Prabowo Paparkan Solusi Atasi Kemiskinan Nelayan di Silatnas ICMI

Prabowo sempat mengenang kedekatannya dengan pendiri ICMI, yakni Presiden BJ Habibie.

Antara
Menhan Prabowo Subianto hadir di acara Silatnas (Silatnas) Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) 2023 di Kota Makassar, Sulawesi Selatan Sabtu (4/11/2023).
Rep: Febryan A Red: Erik Purnama Putra

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Capres dari Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto, membeberkan solusi yang bisa ditempuh untuk mengentaskan kemiskinan di kalangan nelayan. Gagasan itu disampaikan Prabowo ketika berpidato dalam acara Silaturahmi Kerja Nasional (Silatnas) Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) 2023 di Kota Makassar, Sabtu (4/11/2023).

Prabowo menjelaskan, masalah kemiskinan nelayan pada dasarnya bersifat sistemik. Kemiskinan terjadi karena penggunaan pendekatan neoliberal dalam pengelolaan hasil laut. Akibatnya, hanya pihak swasta yang mendulang keuntungan.

Ketua Umum DPP Partai Gerindra itu mengatakan, peran swasta memang tidak bisa dihilangkan dalam perekonomian Indonesia. Kendati begitu, pemerintah harus punya pendekatan national building, yakni keberpihakan untuk menghilangkan kemiskinan.

"Bukan kita serahkan (pengelolaan hasil laut) kepada pasar. Paham neoliberal mengatakan bahwa, biarlah mekanisme pasar yang berjalan pemerintah tidak boleh intervensi terlalu banyak, pemerintah hanya sebagai wasit. Ini pendekatan keliru," kata Prabowo dalam siaran pers di Jakarta, Selasa (7/11/2023).

Karena itu, kata Prabowo, ke depan pendekatan ekonomi neoliberal harus perlahan dihilangkan. Caranya dengan memperbesar keberpihakan pemerintah kepada rakyat miskin.

"Jadi ini masalahnya dari sini kita perlu pemerintah yang berpihak, kita hilangkan kemiskinan kalau perlu kita bagi kapal, bagi mesin, bagi jaring, kita bina mereka. Kita organisir kelompok-kelompok nelayan, kita bina kasih pelatih kita kendalikan," ujar Prabowo menawarkan solusi konkret.

Menteri Pertahanan itu mengatakan, pelatihan kepada nelayan bisa diberikan oleh SDM unggul Indonesia. Salah duanya adalah akademisi dan mahasiswa. "Kita ambil anak-anak muda dari fakultas-fakultas untuk jadi manajer para nelayan. Kita harus aktif mengendalikan dan memimpin kebangkitan ekonomi dari bawah," kata Prabowo.

Dalam kesempatan itu, Prabowo juga sempat mengenang kedekatannya dengan pendiri ICMI, yakni almarhum Presiden BJ Habibie. Dia mengaku kagum dengan Habibie karena merupakan putra Indonesia pertama yang berhasil membuat pesawat terbang, yakni pesawat CN-235 Tetuko.

"Dan sejarah membuktikan pada saat itu Pak Habibie berhasil membuktikan bahwa bangsa Indonesia bisa bikin pesawat terbang, bangsa Indonesia bisa membuat hasil-hasil engineering yang rumit dan canggih, dan itu sebetulnya wujud dari perjuangan negara ingin merdeka," kenang Prabowo.

Erick Thohir urus negara...

Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia tidak masuk dalam struktur Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran. Menurut Ketua Umum TKN, Rosan Roeslani, kedua tokoh tersebut tidak bergabung karena masih aktif sebagai menteri.

"Karena mereka adalah menteri aktif. Apalagi Erick (punya) dua jabatan, yakni Menko Marves ad interim dan Menteri BUMN," kata Rosan usai acara deklarasi TKN Prabowo-Gibran di Hotel Grand Kemang, Jakarta Selatan, Senin (6/11/2023).

Sebagai catatan, seorang menteri sebenarnya bisa saja ikut kampanye asalkan cuti. Rosan mengatakan, apabila Erick dan Bahlil cuti, tidak ada yang akan membantu Presiden Jokowi mengurus pemerintahan.

"Kalau semuanya ikut kampanye, nanti yang ngurus negara ini siapa, Mas? Ya kan?" kata mantan wakil menteri BUMN itu.

Rosan mengatakan, pihaknya tidak ingin semua menteri kabinet Jokowi mengurus kampanye. Kendati begitu, ia menegaskan, Erick dan Bahlil mendukung Prabowo-Gibran dan memberikan masukan kepada TKN. "Mereka (Erick dan Bahlil) mendukung kami ya dan memberikan masukan," ujar mantan dubes RI untuk AS tersebut.

Dalam acara deklarasi itu, Sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Nusron Wahid membacakan seratus lebih nama yang tergabung dalam tim tersebut. Beberapa di antaranya adalah menteri dan wakil menteri kabinet Jokowi.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, misalnya, menjadi Ketua Dewan Pengarah TKN Prabowo-Gibran. Sementara itu, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menjadi anggota Dewan Pengarah.

Kemudian, Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang Raja Juli Antoni serta Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor menjadi Wakil Ketua TKN. Adapun Prabowo juga masih menjabat sebagai Menteri Pertahanan.

 
Berita Terpopuler