Simak Lima Film Bertema Bencana Alam dan Pemanasan Global

Lima Film bertema bencana alam ini bisa ditonton di waktu senggang.

IMDb
Salah satu adegan Film Twisters.
Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani  Red: Friska Yolandha

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tornado terbentuk dari badai petir besar. Di dalam awan petir, udara hangat dan lembap naik, sementara udara dingin turun bersama dengan hujan atau hujan es. 

Baca Juga

Dilansir SciJinks, Kamis (22/2/2024), kondisi tersebut dapat menyebabkan berputarnya arus udara di dalam awan. Meskipun arus yang berputar awalnya bersifat horizontal arus tersebut dapat berubah menjadi vertikal dan jatuh ke bawah dari awan, menjadi tornado. 

Berikut ini adalah film-film yang bertema bencana alam (tornado & badai) dan pemanasan global. 

1. Twisters (2024)

Film epik bencana tahun 2024 Twisters akan menampilkan bintang yang sedang naik dari waralaba Top Gun, yang dikombinasikan dengan rangkaian aksi berskala besar. Film ini disutradarai oleh Lee Isaac Chung. 

Pemeran Twisters akan dipimpin oleh Daisy Edgar-Jones dan Glen Powell sebagai karakter baru yang tampaknya tidak ada hubungannya dengan bintang Twister asli. Twisters dilaporkan bukan merupakan sekuel atau reboot, melainkan sebuah cerita terpisah yang masih berlatar alam semesta yang dibuat pada film sukses tahun 1996 Twister

Powell akan berperan sebagai Tyler Owens, seorang pemburu badai pemberani yang perannya mirip dengan Jonas karya Cary Elwes dari film pertama. Powell sebagai pemimpin blockbuster penuh aksi lainnya menjadikan Twisters film yang ideal untuk para penggemar waralaba Top Gun, dan penggemar aksi beranggaran besar pada umumnya. 

2. Supercell (2023)

Film Supercell disutradarai oleh Herbert James Winterstern. Dikutip oleh Republika  dari tulisan Frank Liesenborgs di IMDb, Supercell yang berdurasi 1 jam 40 menit ini berkisah tentang William Brody (Daniel Diemer), putra dari pemburu badai terkenal, Bill Brody (Richard Gunn). Dia adalah seorang remaja yang bergulat dengan warisan ayahnya. 

William memutuskan untuk melarikan diri demi mengejar petualangannya mengejar badai. Dia bertekad untuk mengungkap kebenaran di balik semangat ayahnya untuk mengejar badai, mempertanyakan apakah itu murni ilmiah atau didorong oleh rasa haus yang tidak terpuaskan akan andrenalin. 

Saat William memulai....

 

 

 

Saat William memulai perjalanannya mengejar badai, dia bertemu dengan sekelompok pemburu badai berpengalaman yang membimbingnya dan mengajarinya trik-trik perdagangan. Melalui pengalamannya, William mendapatkan apresiasi baru atas keindahan dan kekuatan alam, namun juga mulai menyadari bahaya yang ada dalam mengejar badai. 

3. The Hurricane Heist (2018)

Film The Hurricane Heist disutradarai oleh Rob Cohen. Film ini berdurasi satu jam 43 menit. 

The Hurricane Heist bercerita tentang pada tahun 1991, Alabama sedang dilanda Badai Andrew. Niles Rutledge (Stuart McQuarrie) mencoba melarikan diri bersama putra-putranya  Will (Leonardo Dickens) dan Breeze (Patrick McAuley). 

Will menyalahkan Breeze atas terjadinya masalah ini karena Breeze sedang bermain layang-layang. Truk mereka menabrak selokan kecil saat Niles mencoba menghindari pohon yang terbang. Dia membawa anak-anak itu ke sebuah rumah kosong di dekatnya sementara dia mencoba mengeluarkan truknya. 

Angin menjadi begitu kencang sehingga merobohkan menara air yang menggelinding dan  menghancurkan Niles saat anak-anak menonton. Rumah itu kemudian pecah, tetapi anak-anak itu selamat, dan Will melihat tengkorak terbentuk di awan. 

