut dan digantikan dengan akal manusia yang tidak genap. Sebagian besar mereka mengira bahwa mereka berkuasa atas sesuatu, dan bukan sesuatu yang lain." (HR Ahmad)

2. Banyak Orang Berkhianat

Dari anas bin Malik ra, bahwa Rasulullah saw bersabda: “Di antara tanda-tanda kiamat adalah munculnya kejahatan, kekikiran, pemutusan hubungan persaudaraan, dikhianatinya orang yang jujur, dan diamanatinya orang yang khianat.”

3. Berlomba-lomba Memperkaya Diri

Dari Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah saw. bersabda, "Akan datang kepada manusia suatu zaman di mana seorang mukmin tidak memerhatikan lagi apa yang telah usahakan, apakah dengan cara yang halal atau haram." (HR Ahmad)

Selanjutnya...

4. Wanita Berpakaian Tapi Seperti Telanjang

Dari Abu Hurairah ra bahwa Rasulullah saw bersabda: “Ada dua golongan ahli neraka dan aku belum pernah melihatnya: suatu kaum bersamanya cambuk seperti ekor sapi, mereka memukul manusia dengannya, dan para wanita yang berpakaian, tetapi telanjang, jalan berlenggak-lenggok, dan kepala mereka seperti punuk unta yang miring. Mereka tidak akan masuk surga, bahkan mencium baunya. Padahal, baunya bisa didapatkan (tercium) dari perjalanan sekian dan sekian.” (HR Muslim).

5. Bermegah-megahan Membangun Masjid

Dari Anas ra bahwa Rasulullah saw bersabda: “Sesungguhnya, di antara tanda-tanda kiamat adalah manusia berbangga-bangga dengan masjid.” (HR Abu Daud dan Ahmad).

Berkaitan dengan hadis di atas dan untuk menguatkannya, Ibnu Abbas r.a berkata, "Sungguh, umat ini akan menghiasi masjid-masjid sebagaimana orang-orang Yahudi dan Nasrani menghiasi tempat-tempat ibadah dan gereja-gereja mereka. Orang yang memperhatikan masa sekarang seluruh penjuru dunia Islam dan alat-alat transportasi, akan melihat mereka berbangga-bangga (seperti ini), menghiasi masjid, dan sombong dalam mendirikan masjid. Manusia membaca hadis ini dan mengetahuinya bahwa menghiasi masjid termasuk salah satu tanda kiamat. Namun, mereka tetap melakukannya, seolah-olah mereka digiring untuk melaksanakan ketaatan dan pembenaran terhadap hadits rasulullah.”

Hal itu disebabkan Allah SWT melihat orang-orang yang memakmurkan masjid dengan hati dan iman mereka. Allah SWT menghendaki para hamba-Nya berhias dengan iman dan mempercantik diri dengan takwa. Itulah yang asli.

Jika masjid-masjid telah dihiasi, yang tersisa hanyalah dinding-dinding dan perhiasannya. Padahal, semua itu akan musnah ketika terjadi kiamat nanti, sedangkan hati dan iman tidak. Akan tetapi, semua ini memang sudah ketetapan Allah SWT.

6. Berpakaian sutra dan Menghalalkan Minuman Keras

Rasulullah saw bersabda: “Sungguh, akan terjadi dalam umatku suatu kaum yang menghalalkan kemaluan wanita, sutra, minuman keras (khamar), dan alat-alat musik.” (HR Turmudzi).

Sekarang telah muncul banyak alat musik dan wanita yang suka bersolek dalam bentuk kemaksiatan di depan jutaan manusia melalui layar televisi. Sedangkan, minuman keras (khamar) telah dihalalkan dengan berbagai nama baru sebagaimana diterangkan dalam hadis Nabi saw.

Selanjutnya...

7. Menyemir Rambut dengan Warna Hitam

Dari Ibnu Abbas ra, bahwa Rasulullah saw, bersabda, "Pada akhir zaman, akan ada suatu kaum yang mengecat (rambut mereka) dengan warna hitam seperti merpati, Mereka tidak akan mencium bau surga." (HR Ahmad), Kemudian, Rasulullah bersabda, "Jauhilah oleh kalian warna hitam." (HR Muslim).

