Ini Urutan Menonton Film The Conjuring Universe Berdasarkan Timeline

Berbagai film dalam The Conjuring Universe ini saling berkaitan antara satu sama lain

dok. Warner Bros
Cuplikan film horor, The Nun II yang tayang mulai 6 September 2023.
Rep: Adysha Citra Ramadani Red: Friska Yolandha

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film-film dari The Conjuring Universe selalu berhasil menarik perhatian para penggemar film horor dengan beragam adegan mencekamnya. Tak hanya itu, tiap film dalam The Conjuring Universe juga memiliki benang merah yang menarik untuk ditelusuri berdasarkan latar waktunya.

Baca Juga

Perjalanan The Conjuring Universe bermula saat film The Conjuring (2013). Film ini sukses membuat bulu kuduk para penonton berdiri selama mengikuti perjalanan pasangan suami istri, Ed dan Lorraine Warren, dalam melawan iblis jahat.

Kesuksesan The Conjuring (2013) lalu disusul dengan sebuah film spin off yang menonjolkan karakter boneka berhantu, Annabelle. The Conjuring Universe lalu menghadirkan beragam film lain yang tak kalah mengerikan, mulai dari The Conjuring 2 hingga The Nun.

Berbagai film dalam The Conjuring Universe ini saling berkaitan antara satu sama lain. Namun di saat yang sama, urutan perilisan dari masing-masing film tidak sejalan dengan latar waktu yang digunakan dalam film-film tersebut.

Meski para penonton sudah menyaksikan semua film The Conjuring Universe, menonton ulang film-film ini berdasarkan urutan latar waktunya dapat memberikan pengalaman menonton yang berbeda. Bila tertarik untuk melakukannya, berikut ini adalah urutan menonton film-film dalam The Conjuring Universe berdasarkan latar waktunya, seperti dilansir Yahoo Entertainment pada Senin (30/1/2023).

1. The Nun (2018)

Mengambil latar waktu 1952, film spin off dari The Conjuring ini menampilkan sosok iblis Valak sebagai fokus utamanya. Film ini diawali dengan sebuah tragedi bunuh diri yang dilakukan oleh seorang biarawati muda di biara terpencil Rumania. Tragedi ini membuat seorang pendeta dan calon biarawati dikirim ke biara terpencil tersebut untuk melakukan penyelidikan. Siapa sangka, penyelidikan tersebut justru memaksa keduanya untuk berhadapan dengan rahasia besar yang tak terduga.

 

 

2. Annabelle: Creation (2017)

Film yang mengambil latar waktu di 1955 ini berfokus pada awal mula munculnya boneka berhantu, Annabelle. Film ini berkisah tentang pasangan suami istri yang berduka karena kehilangan anak perempuan mereka. Beberapa tahun setelahnya, mereka menerima seorang biarawati dan enam anak perempuan yatim piatu untuk tinggal di rumah mereka. Peristiwa menyeramkan mulai terjadi, sesaat setelah salah satu dari keenam anak tersebut memasuki sebuah ruangan terlarang dan menemukan boneka Annabelle.

3. The Nun 2 (2023)

Film terbaru dari The Conjuring Universe ini mengambil latar waktu 1956. Film sekuel dari The Nun ini masih menyoroti petualangan Sister Irene dalam melawan Valak. Kali ini, Sister Irene dipertemukan kembali dengan Valak melalui sebuah takdir yang tak terduga.

4. Annabelle (2014)

Spin off pertama dari The Conjuring Universe ini berlangsung di era 1967. Film ini berkisah tentang pasangan suami istri yang sedang menantikan kehadiran buah hati mereka. Sang suami membeli sebuah boneka vintage bergaun putih sebagai hadiah untuk sang istri yang akan melahirkan dalam waktu dekat. Akan tetapi, kebahagiaan pasangan tersebut hancur saat sekelompok pemuja setan memaksa masuk ke rumah mereka dan melakukan serangan kejam. Saat para pemuja setan itu berusaha untuk memanggil iblis, mereka menebarkan darah ke dinding ruangan dan darah tersebut mengenai boneka yang baru saja dibeli oleh sang suami. Kontak dengan darah tersebut mengubah boneka yang semula tampak cantik menjadi boneka terkutuk.

5. The Conjuring (2013)

Dengan mengambil latar waktu 1971, film ini berkisah mengenai kasus paranormal yang pernah dihadapi oleh pasangan suami istri, Ed dan Lorraine Warren. Kasus ini menimpa sebuah keluarga yang tampak tak pernah henti diikuti oleh arwah-arwah jahat yang mengganggu ketentraman.

6. Annabelle Comes Home (2019)

Film dengan latar waktu 1972 ini merupakan kelanjutan kisah setelah pasangan demonologist, Ed dan Lorraine, mengembalikan Annabelle ke tempat yang aman. Siapa sangka, Annabelle justru membangkitkan roh-roh jahat lain yang ada di ruang penyimpanan. Mereka lalu menjadikan anak Ed dan Lorraine, Judy, beserta temannya sebagai target baru.

7. The Conjuring 2 (2016)

Film yang berlatar waktu 1977 ini menampilkan salah satu kasus paling menakutkan yang pernah dihadapi oleh Ed dan Lorraine. Dalam film ini, Ed dan Lorraine bertemu dengan seorang ibu yang mengklaim bahwa rumahnya diganggu oleh iblis jahat. Ed dan Lorraine lalu menyaksikan sendiri anak perempuan sang ibu dirasuki oleh iblis jahat. Namun ketika pasangan suami istri tersebut berusaha melawan, mereka justru menjadi target sang iblis yang berikutnya.

8. The Conjuring: The Devil Made Me Do It (2021)

 

Menggunakan latar waktu 1981, film ini menyoroti kisah Ed dan Lorraine ketika terlibat sebagai saksi persidangan pembunuhan Arne Johnson. Ini merupakan sidang pembunuhan pertama di Amerika Serikat yang mengklaim bahwa pelaku melakukan kejahatan karena dikendalikan oleh iblis. 

 
Berita Terpopuler