Hari Wukuf yang Menjadi Bencana Bagi Tentara Israel dan Doa Jamaah Haji untuk Palestina

Di antara korban tewas adalah wakil komandan kompi di Brigade Teknik 601.

AP Photo/ Ohad Zwigenberg
Peti mati tentara Israel yang tewas dalam pertempuran di Jalur Gaza saat dibawa saat pemakamannya di pemakaman militer Mount Herzl di Yerusalem, Selasa, 11 Juni 2024.
Rep: Fuji Eka Permana Red: A.Syalaby Ichsan

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA — Tentara Pendudukan Israel (IDF)  mengumumkan, sebelas tentara dari Brigade Teknik 601 dan Brigade 179 tewas. Dua tentara lainnya terluka dalam konfrontasi dengan perlawanan Palestina di jalur Gaza, lapor Al-Mayadeen, Ahad (16/6/2024).

Baca Juga

Media Israel melaporkan insiden parah di Gaza tengah, di mana IDF mengakui kematian dua tentara tambahan dari Brigade 179 akibat alat peledak rakitan (IED) yang juga melukai dua tentara lainnya. IDF juga mengonfirmasi kematian seorang tentara dari Brigade Givati. Tentara tersebut meninggal karena luka kritis yang dideritanya selama pertempuran di Rafah beberapa hari sebelumnya.

Sebelumnya, IDF telah melaporkan kematian delapan tentara dan perwira yang disebabkan oleh alat peledak yang menghantam pengangkut personel lapis baja Namer di kamp pengungsi Tel Sultan di Rafah, Jalur Gaza selatan. Di antara korban tewas adalah wakil komandan kompi di Brigade Teknik 601.

Kendaraan pengangkut personel (APC) Namer Israel menuju perbatasan Jalur Gaza di Israel selatan pada Jumat, 13 Oktober 2023. - (AP Photo/Ariel Schalit)

Sementara itu, seorang komandan kompi berpangkat mayor, bersama tiga tentara Israel lainnya, tewas di Gaza selatan beberapa hari lalu. Dengan korban terbaru ini, jumlah korban tewas tentara Israel sejak dimulainya perang di Gaza pada 7 Oktober telah meningkat menjadi 661 orang. Jumlah ini termasuk 311 tentara yang tewas sejak dimulainya serangan darat di Gaza. Selain itu, 3.617 tentara terluka, menurut angka yang dipublikasikan pihak militer.

Media Israel menggambarkan insiden pada Sabtu (15/6/2024) pukul 5 pagi di Rafah sebagai bencana. Media tersebut pun melaporkan  sebuah kendaraan lapis baja di lingkungan Tel Sultan ikut menjadi objek saat sedang bergerak.

Pihak militer membutuhkan waktu dua jam untuk mencapai kendaraan tersebut, yang kemudian ditarik ke lokasi yang aman. Drone dikerahkan untuk menemukan pejuang perlawanan di daerah tersebut, namun upaya ini tidak berhasil.

Doa saat wukuf bagi Palestina..

Seperti diketahui, Sabtu merupakan waktu dimana jamaah haji di seluruh dunia melaksanakan wukuf di Arafah. Pada momentum berharga tersebut, jamaah memanjatkan doa.

Salah satu warga Gaza yang masih mengungsi saat genosida Israel berlangsung, Abeer Barakat, meminta agar jamaah haji yang sedang wukuf di Arafah mendoakan warga Gaza dan Palestina yang sedang menghadapi genosida Israel. Abeer yang kerap menjadi objek serangan Israel tersebut mengungkapkan, selama ini meraka bisa selamat dari serangan Israel salah satunya karena umat Islam di dunia.

“Dan khususnya kepada jamaah haji akan berkumpul saat wukuf di Arafah. Kami mohon sertakan kami dalam doa-doa kalian. Sertakan saya dan keluarga beserta warga Gaza agar mendapat keselamatan,”ujar Abeer lewat akun Instagram yang memuat video apartemen yang baru saja dibom Pesawat F-16.

Dalam sambutannya di tenda misi haji Indonesia menjelang wukuf di Arafah, Sabtu, Ketua Komisi VIII DPR RI Ashabul Kahfi pun meminta kepada jamaah dan petugas haji yang akan menjalankan ibadah wukuf untuk turut mendoakan saudara kaum Muslimin Palestina yang tengah ditindas bangsa Israel.

"Mari kita doakan saudara-saudara kita di Palestina. Semoga Allah membebaskan mereka dari fitnah. Semoga bangsa Israel diberikan hidayah kemudian, sehingga tidak melakukan perlakuan keji kepada rakyat Palestina," ujar Ashabul Kahfi dalam sambutannya.

 

 
Berita Terpopuler