Naskah Khutbah Jumat: Buruknya Kelakuan Kaum Yahudi Bani Israil

Kaum Yahudi Bani Israil adalah salah satu kaum yang mendapatkan laknat dari Allah.

EPA-EFE/ATEF SAFADI
Warga berjalan di gang dekat rumah keluarga Sub-Laban di kawasan Muslim Kota Tua Yerusalem, Senin (12/6/2023). Nora dan Mustafa Sub-Laban menghadapi risiko penggusuran dari rumah mereka di Kota Tua Yerusalem setelah puluhan tahun perselisihan hukum atas properti tersebut yang dimulai pada tahun 1978. Pada tahun 2023, Mahkamah Agung Israel memutuskan mendukung sekelompok pemukim Yahudi dan memerintahkan penggusuran pasangan lansia Palestina harus dilakukan.
Rep: Andrian Saputra Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID,

إنَّ الـحَمْدَ لِلّهِ نَـحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلَا مُضِلَّ لَهُ، وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَا هَادِيَ لَهُ

وَأَشْهَدُ أَن لاَّ إِلَهَ إِلاَّ الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُـحَمَّداً عَبْدُهُ وَرَسُولُه

 فَيَا عِبَادَ الله اُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِى بِتَقْوَاللهِ فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقٌوْنَ، فَقَالَ الله تعالى فى كتابه الكريم، يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا

 وقال تعالى، يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ

Jamaah Jumat yang dirahmati Allah SWT

Marilah senantiasa kita bersyukur kepada Allah SWT Rabb semesta alam, atas segala limpahan rahmat dan karunia yang dengannya kita bisa berkumpul di hari yang penuh berkah ini, dalam majelis khutbah Jumat yang penuh hikmah.

Sholawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan kepada junjungan kita, Nabi Muhammad SAW yang telah membawa rahmat bagi seluruh alam.

Tak lupa khatib berwasiat kepada diri khatib pribadi, dan kepada jamaah sekalian, untuk senantiasa meningkatkan takwa dan iman kepada Allah SWT. Sebab iman dan takwa adalah sebaik-baik bekal manusia untuk menghadap Rabb Yang Maha Kuasa.

Jamaah sidang Jumat yang dirahmati Allah jalla jalaluh

Hari demi hari, waktu demi waktu, kondisi saudara kita kaum Muslimin di Palestina kian memprihatinkan. Kekejaman dan kekejian tiada henti terus ditampakkan oleh para penjajah Tanah Suci, Baitul Maqdis.

Baca Juga

Kabar terbaru, pimpinan kaum terlaknat itu mengatakan bahwa penyerangan dan pembunuhan tidak akan pernah dihentikan oleh tentara Zionis hingga rakyat Palestina pergi dari tanah tempat tinggal mereka dan penjajahan sempurna dilakukan. Maka, demikianlah sifat para pembunuh dan penjajah ini yang tak beda jauh dari para pendahulu mereka.

Pada kesempatan yang mulia ini, Khatib akan mengingatkan kembali tentang sifat dan kelakuan buruk kaum Yahudi Bani Israil yang telah Allah SWT gambarkan dengan jelas di dalam Alquran. Dengan memahaminya, maka semoga kita semua bisa mengambil pelajaran serta mampu menjauhi perbuatan zalim dan kekejian yang serupa.

Allah telah mengingatkan kepada kita untuk senantiasa mengambil pelajaran dari setiap kisah yang tersebut dalam Alquran. Allah berfirman:

فَا قْصُصِ الْقَصَصَ لَعَلَّهُمْ يَتَفَكَّرُوْنَ

“Maka ceritakanlah kisah-kisah itu agar mereka berpikir.” (Alquran surat Al-A’raf ayat 176)

Kaum Yahudi...

Kaum Yahudi Bani Israil adalah salah satu kaum yang mendapatkan laknat dari Allah. Lantas, kenapa mereka mendapat laknat tersebut? Jawaban pertanyaan tersebut ada di dalam Alquran. Kita akan menemukan bahwa mereka telah melanggar banyak aturan dan melakukan tindakan yang zalim.

Mereka cenderung menyembunyikan kebenaran, sering kali berbuat kerusakan, dan banyak terlibat dalam konflik dan perang. Lebih jauh lagi, Alquran menyatakan bahwa mereka adalah kaum yang tidak segan-segan membunuh para Nabi dan Rasul.

