Tujuh Idola K-Pop yang Menghapus Postingan Produk Diduga Pro Israel

Banyak idola K-Pop yang diketahui sengaja atau tidak pernah mempromosikan Starbucks.

AP Photo/Bebeto Matthews
A coalition of unions and supporters join Starbucks workers at a rally outside a midtown Manhattan Starbucks coffee store, calling for fair schedules and wages, Thursday, Nov. 16, 2023, in New York.
Rep: Santi Sopia Red: Friska Yolandha

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Perhatian dunia pada masalah kemanusiaan di Jalur Gaza, Palestina, terus meningkat. Hal ini tidak terkecuali boikot terhadap brand perusahaan yang diduga pro Israel.

Baca Juga

Komite Nasional BDS Palestina juga diketahui membagikan daftar merek produk yang akan diboikot dan menempatkannya dalam beberapa kategori. Banyak merek yang disebut-sebut diboikot di media sosial bukan merupakan bagian dari target boikot BDS yang sebenarnya.

Namun itu telah dimasukkan sebagai target organik, seperti McDonald’s dan Starbucks. Solidaritas untuk kemanusiaan di Gaza juga diikuti oleh warga Korea Selatan, di mana penggemar berbondong-bondong memberitahu idola K-Pop mereka terkait produk yang diboikot.

Banyak idola K-Pop yang diketahui secara sengaja maupun tidak, pernah mempromosikan merek-merek yang diboikot tersebut. Namun, beberapa idola telah memberikan umpan balik atas permintaan penggemar.

Berikut beberapa idola yang menghapus postingan mereka berkaitan dengan produk yang sedang diboikot, seperti dilansir dari laman Koreaboo, Kamis (11/1/2024). 

1. Giselle dari aespa

Tahun lalu, Giselle aespa menyertakan foto yang menampilkan McDonald's dalam postingan dump foto di Instagram melalui akun aerichandesu. Pada bulan Januari, sang idola menghapus foto dari postingan tersebut menyusul pemberitahuan dari penggemar. Postingan Giselle berkurang dari 10 menjadi tujuh foto setelah dihapus.

2. Seonghwa dan Hongjoong ATEEZ

Seonghwa dan Hongjoong ATEEZ masing-masing berbagi foto yang menampilkan item dari Starbucks di Instagram dan platform media sosial KQ. Namun setelah banyak komentar dari penggemar, masing-masing idola itu pun menghapus postingannya.

3. Jeon Somi

Jeon Somi mendapat banyak kritik atas video yang dibagikan di TikTok di mana logo Starbucks terlihat jelas. Sang idola kemudian menghapus video tersebut tetapi masih menerima kritik atas postingan tersebut.

Lanjut ke halaman berikutnya....

 

 

 

4. Jake ENHYPEN

Jake ENHYPEN terihat meminum produk Starbucks selama siaran langsung baru-baru ini. Namun, Jake langsung menanggapi komentar penggemar yang meminta agar dia dan grupnya tidak lagi mengonsumsi produk dari merek tersebut.

5. Yoshi TREASURE

Yoshi dari TREASURE mengunggah momen saat dirinya sedang memegang minuman dengan tumblre berlogo Starbucks di platform Weverse. Tidak lama ia kemudian menghapus postingannya itu setelah didesak oleh para penggemar.

6. Cha Eunwoo ASTRO

Cha Eunwoo ASTRO pernah menggunggah foto dirinya yang mengenakan Sketchers dengan tumblre Starbucks di sampingnya. Postingan yang diunggah di akun Instagram @Eunwo.o_c itu kemudian langsung dihapus.

7. Taecyeon 2PM

Taecyeon 2PM mengunggah vlog bersama sesama anggota Jun K, di mana ia terlihat minum dari gelas Starbucks. Setelah Hottest memulai upaya untuk memberi tahu sang idola tentang alasan boikot merek tersebut, vlog tersebut dihapus dari channel-nya.

Sebagian besar penggemar percaya bahwa ini adalah “batas minimum” yang dapat dilakukan seorang idola. Tetapi juga menghargai idola mereka yang tidak anti-kritik dan mau mendengarkan penggemar terkait masalah ini.

 
Berita Terpopuler