Suga BTS Jadi Solois Korea Pertama yang Bertengger di Top Tours Year-End Chart Billboard

Billboard meluncurkan Boxscore Top Tours Year-End Chart pada 30 November.

BigHit
Suga BTS. Suga menjadi solois asal Asia dengan pendapatan kotor tertinggi, menurut Billboard.
Rep: Meiliza Laveda Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada 30 November, Billboard meluncurkan Boxscore Top Tours Year-End Chart. Dalam pencapaian bersejarah, Suga BTS berada di peringkat ke-37.

Penempatan tersebut menandai Suga sebagai artis solo Korea pertama dalam sejarah yang ditampilkan di Billboard's Boxscore Top Tours Year-End Chart. Dia adalah solois asal Asia dengan pendapatan kotor tertinggi, dan satu-satunya solois Korea dalam daftar.

Baca Juga

Pendapatan kotor: 57,1 juta dolar AS

Jumlah Kehadiran: 318K

Jumlah Pertunjukan: 26

Suga bergabung dengan BTS dan Blackpink sebagai artis K-Pop dengan charting tertinggi sepanjang masa di Billboard's Boxscore Top Tours Year-End Chart. Berikut daftar artis K-pop lainnya, seperti dilansir Allkpop, Sabtu (2/12/2023):

1.BTS (2019)

Posisi: #3

Pendapatan kotor: 196,4 juta dolar AS

2.Blackpink (2023)

Posisi: #10

Pendapatan kotor: 148,3 juta dolar AS

3.BTS (2022)

Posisi: #27

Pendapatan kotor: 75,4 juta dolar AS

4.#SUGA (2023)

Posisi: #37

Pendapatan kotor: 57,1 juta dolar AS

Sebelumnya, anggota grup K-pop BTS, Suga, resmi menjalani wajib militer Korea Selatan sejak 22 September 2023. Sudah berbulan-bulan berlalu tanpa konten apa pun darinya, tetapi kini Suga memberi kejutan manis bagi Army (sebutan untuk penggemar BTS).

Samsung merilis pesan spesial dari Suga untuk Army, yang sekaligus menandai akhir promosi "The Freestyle" bersama sang musisi. Diunggah di akun Youtube @SamsungTV, dalam video itu Suga berterima kasih kepada penggemar.

Dia senang banyak orang memberinya banyak cinta, baik sebagai Suga, Min Yoongi, maupun Agust D. Suga mengatakan satu bab dalam hidupnya resmi ditutup dan dia memulai bab berikutnya dengan lebih banyak kebebasan.

Sesuai dengan tema promosi "The Freestyle" bersama Samsung, Suga mendefinisikan kata "bebas" dalam versinya. Dia ingin menjalani hidup dengan caranya sendiri dan melakukan hal-hal sesuai apa yang dia yakini.

 
Berita Terpopuler