Tujuh Hasil Survei Elektabilitas Capres-Cawapres Terkini, Bagaimana Nasib Satu Putaran?

Hanya satu lembaga yang merilis elektabilitas Prabowo-Gibran di atas 50 persen.

Republika/Prayogi
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo berjabat tangan dengan Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto usai Debat Keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Ahad (21/1/2024). Debat Keempat Pilpres 2024 mengangkat tema terkait pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa.
Rep: Febrian Fachri, Dessy Suciati Saputri, Bayu Adji P Red: Agus raharjo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Hari pencoblosan Pemilu 2024 pada 14 Februari kurang dari sebulan lagi. Menjelang debat terakhir bagi calon wakil presiden (cawapres) pada Ahad (21/1/2024), muncul narasi Pilpres 2024 satu putaran yang dimunculkan pasangan calon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Prabowo-Gibran butuh 50 persen plus 1 untuk bisa mewujudkan pilpres satu putaran.

Baca Juga

Apakah hasil survei menunjukkan arah positif pada keinginan paslon nomor urut 2? Atau justru elektabilitas dua paslon lain, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang melejit?

Berikut hasil tujuh survei sejak awal hingga pekan ketiga Januari 2024:

1. Survei Charta Politika

Dalam survei Charta Politika, elektabilitas Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka berada di urutan pertama dengan 42,2 persen. Di urutan kedua adalah pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dengan elektabilitas 28 persen, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di urutan ketiga dengan elektabilitas 26,7 persen. 

"Kekuatan pasangan Prabowo-Gibran itu merata di seluruh wilayah," kata Peneliti Charta Politika, Nachrudin, Ahad (21/1/2024).

Prabowo-Gibran unggul di Sumatra, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku-Papua. Sementara, Ganjar-Mahfud unggul di Jawa Tengah-DIY. "Suara Prabowo hanya mampu dikalahkan pasangan Ganjar-Mahfud di wilayah Jateng dan DIY," ujar Nachrudin.

Survei Charta Politika dilaksanakan pada rentang 4-11 Januari 2024. Survei ini dilakukan terhadap 1.200 responden, memakai metode multistage random sampling dan wawancara tatap muka. Margin of error survei ini adalah 2,82 persen.

Elektabilitas Prabowo-Gibran 50,2 persen...

 

Capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka tiba di lokasi Debat Keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Ahad (21/1/2024). Debat Keempat Pilpres 2024 mengangkat tema terkait pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa - (Republika/Prayogi)

 

2. Economics & Political Insight (EPI) Center

Hasil survei EPI Center menemukan elektabilitas capres-cawapres Prabowo-Gibran mencapai 50,2 persen. Dengan hasil ini, pasangan nomor urut 2 ini berpeluang menang Pilpres 2024 satu putaran. Di bawah Prabowo-Gibran, ada Anies-Muhaimin di urutan kedua dengan elektabilitas 21,3 persen, disusul Ganjar-Mahfud yang terpaut tipis dengan 20,1 persen.

"Elektabilitas Prabowo-Gibran menembus hingga 50,2 persen, artinya diprediksi bakal memenangkan Pilpres 2024 dalam satu putaran," kata peneliti EPI Center Mursalin dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu (20/1/2024).

Mursalin menambahkan, dengan sisa waktu menuju pencoblosan kurang dari sebulan, kecil kemungkinan bakal terjadi perubahan signifikan pada peta kontestasi Pilpres 2024. "Pemilu diperkirakan bakal finis pada 14 Februari 2024 dimenangkan oleh pasangan Prabowo-Gibran," tambah Mursalin.

Survei Economics & Political Insight (EPI) Center dilakukan pada 9 hingga 15 Januari 2024 secara tatap muka dengan melibatkan 1.200 responden mewakili 38 provinsi. Metode survei adalah multistage random sampling dengan margin of error sekitar 2,9 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

3. Indikator Politik Indonesia

Elektabilitas pasangan capres cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka masih menempati peringkat pertama dalam survei terbaru Lembaga Indikator Politik Indonesia. Dalam survei Indikator yang dilakukan pada periode 10-16 Januari 2024 ini, Prabowo-Gibran mendapatkan suara hingga 48,55 persen. Sedangkan Anies Baswedan-Cak Imin meraih 24,17 persen suara dan Ganjar-Mahfud meraih 21,60 persen suara.

"Kalau melihat data ini, itu terlihat konsisten dengan sebelumnya peringkat pertama Pak Prabowo dengan perolehan 48 persen. Kemudian disusul antara Mas Anies dan Mas Ganjar. Nah saya sebut antara karena selisihnya margin of error dua nama yang berada di peringkat kedua atau ketiga setelah Pak Prabowo. Tetapi secara absolut Mas Anies masih seperti survei sebelumnya yakni peringkat kedua, Mas Ganjar masih belum ada indikasi perbaikan performa. Jadi di kisaran 21 persen," tutur Peneliti Utama Indikator dan Dosen Senior Sosiologi UIN Jakarta, Burhanuddin Muhtadi, Sabtu (20/1/2024).