Allah SWT menjelaskan di dalam Alquran bahwa kaum Bani Israil telah dilaknat oleh lisan Nabi Daud dan Nabi Isa alaihissalam karena mereka selalu melampaui batas dan durhaka. Allah berfirman:

لُعِنَ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْ بَنِي إِسْرَائِيلَ عَلَىٰ لِسَانِ دَاوُودَ وَعِيسَى ابْنِ مَرْيَمَ ۚ ذَٰلِكَ بِمَا عَصَوْا وَكَانُوا يَعْتَدُونَ

“Telah dilaknati orang-orang kafir dari Bani Israil dengan lisan Daud dan Isa putera Maryam. Yang demikian itu, disebabkan mereka durhaka dan selalu melampaui batas.” (Alquran surat Al Maidah ayat 78)

Di dalam ayat lain, dijelaskan pula bahwa kaum Yahudi adalah kaum yang senantiasa terlibat dalam pengingkaran dan pembunuhan para Nabi. Allah berfirman:

أَفَكُلَّمَا جَاءَكُمْ رَسُولٌ بِمَا لَا تَهْوَى أَنْفُسُكُمُ اسْتَكْبَرْتُمْ فَفَرِيقًا كَذَّبْتُمْ وَفَرِيقًا تَقْتُلُونَ

“Apakah setiap datang kepadamu seorang rasul membawa sesuatu yang tidak sesuai dengan keinginan kalian, lalu kalian bersikap sombong; kemudian beberapa orang (diantara Nabi itu) kalian dustakan dan beberapa Nabi kalian bunuh?” (Alquran surat Al-Baqarah ayat 87)

Bahkan tidak hanya sekali Allah berfirman...

Bahkan tidak hanya sekali Allah berfirman mengabarkan kepada kita tentang kelakuan orang-orang Yahudi yang telah membunuh beberapa nabi dan orang-orang shaleh. Dalam ayat lain Allah berfirman:

إِنَّ الَّذِينَ يَكْفُرُونَ بِآيَاتِ اللَّهِ وَيَقْتُلُونَ النَّبِيِّينَ بِغَيْرِ حَقٍّ وَيَقْتُلُونَ الَّذِينَ يَأْمُرُونَ بِالْقِسْطِ مِنَ النَّاسِ فَبَشِّرْهُمْ بِعَذَابٍ أَلِيمٍ

“Sesungguhnya orang-orang yang mengingkari ayat-ayat Allah dan membunuh para nabi tanpa hak (alasan yang benar) dan membunuh orang-orang yang menyuruh manusia berbuat adil, sampaikanlah kepada mereka kabar gembira yaitu azab yang pedih.” (Alquran surat Ali Imran: 21)

Imam Jalaluddin As-Suyuthi dalam kitabnya, Ad-Durr al-Mantsur fi Tafsir al-Ma’tsur (1/178) menyebutkan bahwa Bani Israil dalam satu hari mereka membunuh 300 Nabi, kemudian mereka beraktivitas di pasar pada sore harinya seolah-olah tidak terjadi apa-apa.

Dengan keterangan tersebut, maka bertambah jelaslah keburukan orang Yahudi terdahulu. Sulit bagi mereka mencari alasan untuk membersihkan diri dan menyatakan sebagai kaum beriman.

Kejahatan mereka telah terbukti dalam sejarah dan bahkan masih berlanjut hingga kini. Itulah yang menyebabkan mereka mendapat celaan dan kutukan.

Jamaah sidang Jumat yang dirahmati Allah

Ibnul Qayyim menyebutkan, “Sementara generasi yang datang setelah Musa, mereka adalah pembunuh para nabi. Mereka membunuh Nabi Zakaria dan putranya, Nabi Yahya, serta banyak nabi-nabi lainnya. Hingga dalam waktu sehari mereka membunuh 70 nabi, lalu mereka pergi ke pasar di sore hari, seolah-olah mereka tidak berbuat kesalahan apapun.” (Hidayah al-Hayara, halaman 19)

Sebagian ahli tafsir...

Sebagian ahli tafsir seperti Al-Baidhawi menyebutkan beberapa nama nabi yang dibunuh oleh Bani Israil, “Mereka membunuh Isya’ya, Zakaria, Yahya, dan nabi-nabi lainnya yang mereka tahu itu tidak dibenarkan. Karena mereka tidak memiliki keyakinan bolehnya membunuh para nabi. Namun mereka lakukan itu karena mengikuti hawa nafsu dan cinta dunia.” (Tafsir al-Baidhawi, halaman 331)

Ibn Abi Shaybah meriwayatkan dalam al-Musannaf dari Urwah bin Zubair, dari Hisyam bin Urwah, dari ayahnya, dia berkata, “Yahya bin Zakariya tidak dibunuh kecuali karena seorang wanita yang sewenang-wenang. Dia berkata kepada temannya, ‘Aku tidak akan puas darimu sampai kamu membawakan kepalanya kepadaku.’ Dia kemudian membunuhnya dan membawa kepalanya di dalam kantong.”

