Resep Simpel Kakiage, Bakwan Jepang yang Renyah

Bagaimana cara memastikan kakiage sudah matang?

Republika/Nora Azizah
Spicy chicken udon dan kakiage alias tempura sayuran khas Jepang.
Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kakiage termasuk salah satu hidangan Jepang yang populer di Indonesia. Aneka potongan sayuran yang dicampur dalam adonan tepung lalu digoreng hingga renyah ini mirip dengan bakwan.

Chef asal Jepang Hideki Fujiwara mengatakan kakiage bisa dibuat menggunakan bahan-bahan seperti bawang bombai yang sudah diris-iris, jamur, buncis, dan udang. Semua bahan itu kemudian dicampur dengan sedikit tepung.

Selanjutnya, siapkan adonan tepung yang sudah dicairkan dalam sebuah wadah. Tekstur adonan ini cenderung cair ketimbang adonan tepung untuk gorengan pada umumnya.

"Tempura itu lebih cair adonan tepungnya. Tipis nanti kulitnya dan renyah," ujar Hideki.

Untuk membuat adonan cair tersebut, Hideki menganjurkan untuk menambahkan telur dan air. Tak perlu penyedap rasa.

Selanjutnya, campurkan adonan tepung cair dengan sayuran yang sudah disiapkan sebelumnya. Aduk hingga rata.

Baca Juga

Setelah rata, masukkan adonan ke dalam wajan berisi minyak yang sudah panas. Goreng hingga gelembung minyak tampak kecil.
 
"Saat adonan kakiage dimasukkan, gelembung minyaknya besar. Kalau gelembungnya sudah kecil berarti dalamnya sudah matang. Kalau besar gelembungnya masih mentah," kata dia di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Hideki mengatakan tradisi kuliner Jepang menghargai bahan makanan berkualitas tinggi. Orang Jepang masih tetap ingin mencicipi rasa asli bahan masakan meski telah melalui berbagai olahan masakan seperti deep frying, stir frying, maupun salad dressing.

Ada banyak ragam kategori minyak goreng premium, namun belum tentu bisa dipakai untuk deep frying seperti untuk menggoreng kakiage. Hideki memakai minyak bekatul murni sebagai pilihan utama.

"Minyak bekatul murni memiliki ikatan yang mendalam dengan sejarah memasak masyarakat Jepang, ini karena minyak bekatul yang tidak mengubah karakteristik bahan makanan ketika diolah," kata dia.

 
Berita Terpopuler