Unik, Kopling di Mobil Formula 1 Ternyata tidak Dioperasikan Melalui Pedal

Kopling pada mobil balap Formula 1 terletak di antara mesin dan gearbox.

APAP Photo/Eric Gay
Mobil balap Formula 1. Seperti mobil manual, mobil balap Formula 1 juga dilengkapi dengan kopling. Akan tetapi, kopling pada mobil balap Formula 1 tidak dioperasikan melalui pedal.
Rep: Adysha Citra Ramadani Red: Friska Yolandha

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seperti mobil manual, mobil balap Formula 1 juga dilengkapi dengan kopling. Akan tetapi, kopling pada mobil balap Formula 1 tidak dioperasikan melalui pedal.

Baca Juga

Secara umum, mobil balap Formula 1 memiliki transmisi semiotomatis. Karena tidak memiliki transmisi otomatis penuh, mobil balap Formula 1 masih membutuhkan kopling.

Kopling pada mobil balap Formula 1 terletak di antara mesin dan gearbox. Mesin berfungsi untuk menghasilkan daya dan gearbox berperan untuk mentransmisikan daya tersebut melalui sejumlah roda gigi.

Kopling yang berada di antara mesin dan gearbox bekerja sebagai sambungan di antara keduanya. Ketika kopling digunakan, daya yang dihasilkan oleh mesin bisa langsung terhubung dengan gearbox. Namun ketika kopling tidak digunakan, mesin tak lagi terhubung dengan gearbox.

Berbeda dengan kopling di mobil manual biasa, pembalap tidak harus menggunakan kopling setiap kali berpindah gigi. Kopling hanya digunakan oleh pembalap dalam situasi tertentu saja. Terkadang, kopling juga bisa aktif secara otomatis tanpa dikontrol oleh pembalap.

Berikut ini adalah tiga situasi di mana penggunaan kopling pada mobil balap Formula 1 diperlukan, seperti dilansir OverSteer48, pada Rabu (6/3/2024).

Awal Balapan

Sebelum balapan dimulai, pembalap harus meningkatkan putaran mesin hingga ke titik optimal. Ketika aba-aba untuk melaju diberikan, para pembalap harus segera mengaktifkan kopling untuk menyalurkan tenaga mesin ke roda dan memulai balapan secepat mungkin.

Situasi ini mirip seperti....

 

Situasi ini mirip seperti pengendara mobil manual yang harus menggunakan kopling saat berhenti di lampu merah dan melepaskannya ketika lampu hijau menyala.

Pit Stop

Kopling juga perlu digunakan ketika pembalap menuju area pit stop. Namun saat berhenti di area pit stop, pembalap harus melepaskan kopling agar mesin tidak mati sebelum roda berhenti berputar. Setelah berdiam sejenak di pit stop, pembalap perlu kembali mengaktifkan kopling dan melaju keluar dari pit stop dengan cepat. Hal serupa juga perlu dilakukan oleh pembalap ketika mereka terkena penalti stop-and-go.

Pindah Gigi

Mobil balap Formula 1 perlu menggunakan kopling untuk berpindah gigi. Akan tetapi, tak seperti pada mobil manual, mobil balap Formula 1 tidak memiliki pedal kopling.

 

Pembalap juga tidak perlu mengoperasikan kopling secara manual setiap kali berpindah gigi. Yang perlu dilakukan oleh pembalap hanyalah memilih gigi yang diinginkan dengan sebuah paddle yang berada di balik setir.

 
Berita Terpopuler