Cara Mengaktifkan Mode Monokrom pada Samsung Galaxy

Mode greyscale dapat menurunkan konsumsi daya ponsel.

EPA-EFE/CLEMENS BILAN
Ada kiat mengaktifkan mode greyscale bagi pengguna ponsel cerdas Samsung yang menjalankan OneUI 5/6/ilustrasi.
Rep: Shelbi Asrianti Red: Natalia Endah Hapsari

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mode greyscale atau monokrom merupakan salah satu fitur menarik pada ponsel pintar modern. Fitur ini tidak hanya mengurangi waktu pemakaian perangkat, tetapi juga membantu pengguna yang punya kebutuhan khusus terkait penglihatan, seperti buta warna.

Baca Juga

Pengaturan ke mode monokrom juga membuat ponsel lebih nyaman dilihat. Selain itu, jika diaktifkan pada ponsel yang dilengkapi layar OLED, mode greyscale dapat menurunkan konsumsi daya ponsel dan memperpanjang masa pakai baterai.

Bagaimana cara mengaktifkan mode tersebut di Samsung Galaxy? Berikut panduan singkat untuk beralih ke mode greyscale bagi pengguna ponsel cerdas Samsung yang menjalankan OneUI 5/6, dikutip dari laman Indian Express, Senin (25/9/2023).

Pertama, buka menu "Pengaturan", lalu cari opsi "Mode dan Rutinitas". Setelah itu, aktifkan mode tidur pada Samsung Galaxy, dan mode tampilan monokrom atau greyscale sudah aktif. Di pengaturan default, mode monokrom hanya bisa dinonaktifkan secara manual. 

Samsung menawarkan opsi bagi pengguna untuk mengatur rutinitas, yakni dengan mengaktifkan dan menonaktifkan mode monokrom secara otomatis pada waktu tertentu. Untuk mengaktifkan mode greyscale dengan cepat, bisa juga menambahkan pintasan ke menu pengaturan cepat.

Secara default, mengaktifkan mode tidur juga mengaktifkan mode "Jangan Ganggu". Jika tetap ingin menerima notifikasi saat berada dalam mode monokrom pada ponsel pintar Samsung, pastikan terlebih dulu menonaktifkan mode "Jangan Ganggu" tersebut.

Selain itu, jika Anda telah memasangkan Galaxy Watch ke ponsel cerdas, mode greyscale yang sama juga akan diaktifkan pada jam tangan pintar. Metode lain untuk mengaktifkan mode greyscale pada ponsel pintar Samsung adalah dengan mengaktifkan opsi "Koreksi Warna" yang bisa ditemukan di menu "Aksesibilitas", kemudian pilih opsi "Peningkatan Visibilitas".

 

 
Berita Terpopuler