Kenyataan ini telah menyebar di tengah-tengah masyarakat muslim, bahkan sangar banyak. Sebagian ulama ada yang mengharamkannya dan sebagian yang lain mengatakan bahwa hal itu makruh atau tidak disukai karena pengecatan rambut dengan warna hitam merupakan sebagian dari tanda kiamat.

Tanda-Tanda Kiamat yang Belum Terjadi

1. Melimpahnya Harta Benda

Dari Abu Hurairah r.a. bahwa Rasulullah saw. bersabda, "Kiamat tidak akan terjadi hingga banyak harta di antara kalian, bahkan melimpah sehingga pemilik harta itu bingung siapa yang akan menerima sedekahnya. Maka, dipanggillah seseorang kepadanya, tetapi ia mengatakan, aku tidak membutuhkannya." (HR Bukhari).

Sampai sekarang belum diketahui bahwa harta telah melimpah dan manusia menolak untuk mengambil zakat, kecuali pada masa pemerintahan Umar bin Abdul Aziz. Ketika itu, orang-orang yang dikirim ke Afrika, kembali masih membawa harta mereka karena di sana mereka tidak mendapatkan orang yang mau mengambil zakat mereka disebabkan melimpahnya harta. Kejadian ini hanya berlangsung selama dua tahun. Akan tetapi, di akhir zaman dan setelah terbitnya matahari dari barat nanti, harta akan makin melimpah.

2. Tanah Arab Kembali Hijau

Jazirah Arab tidak lagi gersang, tetapi akan banyak tumbuhan hijau dan sungai. Dijelaskan dalam hadits dari Abu Hurairah RA bahwasanya Rasulullah SAW bersabda:

Selanjutnya...

“Tidak akan terjadi hari kiamat, sebelum harta kekayaan telah tertumpuk dan melimpah ruah, hingga seorang laki-laki pergi ke mana-mana sambil membawa harta zakatnya, tetapi dia tidak mendapatkan seorang pun yang bersedia menerima zakatnya itu. Dan, sehingga tanah Arab menjadi subur makmur kembali dengan padang-padang rumput dan sungai-sungai.” (HR Muslim).

3. Sungai Eufrat Menyingkap Gunung Emas

Dari Abu Hurairah RA  Rasulullah SAW bersabda: “Kiamat tidak akan terjadi sampai Sungai Eufrat mengering sehingga muncullah gunung emas. Manusia pun saling bunuh untuk memperebutkannya. Dari setiap seratus orang (yang memperebutkannya), terbunuhlah 99 orang. Setiap orang dari mereka mengatakan, ‘Mudah-mudahan akulah orang yang selamat'.” (HR Muslim).

4. Munculnya Pria dari Bani Qahthan

Salah satu tanda Hari Kiamat juga munculnya seorang pria dari Bani Qahthan yang akan dipatuhi umat manusia. Ini akan terjadi ketika zaman mulai berubah. Namun, sampai saat ini pria tersebut belum muncul.

Abu Hurairah RA meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Hari Kiamat belum akan terjadi sampai seorang pria dari Bani Qahthan yang menggiring manusia dengan tongkatnya muncul.” (HR  Bukhari dan Muslim).

5. Memerangi Orang Yahudi

Memerangi kaum Yahudi merupakan salah satu tanda kiamat yang belum terjadi sampai saat ini. Abu Hurairah RA meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

"Kiamat tidak akan terjadi sehingga kaum Muslimin memerangi Yahudi, lalu kaum Muslimin akan membunuh mereka sampai-sampai setiap orang Yahudi bersembunyi di balik batu dan pohon, tetapi batu dan pohon itu berkata, 'Wahai Muslim, wahai hamba Allah, ada orang Yahudi di belakangku, kemarilah dan bunuhlah dia'. Kecuali (pohon) gharqad karena ia adalah pohon Yahudi.”

 
Berita Terpopuler