Allah juga menyebutkan bahwa mereka mencoba untuk membunuh Nabi Isa alaihissalam, namun tidak berhasil. Allah berfirman

وَقَوْلِهِمْ إِنَّا قَتَلْنَا الْمَسِيحَ عِيسَى ابْنَ مَرْيَمَ رَسُولَ اللَّهِ وَمَا قَتَلُوهُ وَمَا صَلَبُوهُ وَلَٰكِنْ شُبِّهَ لَهُمْ ۚ وَإِنَّ الَّذِينَ اخْتَلَفُوا فِيهِ لَفِي شَكٍّ مِنْهُ ۚ مَا لَهُمْ بِهِ مِنْ عِلْمٍ إِلَّا اتِّبَاعَ الظَّنِّ ۚ وَمَا قَتَلُوهُ يَقِينًا

“Dan karena ucapan mereka, ‘Sesungguhnya kami telah membunuh Al-Masih, Isa putra Maryam, Rasul Allah,- padahal mereka tidak membunuhnya dan tidak menyalibnya, tetapi yang mereka bunuh adalah orang yang diserupakan dengan Isa.

Sesungguhnya orang-orang yang berselisih paham tentang (pembunuhan) Isa, benar-benar dalam keragu-raguan tentang yang dibunuh itu. Mereka tidak mempunyai keyakinan tentang siapa yang dibunuh itu, kecuali mengikuti persangkaan belaka, mereka tidak (pula) yakin bahwa yang mereka bunuh itu adalah Isa.” (Alquran surat An-Nisa ayat 157)

Jamaah sidang Jumat yang dirahmati Allah

Demikian pula dengan Nabi Muhammad SAW. Beliau tak luput dari kelakuan zalim orang-orang Yahudi. Mereka berusaha untuk membunuh beliau, namun gagal. Ketika beliau sedang tidur, ada seorang Yahudi yang hendak menjatuhkan batu besar ke tubuh beliau yang dilemparkan dari atas rumah.

Suatu hari, Nabi SAW bersama beberapa sahabatnya pergi ke perkampungan Bani Nadhir untuk meminta diyat terkait terbunuhnya dua orang dari Bani Kilab oleh Amr bin Umayyah ad-Damiri. Ketika Rasulullah SAW mengutarakan maksud kedatangan beliau SAW ke Bani Nadhir, awalnya mereka menyanggupinya. Mereka mengatakan,

“Wahai Abul Qasim, kami akan memenuhinya. Silakan duduk sampai kami bisa memenuhi kebutuhanmu.”

Rasulullah SAW duduk di dekat tembok...

Rasulullah SAW duduk di dekat tembok rumah mereka bersama Abu Bakar radhiyallahu ‘anhu, Umar bin Khaththab radhiyallahu ‘anhu, Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu, dan beberapa sahabat lainnya. Sementara di tempat lain, orang-orang Bani Nadhir berkumpul dan berencana membunuh Rasulullah SAW. Mereka mengatakan, “Siapa di antara kalian yang mau menjatuhkan batu ini ke kepala Muhammad sampai pecah?” Salah satu dari mereka yang bernama Amru ibnu Jihasy mengatakan, “Aku yang akan melakukannya.”

Mendengar rencana ini, Salam bin Misykam berusaha mencegah mereka. “Jangan kalian lakukan! Demi Allah, pasti Allah akan memberitahukan rencana kalian ini kepadanya.” Peringatan Salam bin Misykam tersebut ternyata sama sekali tidak diindahkan. Mereka tetap berencana meneruskan niat jahat yang telah tertanam dalam.

Jamaah sidang Jumat yang dirahmati Allah

Apa yang dikhawatirkan Salam bin Misykam pun benar-benar terjadi. Allah menurunkan wahyu kepada Rasulullah SAW melalui Malaikat Jibril yang memberitahukan rencana tersebut.

Setelah mendapat wahyu itu, Nabi SAW segera beranjak dari tempat duduknya tanpa mengucapkan sepatah kata pun dan pulang ke Madinah, begitu pula para sahabat. Mereka bertanya tentang apa yang menyebabkan beliau SAW tiba-tiba bangkit dari tempat beliau dan pulang.

Rasulullah SAW pun menceritakan niat jahat orang-orang Yahudi yang hendak membunuhnya. Tidak lama kemudian, Rasulullah SAW mengutus Muhammad bin Maslamah untuk menyampaikan keputusan beliau SAW kepada Bani Nadhir.

Muhammad bin Maslamah berkata kepada orang-orang Yahudi Bani Nadhir, “Keluarlah kalian dari Madinah. Aku beri kalian tenggang waktu 10 hari. Jika aku masih menemui kalian setelah 10 hari tersebut, akan aku tebas batang leher kalian!”

Selain kisah tersebut, Rasulullah SAW juga pernah disakiti oleh orang Yahudi. Yaitu saat beliau diundang oleh seorang wanita Yahudi dari Khaibar untuk makan kambing. Ternyata hidangan tersebut sudah dibubuhi racun terlebih dahulu. Namun, beliau memuntahkan makanan tersebut dan tidak jadi menelannya karena tulang kambing panggang itu menyampaikan kepada Nabi SAW bahwa dia telah dibubuhi racun.

