Cuaca Panas Terik di Bandung Tembus 34 Derajat Celcius

Suhu udara di Kota Bandung sepanjang bulan September tahun 2023 mengalami kenaikan

ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung mengungkapkan suhu udara di Kota Bandung sepanjang bulan September tahun 2023 mengalami kenaikan.
Rep: Muhammad Fauzi Ridwan Red: Esthi Maharani

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung mengungkapkan suhu udara di Kota Bandung sepanjang bulan September tahun 2023 mengalami kenaikan. Tercatat suhu udara berada di angka 31, 32, 33 derajat celcius dan tertinggi 34 derajat celcius.

Prakirawan BMKG Bandung Iid Mujtahidin mengatakan suhu udara di Kota Bandung dan sekitarnya mengalami kenaikan seiring pergerakan semu matahari ke arah selatan. Selain itu, tutupan awan yang sedikit membuat panas matahari langsung menyorot ke bumi.

"Berdasarkan pantauan suhu udara di Cemara di kantor kami dalam satu pekan ke belakang sampai 34 derajat celcius tanggal 26 September, di tanggal lain di 31, 32 dan 33,8 derajat celcius," ucap dia, Jumat (29/9/2023).

Kondisi tersebut masih akan berlangsung hingga bulan Oktober. Terlebih lagi pertumbuhan awan hujan relatif masih sedikit.

Iid mengimbau masyarakat tetap menjaga kesehatan mengingat kondisi cuaca pada siang hari yang lebih terik. Apalagi kondisi saat ini masih dalam fase musim kemarau dan kekeringan.

Ia mengatakan BMKG mengimbau masyarakat dan pemerintah untuk mengantisipasi kondisi kekeringan dan potensi kebakaran hutan dan lahan. Selain itu harus memperhatikan kondisi lingkungan.

"Kondisi kekeringan, kebakaran hutan harus diantisipasi dan memperhatikan kondisi lingkungan," kata dia.

Sejumlah masyarakat di Kota Bandung merasa cuaca selama satu pekan terakhir sangat terik.

 
Berita Terpopuler