Satu Keluarga di Cianjur Jalani Pemeriksaan Terkait Dugaan Cacar Monyet

Pria yang menjadi suspect cacar monyet sempat pulang ke Cianjur.

Antara/Sulthony Hasanuddin
Sosialisasi penyakit cacar monyet. Data global menyebutkan 95 persen kasus cacar monyet ditularkan melalui kontak seksual.
Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, melakukan penelusuran dan pemeriksaan terhadap keluarga dari pasien yang diduga (suspect) cacar monyet. Pasien suspect tersebut kini tengah menjalani perawatan di RSUD Bandung Barat.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kabupaten Cianjur, dr Frida Laila Yahya, mengatakan, penelusuran dan pemeriksaan terhadap keluarga suspect cacar monyet itu dilakukan oleh petugas puskesmas. Sebab, pasien suspect sempat pulang ke rumah keluarganya di Kecamatan Haurwangi, Cianjur.

"Untuk kasus cacar monyet belum ditemukan di Cianjur, namun kami menerima informasi dari Dinkes Kabupaten Bandung Barat bahwa mereka sedang merawat seorang pria dengan KTP Cianjur diduga atau suspect cacar monyet, sehingga penelusuran dan pemeriksaan dilakukan," katanya.

Langkah antisipasi dilakukan guna memastikan tidak ada anggota keluarga lain yang terpapar karena yang bersangkutan setiap harinya bolak-balik dari Cianjur ke Bandung Barat. Pihaknya menginstruksikan seluruh tenaga kesehatan di puskesmas melakukan langkah pencegahan dan penanganan cepat ketika menemukan pasien dengan gejala penyakit tersebut.

"Kita tingkatkan kewaspadaan dan pencegahan penyebaran, termasuk ketika mendapati pasien yang terindikasi langsung dilakukan penanganan cepat agar tidak terjadi penyebaran," katanya.

Baca Juga

Direktur Utama RSUD Sayang Cianjur dr Irvan Nur Fauzi mengatakan terkait merebaknya kasus cacar monyet di sejumlah wilayah di Jawa Barat, termasuk di Cianjur, pihaknya sudah menyiapkan empat ruangan isolasi. Tenaga kesehatan juga disiagakan memberikan penanganan cepat.

"Meski di Cianjur belum ditemukan kasusnya, kami sudah menyiapkan ruangan isolasi sebagai upaya penanganan cepat, termasuk tenaga kesehatan yang dapat langsung memberikan pelayanan," katanya.

Asal usul cacar monyet. - (Republika)

Irvan meminta masyarakat untuk tidak panik dan segera membawa anggota keluarga yang diduga terpapar Mpox ke rumah sakit ketika timbul gejala. Penderita cacar monyet dapat mengalami gangguan pernapasan seperti batuk, pilek muncul bintik atau bercak merah, atau muncul bercak bernanah pada permukaan kulit.

"Cacar monyet dapat menular melalui kontak erat, seperti cacar biasa atau melalui udara, jangan panik segera bawa ke pusat layanan kesehatan terdekat atau ke rumah sakit. Bagi anggota keluarga dapat melakukan isolasi mandiri sesuai petunjuk tenaga kesehatan," katanya.

 
Berita Terpopuler