Kematian 4 Anak di Jagakarsa, Ketua RT Cium Kejanggalan Rumah Tangga PD dan Istri

Keluarga PD tidak pernah melaporkan data-data rumah tangganya ke RT

Republika/Alkhaledi Kurnialam
Ketua RT 04/03 Kelurahan Jagakarsa, Yakub saat diwawancara di tempat kejadian perkara (TKP) penemuan empat anak yang tewas karena diduga dikuci di dalam kamar oleh ayahnya sendiri di Jagakarsa, Jakarta Selatan, Rabu (6/12/2023).
Rep: Febrian Fachri Red: Teguh Firmansyah

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Ketua RT 4 RW 3 Kelurahan Jagakarsa, Yakub, mengatakan PD (41) terduga pelaku pembunuhan 4 orang anak diketahui menikah dengan istrinya tidak secara resmi alias di bawah tangan. Yakub mengetahui hal itu dari keluarga PD. Hal itu yang diduga Yakub setelah 1,5 tahun mengontrak di RT nya tidak pernah menyerahkan data. Seperti KTP, KK dan buku nikah.

Baca Juga

“Sejak mereka masuk (mengontrak) tidak pernah serahkan data ke RT. Kata keluarganya sih mereka nikah di bawah tangan jadi tidak punya buku nikah,” kata Yakub di kediamannya, Kamis (7/12/2023).
 
Yakub menyayangkan keluarga PD tidak melaporkan data-data ke RT sehingga penguru tidak mengetahui kondisi keluarga PD. 
 
Sehingga misalkan ada keluarga menghadapi kendala ekonomi, pihak RT dapat memberikan bantuan. Misalkan bantuan kebutuhan sembako, kebutuhan balita dan anak-anak.  “Kalau masalahnya ekonomi, kita di RT ada program yang dapat membantu. Nah kita mana tahu orang dia nggak mau ngasih data,” ujar Yakub.
 
Harusnya sebagai warga yang baru masuk atau mengontrak di sebuah lingkungan menurut Yakub harus melapor ke RT. Supaya RT tahu keluarga tersebut punya anak berapa, serta kondisi ekonominya.
 

Sebagai RT, Yakub sudah merasa kesal. Selain tidak memberikan data, PD juga tidak bergaul dengan tetangga. Lalu PD juga tidak menunaikan kewajibannya membayar uang kontrakan selama 4 bulan.
 
“Saya bilang ke yang punya rumah, usir aja dari sini. Itu sudah tidak cocok lagi sama kita,” kata Yakub menambahkan.
 
Kejadian dugaan pembunuhan 4 anak V (6 tahun),S (4 tahun), A (3 tahun) dan A (1 tahun) di RT 04/03, Kelurahan Jagakarsa, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan, terbongkar Rabu (6/12/2023). Mereka diduga dibunuh oleh ayah kandungnya sendiri berinisial PD (41 tahun). Ke empat anak tersebut terbaring rapi tidak bernyawa di dalam kamar. Sementara PD didapati terbaring di kamar mandi tapi masih bernyawa.
 

 
Berita Terpopuler