13 Fitur Hidden Gem di WhatsApp yang Memudahkan Pengguna

Ada sejumlah fitur yang memudahkan pengguna WhatsApp yang mungkin kita belum tahu.

Unsplash
Logo Whatsapp. Berikut fitur Whatsapp yang mungkin kita belum tahu.
Rep: Shelbi Asrianti Red: Friska Yolandha

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- WhatsApp telah menjadi lebih dari sekadar aplikasi perpesanan, bahkan dianggap pusat dari berbagai aktivitas, mulai dari koneksi relasi hingga urusan pekerjaan. Banyak dari kita yang terbiasa menggunakan WhatsApp untuk mengirim pesan, foto, dan konten lain.

Baca Juga

Selain itu, ada belasan fitur hidden gem yang kurang dikenal yang sebenarnya dapat lebih memudahkan pengguna. Berikut 13 fitur yang mungkin luput dari perhatian pengguna selama 15 tahun kehadiran WhatsApp, dikutip dari laman GizChina, Rabu (31/1/2024). 

1. Kirim pesan video

Secara default, fitur ini masih nonaktif sehingga harus diaktifkan secara manual lewat pengaturan aplikasi. Fungsi catatan video WhatsApp mirip dengan catatan suara standar, hanya saja perekaman video pendek yang disajikan dalam format melingkar.  

2. Baca pesan tanpa ketahuan 

Bagi mereka yang berpengalaman dalam Android dan WhatsApp, trik ini mungkin familier. Ini adalah metode efektif untuk membaca pesan WhatsApp secara diam-diam lewat widget. Pengguna bisa melihat isi pesan terbaru namun status pesan-pesan itu tetap belum dibaca.

3. Latar belakang untuk setiap obrolan

Meskipun WhatsApp telah lama mengizinkan pengguna mengubah wallpaper untuk semua obrolan mereka, peningkatan yang lebih baru memungkinkan adanya latar belakang unik di setiap obrolan. Cukup buka obrolan tertentu, dan atur wallpaper yang diinginkan.

4. Melihat kapan pesan dibaca

Trik praktis lainnya memungkinkan pengguna mengetahui dengan tepat waktu pesan dibaca di WhatsApp. Caranya, tekan dan tahan pesan, lalu akses tombol menu dan pilih "Info". Akan terlihat jam dan menit ketika pesan ditandai sebagai telah dibaca oleh pengguna lain.

Lanjut ke halaman berikutnya....

 

 

 

 

5. Status suara

WhatsApp memperkenalkan fitur status suara tahun lalu, yang pada dasarnya adalah catatan suara yang diterbitkan sebagai status. Untuk merekam catatan suara dan membagikannya sebagai status, tekan tombol pena mengambang, yang akan membuka editor status teks.   

6. Buat obrolan dengan diri sendiri 

Selain untuk berkomunikasi dengan orang lain, WhatsApp dapat berfungsi sebagai catatan pribadi dengan menuliskan beberapa hal penting di obrolan dengan diri sendiri. Caranya, tekan tombol obrolan baru, lalu ketuk kontak pertama, yang merupakan nomor Anda sendiri.

7. Sembunyikan obrolan dengan emoji

WhatsApp menyediakan fitur privasi yang memungkinkan pengguna menyembunyikan semua obrolan menggunakan sidik jari. Ada juga opsi menyembunyikan obrolan dalam folder terpisah, lalu diproteksi dengan kata sandi atau emoji sehingga lebih aman.

8. Membagikan lokasi secara real-time

Untuk mengaktifkan fitur ini, navigasikan ke opsi lampiran saat menulis pesan, pilih "Lokasi", lalu ketuk "Lokasi real-time" di bagian atas.  Setelah diaktifkan, pengguna memiliki fleksibilitas untuk memilih berapa lama Anda ingin membagikan lokasi real-time atau kapan berhenti membagikan lokasi.

Lanjut ke halaman berikutnya....

 

 

 

9. Ubah video pendek menjadi GIF animasi

Mengirim GIF animasi buatan sendiri di WhatsApp sangatlah mudah, berkat kemampuan bawaan aplikasi untuk mengubah cuplikan video menjadi GIF animasi. Caranya, potong segmen video yang berdurasi hingga enam detik, lalu tekan tombol GIF yang terletak di sudut kanan atas. Tidak perlu repot mengonversi formatnya. 

10. Mengirim konten yang hanya bisa dilihat sekali

Fitur lain dalam WhatsApp yang mungkin luput dari perhatian adalah kemampuan mengirim foto, video, dan catatan audio yang hanya dapat dibuka satu kali oleh pengguna lain. Untuk memanfaatkan fitur ini, ketuk tombol berlabel “1” di pratinjau pesan yang akan dikirim.  

11. Kirim pesan dengan "Enter"

Sebuah fitur dalam WhatsApp yang berasal dari era ponsel dengan papan ketik QWERTY masih dapat meningkatkan kecepatan pengiriman pesan. Di pengaturan obrolan, ada pilihan untuk mengirim pesan langsung dengan tombol "Enter" sehingga menyederhanakan proses pengiriman pesan.

12. Sembunyikan foto WhatsApp dari galeri

Pengguna bisa menyembunyikan foto yang mereka terima dalam obrolan dan grup agar tidak muncul di galeri ponsel. Kontrol ini tersedia di bawah opsi "Obrolan", khususnya dalam pengaturan yang disebut “Visibilitas File Media.”  Ini memberikan cara yang fleksibel untuk mengelola apakah media bisa dilihat di galeri ponsel atau tidak.

13. Kontak favorit dengan akses langsung

Kontak WhatsApp favorit atau orang terdekat bisa diakses langsung dengan membuat pintasan. Untuk menempatkan pintasan obrolan WhatsApp di layar beranda, buka obrolan yang diinginkan di dalam aplikasi. Dari menu titik tiga di kanan atas, pilih "Lainnya", lalu "Buat pintasan" untuk akses cepat.

 

 

 

 
Berita Terpopuler