Ini Empat Aplikasi Curhat Daring di Play Store 

Curhat berlebihan di media sosial bisa menimbulkan respons negatif dari orang lain.

Republika/Wihdan Hidayat
Seseorang menulis di laptop (ilustrasi). Ini dia empat aplikasi curhat yang dapat diunduh di Play Store.
Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani  Red: Friska Yolandha

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selain untuk berkomunikasi dengan teman dan kerabat dekat, mempromosikan bisnis, mengunggah keseharian penggunanya, media sosial juga bisa digunakan sebagai tempat seseorang mencurahkan isi hatinya. Berbagi cerita di media sosial juga memiliki kelebihan dan kekurangan. 

Baca Juga

Bagi beberapa orang, curhat di media sosial dinilai dapat memberikan ketenangan atas masalah yang menimpanya. Menurut Kepala Unit Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Dipa (UNDIPA) Makassar Erfan Hasmin, mendapat respons atau masukan dari orang lain bisa membuat seseorang lebih tenang, nyaman, dan terhindar dari stres. 

Namun, terlampau berlebihan dalam curhat juga tidak bagus bagi orang tersebut. Curhat berlebihan di media sosial bisa menimbulkan respons negatif dari orang lain yang bisa berdampak terhadap kondisi mental di penderita. 

Lalu, adakah pilihan aplikasi lain bagi orang-orang yang merasa tidak memiliki tempat untuk curhat? Republika.co.id mencari aplikasi curhat dengan kata kunci “aplikasi curhat online gratis” di Play Store.

Berikut temuan aplikasi curhat daring tersebut. 

1. Riliv 

Aplikasi kesehatan mental ini memiliki rating 4,7 di Play Store. Riliv memiliki fitur untuk menceritakan masalah kita dengan psikolog. 

Menurut laman Riliv, ada beragam pilihan ruang aman sesuai kenyamanan dan kebutuhan penggunanya. Yaitu, Chat, Call, dan Video Call. 

Jika pengguna Riliv memilih pilihan Chat, maka sesi konseling dengan psikolog dilakukan  melalui metode chat. Sedangkan Call berarti pengguna Riliv mengikuti sesi konseling melalui metode call dengan psikolog.

Untuk pilihan Video Call, sesi konseling melalui metode panggilan video dengan psikolog. Seseorang dapat melakukan konseling dengan menggunakan nama samaran.

Di informasi Pertanyaan yang Sering Diajukan disebutkan pihak Riliv (baik admin atau Psikolog) melindungi nama pengguna atau nama samaran akan selalu aman Bersama Riliv.

2. Gabut- Chat dan Curhat

Aplikasi Gabut-Chat dan Curhat memiliki rating 3,5 di Play Store. Dalam keterangan yang ditampilkan Gabut-Chat dan Curhat di Play Store, seseorang bisa berbagi curahan hati secara nyaman dengan post yang unik. 

Tak hanya itu, kita juga bisa memberikan saran ke curhatan orang lain. Kemudian, seseorang juga bisa berbincang-bincang dengan sesama Gabuters.

Nama Gabuters adalah sebutan seseorang yang menggunakan aplikasi ini. Selain itu, seseorang juga dapat membaca atau membagikan cerita di Thread. 

Kemudian, Teman Curhat adalah....

 

 

3. Teman Curhat-Wellness Center 

Teman Curhat adalah aplikasi yang mendapat rating 4,5 di Play Store. Di aplikasi ini, seseorang bisa curhat dengan pilihan teks, panggilan video, dan panggilan. 

Dilansir laman resmi Teman Curhat, Anda akan curhat atau konsultasi kepada agent Teman Curhat. Agent Teman Curhat berasal dari banyak profesi, di antaranya psikolog, pelatih atau coach, hipnoterapis, apoteker, konsultan finansial, konsultan hukum, pemuka agama, dan sebagainya. Anda dapat memilih agent yang sesuai dengan kebutuhan dan permasalahan yang sedang Anda hadapi. 

Teman Curhat  juga dilengkapi dengan fitur anonim. Satu sesi curhat berdurasi 60 menit. Ada bonus waktu tunggu dan persiapan lima menit. 

4. Wysa: Anxiety, therapy chatbot 

Dilansir laman resmi Wysa, kecerdasan buatan (AI) Wysa yang tervalidasi secara klinis memberikan dukungan langsung sebagai langkah pertama perawatan, dan pembinaan manusia bagi mereka yang memerlukan lebih banyak. Aplikasi ini mendapat rating 4,9 di Play Store. 

Wysa telah mengadakan lebih dari setengah miliar percakapan chat AI dengan lebih dari lima juta orang tentang kesehatan mental mereka di 95 negara. 

Kemudian, bagaimana cara kerja Wysa? Langkah pertama, membuka diri terhadap pelatih AI. 

 

Langkah kedua, program terstruktur dan perawatan mandiri sesuai permintaan. Langkah ketiga, bekerja dengan seorang profesional. Langkah keempat, jalur eskalasi yang disesuaikan. 

 
Berita Terpopuler