Film Komedi Agak Laen, Para Komika Siap Mengocok Perut Penonton

Naskah orisinal diangkat dari podcast populer "Agak Laen".

network /Shelbi Asrianti
.
Rep: Shelbi Asrianti Red: Partner

Tim produksi dan pemeran film "Agak Laen". (Dok Poplicist Publicist (Nuel)

SENANDIKA.REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film komedi Agak Laen besutan rumah produksi Imajinari siap memasuki masa produksi. Sinema yang diangkat dari IP podcast berjudul sama itu dibintangi komika Boris Bokir, Indra Jegel, Bene Dion, dan Oki Rengga, dengan Muhadkly Acho didapuk sebagai sutradara.

Dikutip dari siaran pers yang diterima Republika.co.id, proses syuting film dilakukan selama tiga pekan di area Jabodetabek, mulai 3 September 2023. Agak Laen menjadi produksi ketiga Imajinari setelah Ngeri-Ngeri Sedap yang sudah tayang, serta Jatuh Cinta Seperti di Film-Film yang segera tayang.

Sinema diangkat dari podcast "Agak Laen" yang mengudara sejak 2021, semula hanya konten audio, kemudian berlanjut jadi konten YouTube. Hingga kini, podcast memiliki lebih dari 400 ribu pelanggan di kanal YouTube dan konsisten menyiarkan konten setiap harinya.

Pendengar podcast dijuluki Pasukan Bermarga, karena "Podcast Agak Laen" kerap membawa topik seputar kehidupan orang Batak, baik yang sudah lama tinggal di ibu kota maupun merantau di tempat lain. Ernest Prakasa selaku produser dari Imajinari menjelaskan alasan mengangkat podcast menjadi film.

Alasan pertama, Agak Laen sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari perjalanan film Ngeri-Ngeri Sedap, jadi tim sudah merasa ada kedekatan dan kecocokan. Kedua, tim Imajinari percaya akan kekuatan para komika sebagai kuartet komedi yang solid dan punya keunikan yang khas.

"Ide cerita awalnya berasal dari brainstorming antara saya dan kuartet "Agak Laen", dari sana, ide kami kembangkan lebih jauh bersama penulis Muhadkly Acho yang juga akhirnya bertindak sebagai sutradara," ungkap Ernest.

Sebagai teman dan rekan kerja yang sudah cukup lama mengenal Acho, Ernest yakin Acho punya modal yang kuat untuk menggarap project tersebut. Selain punya comedic sense yang tajam, Acho juga dinilai piawai dalam mengolah drama.

"Sebagai filmmaker yang berasal dari stand-up comedy - seperti saya - Acho juga punya kegigihan yang tinggi dalam belajar seni penyutradaraan dan segala aspek di dalamnya," ucap Ernest.

Keempat personel podcast "Agak Laen" merupakan komika. Boris Bokir, tergabung dengan Stand Up Indo Bandung sejak 2011 dan kemudian dikenal karena menjadi salah satu dari 13 finalis Stand Up Comedy Indonesia Kompas TV 2012.

Indra Jegel, berasal dari komunitas Stand Up Indo Medan, kemudian menjadi juara Stand Up Comedy Indonesia Kompas TV 2016. Bene Dion, mulai aktif open mic pada 2011, sejak bergabung dengan komunitas Stand Up Indo Jogja di Yogyakarta dan menjadi peserta Stand Up Comedy Indonesia Kompas TV 2013.

Terakhir, Oki Rengga, bergabung dengan komunitas Stand Up Indo Medan pada tahun 2015. Kemudian, dia berhasil menjadi runner up di kompetisi Stand Up Comedy Indonesia 2018. Dengan keterlibatan mereka, Ernest yakin bisa menghidupkan film Agak Laen, terlebih dengan cerita yang segar dan orisinal.

Ernest dan tim Imajinari berupaya menjauh dari cerita yang sudah ada, baik itu adaptasi, remake, atau sekuel. Dia mengaku tidak mengharamkan, tetapi selama masih ada ide orisinal, itu yang akan menjadi prioritas. "Selain itu, bersama pelaku industri yang lain, kami juga berkomitmen mewujudkan lingkungan kerja yang lebih nyaman dan turut berperan aktif meningkatkan standar kesejahteraan para pekerja film Indonesia," tutur Ernest.

 
Berita Terpopuler