Pada masa ini badai Tropis Tammy menguat melalui Teluk Meksiko menjadi badai besar saat bersiap menuju kota Gulfport. Will (yang versi dewasanya diperankan oleh Toby Kebbell) sekarang menjadi ahli meteorologi, dan dia dikirim oleh atasannya ke Alabama untuk menerbangkan drone ke angkasa. Will tahu seberapa kuat badai yang akan terjadi. 

4. Twister (I) (1996)

Film Twister berdurasi 1 jam 53 menit dan disutradarai oleh Jan de Bont. Twister menceritakan pada Juni 1969, sebuah keluarga muda berlindung dari tornado yang akan datang. Sang ayah, dalam upaya menyelamatkan keluarganya, mencoba menahan pintu gudang bawah tanah, namun tersedot ke dalam tornado dan terbunuh. 

 

Istri pria tersebut....

Istri pria tersebut dan putrinya, Jo, menyaksikan kejadian tersebut dengan ngeri. Jo meskipun menghadapi badai yang mengerikan dan kehilangan ayahnya, tetap terpesona dengan awan corong. 

Film ini dipotong hingga ke masa ini dan para ahli meteorologi di National Severe Storms Laboratory (NSSL) sedang mendiskusikan sistem badai yang sedang dibangun di Oklahoma yang dapat menghasilkan rekor wabah tornado. Sementara itu, pensiunan pemburu badai Bill Harding (Bill Paxton) dan tunangannya Dr. Melissa Reeves (Jami Gertz) berangkat menemui mantan tim pengejar badai Bill untuk mendapatkan surat cerai terakhir dari mantan istri Bill, Dr Jo Harding (Helen Hunt) yang sejak kematian ayahnya bersumpah akan memburu tornado sebanyak mungkin. 

Dia tidak ingin nasib yang sama menimpa orang lain. Selain Jo, tim tersebut terdiri dari Dusty Davis (Philip Seymour Hoffman) yang eksentrik, navigator Robert Rabbit Nurick (Alan Ruck), fotografer Laurence (Jeremy Davies), Joey (Joey Slotnick), pengemudi Rabbits Alan Sanders ( Sean Whalen), Tim “Beltzer” Lewis (Todd Field), Haynes (Wendle Jospeher) yang berkendara bersama Beltzer, dan Jason “Preacher” Rowe (Scott Thomson). 

5. The Day After Tomorrow (2004)

The Day After Tomorrow berdurasi dua jam empat menit. Film ini disutradarai oleh Roland Emmerich. 

Jack Hall (Dennis Quaid) adalah ahli paleoklimatologi yang sedang melakukan ekspedisi di Antartika bersama dua rekannya, Frank (Jay O Sanders) dan Jason (Dash Mihok), mengebor sampel inti es di Larsen Ice Shelf untuk NOAA. Lapisan es tiba-tiba terlepas dari seluruh benua, dan Hall hampir jatuh hingga tewas. 

Hall mempresentasikan temuan-temuannya tentang pemanasan global pada konferensi PBB di New Delhi. Dia menemukan bahwa 10 ribu tahun yang lalu, pemanasan global mengubah iklim bumi menjadi Zaman Es. Selain itu, Hall juga mengatakan hal ini bisa terjadi lagi dalam waktu 100 hingga 1.000 tahun dari sekarang jika manusia tidak berhenti mencemari atmosfer. 

Sebagian besar diplomat, termasuk Wakil Presiden Amerika Serikat (Kenneth Welsh), tidak yakin dengan teori Hall. Di konferensi tersebut, Hall bertemu Profesor Terry Rapson (Ian Holm) dari Pusat Penelitian Iklim Hedland di Skotlandia, yang memantau arus laut dunia. Terry memberi tahu Jack bahwa mencairnya lapisan es di kutub telah menuangkan air tawar ke lautan dan melemahkan keseimbangan kadar garam, yang menyebabkan suhu arus laut turun 13 derajat.

 
Berita Terpopuler