Menurut Burhanuddin, tren elektabilitas Prabowo mengalami peningkatan setelah sebelumnya mengalami stagnansi selama satu bulan. Indikasi perubahan positif dalam survei terakhir ini terjadi setelah debat capres. Burhanuddin menjelaskan, Indikator menggunakan simulasi surat suara dalam survei ini. Burhanuddin juga menyebut belum menemukan indikasi terjadinya satu putaran secara absolut.

Kendati demikian, pasangan calon Prabowo-Gibran dinilai memiliki peluang terbuka untuk unggul satu putaran. "Tidak tertutup angkanya belum mencapai 50 persen + 1 tetapi ada potensi buat satu putaran," ujarnya.

Anies-Muhaimin di urutan kedua...

 

Capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar tiba di lokasi Debat Keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Ahad (21/1/2024). Debat Keempat Pilpres 2024 mengangkat tema terkait pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa - (Republika/Prayogi)

4. Poltracking 

Poltracking Indonesia merilis hasil survei terbaru pada Jumat (19/1/2024). Survei yang dilakukan pada 1-7 Januari 2024 itu mengambil 1.220 sampel menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error sekitar 2,9 persen. Dalam hasil survei yang dirilis, pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memiliki elektabilitas paling tinggi yaitu 46,7 persen. 

Sementara di peringkat kedua, ada pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 26,9 persen, dan peringkat ketiga pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD 20,6 persen. "Tren terbaru elektabilitas tiga pasangan capres-cawapres menunjukkan Prabowo-Gibran cenderung fluktuatif. Namun, terjadi kenaikan sejak awal November 2023 hingga awal tahun 2024," sebut rilis survei nasional Poltracking Indonesia.

5. LSI Denny JA

Peneliti Senior Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Ardian Sopa, mengatakan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden  nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming tinggal butuh mengejar kurang lebih 4 persen suara lagi agar dapat menyudahi Pilpres 2024 dengan kemenangan satu putaran. Berdasarkan survei terbaru LSI Denny JA 3-11 Januari 2024, elektabilitas Prabowo-Gibran naik menjadi 46,6 persen.

"Sebulan lalu kemungkinan Prabowo-Gibran menang satu putaran itu hanya harapan dari para pendukungnya saja. Karena belum didukung oleh data yang objektif. Saat ini satu bulan jelang pencoblosan 14 Februari 2024 kemungkinan Prabowo-Gibran menang satu putaran lebih terbuka lebar, karena jika kita lihat dari data, kemungkinan satu atau dua putaran sama-sama kuat. Karena tren elektabilitas Prabowo-Gibran kian naik butuh 4 persen lagi untuk menembus 50 persen lebih suara," kata Ardian, Kamis (18/1/2024).

Ardian mengatakan di posisi kedua mengalami perubahan dibandingkan survei sebelumnya. Dimana elektabilitas pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD kembali menyalip elektabilitas pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. Elektabilitas Ganjar-Mahfud kini berada di angka 24,8 persen. Sedangkan elektabilitas pasangan Anies-Muhaimin kini berada di angka 22,8 persen. 

Survei dilakukan dengan multistage sampling dengan jumlah 1.200 responden. Survei dilakukan dengan tatap muka menggunakan kuesioner. Lalu survei ini memiliki margin of error lebih kurang 2,9 persen. 

Survei ini menangkan Anies-Muhaimin...

 

Capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD tiba di lokasi Debat Keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Ahad (21/1/2024). Debat Keempat Pilpres 2024 mengangkat tema terkait pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa - (Republika/Prayogi)

6. SPIN

Direktur eksekutif Survei and Polling Indonesia (SPIN), Igor Dirgantara, menyebut tingkat elektabilitas pasangan capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka melesat sampai ke angka 50,9 persen. “Elektabilitas Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka  50,9 persen, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD 23,5 persen, dan pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar 18,7 persen,” kata Igor, melalui siaran pers yang diterima Republika, Senin (15/1/2024). 

SPIN melakukan survei tersebut dalam kurun waktu 8-14 Januari 2024 dengan melibatkan 2.178 responden di seluruh provinsi di Indonesia. Metode yang digunakan adalah multistage random sampling dengan teknik pengumpulan data yakni direct interview dengan bantuan kuesioner. Hasilnya, margin of error (MoE) sebesar 2,1 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

7. Indonesia Political Opinion

Survei terbaru Indonesia Political Opinion (IPO) memperlihatkan elektabilitas pasangan capres cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, mulai menunjukkan kenaikan mengejar elektabilitas pasangan nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Direktur Eksekutif IPO, Dedi Kurnia Syah, mengatakan elektabilitas paslon Amin kini berada di angka 34,5 persen. 

Angka itu hanya selisih 7,9 persen dari Prabowo-Gibran yang elektabilitasnya berada di angka 42,3 persen. Sedangkan elektabilitas pasangan nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD 21,5 persen.

Dedi mengatakan survei IPO dilakukan sejak 1 Januari hingga 7 Januari 2024. Jumlah responden mencapai 1.200 orang dengan kriteria telah memiliki hak pilih atau berusia di atas 17 tahun. Metode survei menggunakan multistage random sampling dan pembagian kuesioner secara langsung. Margin of error sekitar 2,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Elektabilitas capres cawapres. - (Republika)

 
Berita Terpopuler