Jamaah sidang Jumat yang dirahmati Allah

Demikianlah sifat-sifat buruk kaum Yahudi yang dikabarkan oleh Allah  melalui lisan Rasul-Nya. Hendaknya kita mengambil pelajaran dan menjauhi sikap buruk tersebut. Sebab hari ini, sejarah kembali berulang. Kaum Yahudi kembali menunjukkan sifat-sifat yang telah Allah cela dan kutuk.

Kaum muslimin kembali dizalimi oleh Yahudi Zionis Israel dan semoga Allah menolong kaum muslimin dan memasukkan kita semua ke dalam golongan yang mendapat ampunan serta ridha dari-Nya.

بارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ لِيْ وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ الْمُسْلِمِيْنَ مِنْ كُلِّ ذَنْبٍ فَاسْتَغْفِرُوْهُ إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْم

Khutbah Kedua

الحَمْدُ للهِ وَكَفَى وَأُصَلِّيْ وَأُسَلِّمُ عَلَى مُحَمَّدٍ الْمُصْطَفَى وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَهْلِ الْوَفَاأَشْهَدُ أَنْ لَّا إِلهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ

اَللهُمّ صَلّ وَسَلّمْ عَلى مُحَمّدٍ وَعَلى آلِهِ وِأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدّيْن فَيَا عِبَادَ الله اُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِى بِتَقْوَاللهِ فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقٌوْنَ أَمَّا بَعْدُ


إِنَّ ٱللَّهَ وَمَلَٰٓئِكَتَهُۥ يُصَلُّونَ عَلَى ٱلنَّبِىِّ ۚيَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ صَلُّوا۟ عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا۟ تَسْلِيمًا

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى ألِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى ألِ إِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى ألِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى ألِ إِبْرَاهِيْمَ ِفي اْلعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ، وَالْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ، الأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالأَمْوَاتِ، إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدُّعَاءِ. اللَّهُمَّ اجْعَلْ جَمْعَنَا هَذَا جَمْعاً مَرْحُوْماً، وَاجْعَلْ تَفَرُّقَنَا مِنْ بَعْدِهِ تَفَرُّقاً مَعْصُوْماً، وَلا تَدَعْ فِيْنَا وَلا مَعَنَا شَقِيًّا وَلا مَحْرُوْماً

اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ الْهُدَى وَالتُّقَى وَالعَفَافَ وَالغِنَى.اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ أَنْ تَرْزُقَ كُلاًّ مِنَّا لِسَاناً صَادِقاً ذَاكِراً، وَقَلْباً خَاشِعاً مُنِيْباً، وَعَمَلاً صَالِحاً زَاكِياً، وَعِلْماً نَافِعاً رَافِعاً، وَإِيْمَاناً رَاسِخاً ثَابِتاً، وَيَقِيْناً صَادِقاً خَالِصاً، وَرِزْقاً حَلاَلاً طَيِّباً وَاسِعاً، يَا ذَا الْجَلاَلِ وَالإِكْرَامِ

اللَّهُمَّ أَعِزَّ الإِسْلاَمَ وَالْمُسْلِمِيْنَ، اَللَّهُمَّ الْعَنْ كَفَرَةَ أَهْلَ الْكِتَابِ الَّذِيْنَ يَصُدُّونَ عَنْ سَبِيْلِكَ وَيُكَذِّبُونَ رُسُلَكَ وَيُقَاتِلُونَ أَوْلِيَائَكَ

اَللَّهُمَّ انْصُرِ الْمُجَاهِدِيْنَ فِيْ فِلِسْطِيْنَ، اللَّهُمَّ انْصُرْهُمْ عَلَى أَعْدَاءِهِمْ وَمَنْ عَاوَنَهُمْ مِنَ الْمُنَافِقِيْنَ، اللَّهُمَّ سَدِّدْ رَمْيَهُمْ وَوَحِّدْ صُفُوْفَهُمْ، وَاجْمَعْ كَلِمَتَهُمْ عَلَى الْحَقِّ، يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ

 رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً ۚ إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

رَبَّنَا أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا، وَارْزُقْنَا اتِّبَاعَهُ. ،وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً، وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ، وَصَلَّى اللهُ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمِّدِِ وَّعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِينَ وَآخِرُ دَعْوَانَا أَنِ الحَمْدُ لِلهِ رَبِّ العَالَمِينَ

Sumber: Khutbah ini ditulis oleh Fachrur Rozy, Staf Pengajar Ma’had Aly An-Nuur, yang juga dipublikasikan di laman resmi Ma’had Aly An-Nuur Sukoharjo pada 9 November 2023.

 
Berita Terpopuler