Malam Tahun Baru, Gempa Magnitudo 4,1 Guncang Sumedang Terasa hingga Bandung

Gempa dirasakan juga di Cileunyi, Cicalengka dan Garut.

Reuters
Ilustrasi Gempa. Gempa bumi magnitudo 4,1. Lokasi 1 kilometer timur laut Kabupaten Sumedang kedalaman 7 kilometer
Rep: Muhammad Fauzi Ridwan Red: Arie Lukihardianti

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,1 mengguncang wilayah Kabupaten Sumedang, Ahad (31/12/2023) sekitar pukul 14.35 WIB. Titik gempa bumi berada di timur laut Kabupaten Sumedang dengan kedalaman 7 kilometer.

Baca Juga

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung melansir gempa bumi dirasakan di wilayah Sumedang dan sekitarnya. Di antaranya, di wilayah Cileunyi hingga Cicalengka dan Garut.

"Gempa bumi magnitudo 4,1. Lokasi 1 kilometer timur laut Kabupaten Sumedang kedalaman 7 kilometer," ujar Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu, Ahad (31/12/2023).

Teguh mengatakan, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif daerah setempat. Dampak gempa bumi dirasakan di wilayah Sumedang.

"Pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela dan pintu berderik dan dinding berbunyi," kata dia.

Getaran gempa terasa sampai ke Subang dan...

Gempa Sumedang Terasa Sampai Subang

Menurut Teguh, di Cileunyi, Rancaekek, Lembang, Cicalengka, Jatinangor, dan Subang getaran dirasakan oleh beberapa orang. Serta benda-benda ringan yang digantung bergoyang dan getaran dirasakan di dalam rumah.

"Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu, di Garut, Cianjur dan Kota Bandung dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang," katanya.

Hingga saat ini, kata Teguh, belum terdapat laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut. Hingga pukul 14.53 Wib, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

"Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," katanya.

Salah seorang warga Kota Bandung Ipan mengaku merasakan getaran gempa bumi yang diketahui terjadi di Sumedang. "Gempa bumi," kata dia.

 
Berita Terpopuler