Parlemen Jerman Sepakati UU Kepemilikan Ganja secara Terbatas

Jerman mungkin akan segera memiliki undang-undang ganja yang paling lunak di Uni Eropa.

network /Lin
.
Rep: Lin Red: Partner

DIAGNOSA -- Anggota parlemen Jerman telah menyetujui undang-undang yang akan menjadikan ganja sebagian legal untuk penggunaan pribadi di negara tersebut. Undang-undang baru ini mengizinkan kepemilikan 50 gram ganja untuk konsumsi pribadi dan menanam hingga tiga tanaman. Di tempat umum, orang dewasa diperbolehkan mengonsumsi hingga 25 gram ganja.

Pemungutan suara pada hari Jumat membuka jalan bagi undang-undang tersebut untuk mulai berlaku pada bulan April. Namun, pemberlakuannya bisa tertunda oleh Bundesrat atau Dewan Federal dan harus ditandatangani menjadi undang-undang oleh presiden.

Tanaman ganja yang dimanfaatkan untuk ritual, pengobatan, hingga jadi penyedap rasa. Foto: Republika

Jerman akan melegalkan ganja. Bagaimana pendapat negara-negara Eropa lainnya mengenai penggunaan ganja ?

Sebanyak 407 anggota parlemen memberikan suara mendukung rancangan undang-undang tersebut, dengan 226 anggota parlemen memberikan suara menolak dan 4 abstain.

Undang-undang tersebut menyoroti penanaman non-komersial dan distribusi obat-obatan terlarang yang dikendalikan oleh klub-klub ganja.

Ini berarti Jerman akan segera menerapkan undang-undang ganja yang paling lunak di Eropa, dimana obat tersebut masih ilegal di sebagian besar negara.

Orang dewasa di Malta boleh membawa hingga 7 gram ganja dan menanam hingga empat tanaman di rumah berdasarkan undang-undang yang disahkan pada tahun 2021, namun menghisap ganja di depan umum masih dilarang.

Di Luksemburg, konsumsi swasta ditoleransi serta penanaman empat tanaman ganja pada tahun ini dan kepemilikan ganja di masyarakat didekriminalisasi.

Hukum Jerman bertujuan untuk mendidik dan mengurangi pasar gelap

Undang-undang Jerman bertujuan untuk “mengurangi pasar gelap, mencegah anak-anak dan remaja mengonsumsi ganja,” dan mencegah konsumsi tetrahydrocannabinol (THC) dalam jumlah berbahaya, bahan psikoaktif utama dalam ganja, kata juru bicara kementerian kesehatan kepada Euronews.

Oleh karena itu, perlindungan kesehatan berada di garis depan undang-undang ini. Menteri telah berulang kali menekankan bahwa kebijakan narkoba sebelumnya telah gagal dan kita perlu mencari pendekatan alternatif.

Ganja yang ditanam secara pribadi, meskipun diperbolehkan berdasarkan undang-undang baru, perlu dilindungi dari anak-anak, sementara pembatasan ketat akan berlaku untuk klub ganja, yang memiliki batasan 500 anggota.

Para ilmuwan menghubungkan rawat inap karena penggunaan ganja dengan peningkatan risiko gangguan kecemasan

Akan ada larangan iklan untuk klub-klub yang anggotanya akan menerima maksimal 25 gram ganja per hari dan 50 gram per bulan. Batasannya adalah 30g untuk orang dewasa di bawah usia 21 tahun.

Pemerintah juga berencana meluncurkan kampanye pendidikan mengenai dampak dan risiko ganja.

Alexander Dobrindt, wakil ketua kelompok parlemen Persatuan Demokratik Kristen/Uni Sosial Kristen (CDU/CSU), menyebut undang-undang tersebut “tidak bertanggung jawab” minggu ini, dan menambahkan bahwa polisi dan pakar medis menentang tindakan tersebut.

“Jika saatnya tiba, kami akan membatalkan undang-undang ini,” katanya, menurut postingan dari akun X partai tersebut.

Dr Klaus Reinhardt, Presiden Asosiasi Medis Jerman, mengatakan dalam sebuah pernyataan pada bulan Agustus bahwa undang-undang tersebut akan "meremehkan obat yang terbukti membuat ketagihan dan dapat menyebabkan kerusakan perkembangan yang serius - terutama pada remaja dan dewasa muda".

Juan Martinez, kepala perusahaan ganja medis Curaleaf International, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa “potensi efek domino yang mungkin terjadi di pasar Eropa lainnya dalam waktu dekat tidak boleh dianggap remeh”.

Perokok ganja memiliki tingkat penyakit paru-paru yang lebih tinggi dibandingkan perokok tembakau, demikian temuan penelitian

“Banyak negara Uni Eropa mempunyai masalah dengan penggunaan ganja ilegal dan sebelumnya telah menyatakan bahwa mereka ingin mengikuti jejak Jerman dengan opsi yang aman dan legal. Namun apakah mereka akan melakukan hal tersebut, dan seberapa cepat hal ini bisa terjadi, masih menjadi perdebatan,” Martinez ditambahkan.

Undang-undang baru ini dapat mulai berlaku pada tanggal 1 April, dan klub ganja komunitas akan diizinkan mulai bulan Juli.

Undang-undang tersebut tidak harus disetujui oleh Bundesrat, yang mewakili negara-negara federal Jerman, namun mereka dapat memperdebatkannya jika lebih dari dua pertiganya menolak undang-undang tersebut.

Ini berarti undang-undang tersebut membutuhkan waktu lebih lama untuk diterapkan, kata Partai Sosial Demokrat kepada Euronews.

Kabinet Jerman menyetujui undang-undang tersebut pada bulan Agustus, yang membuka jalan bagi penggunaan narkoba untuk rekreasi.

Sumber: euronews-com

 
Berita Terpopuler