Buka KTT ASEAN, Jokowi Ajak ASEAN Berlayar Bersama Menuju Epicentrum of Growth

ASEAN telah menyadari situasi dunia yang tidak baik-baik saja.

Setpres RI
Presiden Joko Widodo saat membuka KTT ASEAN ke-43 di Jakarta
Red: Agung Sasongko

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Jokowi menyatakan ASEAN telah menyadari situasi dunia yang tidak baik-baik saja serta tantangan masa depan yang makin berat yang mengakibatkan perebutan pengaruh oleh kekuatan-kekuatan besar. Berkaitan dengan hal tersebut, Presiden Jokowi menegaskan bahwa ASEAN sudah sepakat untuk tidak menjadi proksi bagi kekuatan mana pun dan sepakat untuk bekerja sama dengan siapapun bagi perdamaian dan kemakmuran.

Baca Juga

“Jangan jadikan kapal kami, ASEAN, sebagai arena rivalitas yang saling menghancurkan, tapi jadikanlah kapal ASEAN ini sebagai ladang untuk menumbuhkan kerja sama, untuk menciptakan kemakmuran, menciptakan stabilitas, menciptakan perdamaian yang tidak hanya bagi kawasan tapi juga bagi dunia,” tegasnya.

Di penghujung pidatonya, Presiden Jokowi mengajak seluruh negara anggota ASEAN dan negara mitra untuk bekerja mewujudkan kerja sama yang setara dan saling menguntungkan.

“Yang Mulia, samudra dunia terlalu luas untuk dilayari seorang diri. Dalam perjalanan kita, akan ada kapal-kapal lainnya, kapal-kapal mitra ASEAN. Mari kita bersama mewujudkan kerja sama yang setara yang saling menguntungkan untuk berlayar bersama menuju ‘Epicentrum of Growth’,” tandasnya.

 
Berita Terpopuler