Gibran tak Hadir Saat Deklarasi, Ini Kata Prabowo

Sebelumnya pasangan Prabowo selalu hadir saat deklarasi.

Republika/Thoudy Badai
Bakal capres dari Koalisi Indonesia Maju Prabowo Subianto menyapa relawannya usai menyampaikan keterangan pers di kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara, Jakarta, Ahad (22/10/2023). Dalam keterangannya Prabowo bersama partai Koalisi Indonesia Maju resmi mengumumkan putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres pendamping Prabowo dalam Pilpres 2024 dan akan segera mendaftar ke KPU pada Rabu (25/10) mendatang.
Red: Stevy maradona

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Ketum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto baru saja mengumumkan pasangannya untuk maju di Pemilihan Presiden 2024, Ahad (22/10) malam. Prabowo bersama partai Koalisi Indonesia Maju memilih Gibran Rakabuming Raka, sebagai bakal calon wapres. Gibran adalah kader PDI Perjuangan yang kini menjabat sebagai wali kota Solo. Gibran adalah putra sulung Presiden Joko Widodo.

Ini untuk ketiga kalinya Prabowo maju sebagai capres. Atau keempat kalinya Prabowo maju di Pilpres. Prabowo maju sebagai capres sejak Pemilu 2014. Ia menggandeng Hatta Rajasa yang waktu itu Ketum DPP PAN. Lima tahun kemudian ia maju menggandeng Sandiaga Uno, yang ketika itu sempat menjabat sebagai wakil gubernur DKI Jakarta.

Namun, Gibran justru tidak hadir dalam deklarasi pasangan Prabowo kali ini. Padahal dalam dua kali deklarasi sebelumnya, bakal cawapres Prabowo selalu hadir. Pada 2014, Prabowo menggandeng Hatta Rajasa saat deklarasi di Rumah Polonia, Cipinang, Jakarta Timur. Keduanya mengenakan pakaian warna putih disertai peci hitam. Di 2019, Prabowo terlihat sudah berdampingan bersama Sandiaga Uno, keluar dari pagar rumahnya untuk deklarasi.

Namun, pada Ahad malam, Prabowo tampil "sendiri". Ia hanya ditemani oleh para ketum parpol anggota koalisi yang mengenakan batik warna warni. Tidak ada Gibran di samping Prabowo. Ke mana putra sulung Presiden Jokowi itu?

Dalam salah satu undangan yang diterima pers sejak Ahad pagi, disebutkan Gibran bakal diundang ke kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara Nomor 4, Jakarta Selatan, pada Ahad. Sepanjang Jumat-Sabtu Gibran diketahui berada di Jakarta. Ia sempat hadir di Rapimnas Partai Golkar pada Sabtu. Kemudian bertemu dengan Ketum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono. 

Apa kata Prabowo terkait ketidakhadiran Gibran? Prabowo justru tidak menjawab apa pun saat ditanya pers terkait mengapa Gibran tidak hadir. Ia hanya melambaikan tangan dan segera masuk ke dalam rumah. Ia sebelumnya menegaskan soal waktu deklarasi pada Rabu, bersama Gibran ke KPU. 

“Baru saja Koalisi Indonesia Maju yang terdiri dari delapan partai politik. Kita telah berembuk secara final, secara konsensus, seluruhnya sepakat mengusung Prabowo Subianto sebagai capres Koalisi Indonesia Maju untuk 2024-2029 dan saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wapres,” kata Prabowo disambut tepuk tangan meriah, para ketum dan fungsionaris koalisi.

“Saya kira itu pengumuman yang saudara tunggu. Ini sekaligus adalah deklarasi yang kita sampaikan ke masyarakat umum. Tanggal 25 hari Rabu kita akan mendaftar ke KPU.” 

 
Berita Terpopuler