Kapan Puasa Rajab 2024? Catat Jadwal, Bacaan Niat, dan Tata Caranya

Rajab salah satu bulan istimewa di antara bulan-bulan Hijriyah lainnya.

Republika.co.id
Bulan Rajab
Rep: Rahmat Fajar Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bulan Rajab merupakan bulan ketujuh dalam kalender Islam. Rajab salah satu bulan istimewa di antara bulan-bulan lainnya sehingga kehadirannya dinanti-nantikan oleh umat Islam.

Rajab adalah satu dari empat bulan haram. Ada satu amalan yang jika dilaksanakan akan mendapatkan faedah luar biasa, yakni puasa Rajab.

BACA JUGA: Baca Dzikir Ini Usai Subuh, Insya Allah Sebagai Pembuka Rezeki

Baca Juga

Yusuf Qardhawi dalam bukunya Fiqih Puasa menjelaskan disebut bulan haram karena peperangan di bulan itu dilarang atau diharamkan. Selain Rajab, tiga bulan haram lainnya adalah Dzulqa'dah, Dzulhijah, dan Muharram.

Puasa Rajab merupakan puasa sunnah. Pelaksanaannya mulai dilakukan pada 1 Rajab. Namun, sejatinya bisa juga dilaksanakan kapan saja asalkan masuk dalam bulan Rajab. Namun, sebagian ulama berpendapat tidak dianjurkan berpuasa Rajab satu bulan penuh.

Seperti pada 27 Rajab, dalam buku Yusuf Qardhawi tersebut, tak ada dalilnya berpuasa pada 27 Rajab. Al-Ghazali dkk dalam bukunya Hikmah & Rahasia Puasa menjelaskan tentang Rajab sebagai salah satu puasa sunnah. Ia mengungkapkan banyak riwayat yang menjelaskan tentang keistimewaan puasa Rajab.

Kapan puasa 1 Rajab?

Diriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda, "Ingatlah sesungguhnya bulan Rajab itu merupakan bulan Allah yang tuli. Barangsiapa yang berpuasa sehari pada bulan itu dengan iman dan ikhlas, maka wajib baginya mendapatkan keridhaan Allah yang terbesar; barangsiapa yang berpuasa dua hari, maka tak tergambarkan oleh ahli langit kemuliaan apa yang akan diperoleh baginya di sisi Allah; barangsiapa yang berpuasa tiga hari, diselamatkan dari segala bencana dunia, siksa akhirat, penyakit gila, penyakit kusta, penyakit sopak dan fitnah Dajjal; barangpuasa berpuasa tujuh hari, tertutup baginya tujuh pintu neraka; barangsiapa berpuasa delapan hari, terbuka baginya delapan pintu surga; barangsiapa berpuasa sepuluh hari, tidak akan meminta sesuatu melainkan Allah akan mengabulkannya; barangsiapa berpuasa lima bela hari, Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang sudah lalu dan digantinya dengan kebajikan; barangsiapa menambah (bilangan puasanya), Allah akan menambah pula pahalanya."

Kapan Satu Rajab 2024?

1 Rajab 1445 H/2024 akan jatuh pada Sabtu, 13 Januari 2024. Dengan demikian, umat Islam dapat memulai puasa Rajab pada Sabtu, 13 Januari.

Tata Cara Puasa Rajab

Tak perbedaan cara melaksanakan puasa Rajab dengan puasa pada umumnya. Hanya saja yang membedakan adalah niatnya.

Niat Puasa Rajab

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ رَجَبَ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى  

Nawaitu shauma Rajaba sunnatan lillahi ta’ala

Artinya: “Aku berniat puasa Rajab, sunah karena Allah ta’ala”.

Niat tersebut dibaca sejak terbenamnya matahari hingga terbitnya fajar. Namun jika lupa boleh dibaca sebelum tergelincirnya matahari atau masuk waktu zhuhur. Berikut niat pada siang hari.

Niat puasa Rajab saat siang...

Niat Puasa Rajab Saat Siang

نَوَيْتُ صَوْمَ هَذَا اليَوْمِ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ رَجَبَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma hâdzal yaumi ‘an adâ’i sunnati Rajaba lillâhi ta‘âlâ.

Artinya: "Aku berniat puasa sunah Rajab hari ini karena Allah SWT".

Sebagaimana puasa pada umunnya mereka yang berpuasa dianjurkan melakukan santap sahur agar dapat melaksanakan puasa secara maksimal. Berbuka dianjurkan ketika matahari tenggelam.

Mempercepat berbuka puasa bahkan sangat dianjurkan. Dengan berbuka puasa tenaga seseorang yang berpuasa diharapkan akan kembali bugar.

BACA JUGA: Kisah Pria dan Wanita Diampuni Allah karena Memberi Minum Anjing Kehausan, Ini Hikmahnya

 

 
Berita Terpopuler