Jangan Sepelekan Silaturahim Jika tidak Ingin Rezekimu Seret

Islam telah memberikan pedoman hidup yang lengkap termasuk cara melapangkan rezeki.

Republika/Wihdan Hidayat
Perahu milik nelayan yang terlambat ditarik imbas penyusutan air karena kemarau di Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri, Jawa Tengah, Jumat (15/9/2023).
Rep: Rahmat Fajar Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sudah tidak asing di telinga tentang memperbanyak silaturahim akan membukakan pintu rezeki. Dan ungkapan tersebut rupanya memeng mempunyai dasar yang jelas dalam beberapa riwayat hadis.

Baca Juga

Dari Anas bin Malik r.a ia berkata, aku mendengar Rasulullah Saw bersabda: "Siapa yang ingin diluaskan rezekinya dan meninggalkan nama sebagai orang baik setelah kematiannya, hendaklah dia menyambung silaturahim" (HR. Al-Bukhari, Muslim dan Abu Daud).
 
Dalam buku Dahsyatnya Amalan Pembuka Rezeki karya K.H Arifin Ilham dan Ustaz Muhammar Nurani menjelaskan kata "Sarra" dalam hadis tersebut yang berarti senang. Adapun dari jalur Ibnu Shihab menekankan kata "A habba". Dalam bahasa Arab "A habba" berarti seseoranh yang sedang jatuh cinta.
 
Dari Abu Hurairah, Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Belajarlah dari nasib kalian yang dapat membantu untuk silaturahim karena dapat membawa kecintaan dalam keluarga dan memperbanyak harta, serta dapat memperpanjang umur" (HR. at-Tirmidzi).
 
Namun ada keutamaan yang perlu dilakukan selama menjalankan silaturahim. Menjaga silaturahim kepada kedua orang tua adalah yang pertama. Seseorang perlu memberikan nafkah atau memperhatikan kondisi orang tuanya agar silaturahimnya lebih sempurna.
 
Sebagaimana hadits Rasulullah...

Sebagaimana hadis Rasulullah "Barangsiapa yang berkehendak umurnya dipanjangkan atau rezekinya ditambah, hendaklah berbuat baik kepada kedua orang tuanya dan menyambung silaturahim". (HR. Ahmad).
 
Setelah berbuat baik kepada kedua orang tua maka dilanjutkan kepada kerabat dekat seperti saudara, sepupu dan sebagainya. Setelah itu baru menjalin silaturahim yang baik kepada tetangga.
 
Oleh karena silaturahim adalah solusi lain bagi umat Islam agar rezekinya dilancarkan selain dzikir, shalawat, shalat dan amalan lainnya. Ini juga menunjukkan Islam telah memberikan pedoman hidup yang lengkap termasuk cara melapangkan rezeki.
 
Infografis Merasa Sulit Mencari Rezeki? Amalkan Dzikir Ini - (Republika.co.id)

 

 
Berita Terpopuler