Survei: Instagram dan Tiktok UGM Paling Populer dari 15 Kampus Besar di Indonesia

Instagram UGM diikuti 1.074.900 pengikut dan Tiktok 202.700 pengikut.

.
Red: Partner

Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM). Foto: Republika/Wahyu Suryana

MAGENTA -- Survei RevoU periode Q3 tahun 2023 menempatkan Instagram dan Tiktok UGM (Universitas Gadjah Mada) menjadi platform media sosial paling populer dari 15 kampus besar di Indonesia.

Survei dilakukan RevoU dengan cara mengumpulkan dan membandingkan data pengikut di media sosial, jumlah konten di masing-masing platform media sosial kampus, serta strategi konten.

BACA JUGA: Jangan Lewatkan Sholat Dhuha Pagi Ini, Berikut Bacaan Niat dan Doanya

.

Dikutip dari ugm.ac.id, RevoU mengambil data terakhir pada 1 Agustus 2023 menggunakan QS World Ranking 2024 untuk menyaring 15 universitas terbaik di tanah air.

Hasilnya, UGM mempertahankan posisi nomor satu dengan pengikut terbanyak di Instagram sebanyak 1.074.900 pengikut. Selama satu tahun belakangan UGM juga mendapat lebih dari 180 ribu pengikut baru, dan satu-satunya kampus yang meraih satu juta pengikut.

UGM juga menjadi kampus dengan pengikut terbanyak di Tiktok sebanyak 202.700 pengikut. Di antara kampus lain, UGM menjadi satu-satunya kampus yang meraih lebih dari 200 ribu pengikut di Tiktok.

Untuk X atau dulunya Twitter, UGM masuk dua besar bersama Universitas Indonesia UI dengan pengikut lebih dari satu juta. LinkedIn UGM juga bersaing ketat berada di posisi ke dua setelah UI dengan jumlah pengikut 214 ribu orang. Sementara untuk Youtube, UGM memiliki 114 ribu subscriber dan berada di posisi ke dua di bawah ITB.

Sekretaris Universitas UGM Andi Sandi Antonius Tabusassa Tonralipu menegaskan, UGM akan terus meningkatkan performa seluruh platform media sosial yang dimiliki agar lebih efektif digunakan sebagai sarana publikasi dan informasi.

“Kita dorong terus agar lebih strategis menjangkau audiens sehingga seluruh informasi maupun capaian UGM tersampaikan,” kata Andi, Ahad (3/9/2023).

Andi juga bersyukur pengakuan terhadap platform media sosial UGM terus meningkat termasuk berbagai capaian prestasi dalam beberapa kompetisi kehumasan tingkat nasional.

BACA JUGA:

Mahasiswa UGM Raih Medadi Perak di Kompetisi Matematika Internasional

102 Mahasiswa Asing UGM Diajari Main Gamelan, Membatik, dan Menanam Padi

Mengenal Farrel, Mahasiswa Penyandang Disabilitas Netra UGM Lulus Cumlaude

Niat dan Doa Sholat Tahajud, Latin Beserta Terjemahan dan Istighfarnya

Kisah Anak Pembuat Roti Hafal 30 Juz Alquran Diterima Kuliah di UNY

 
Berita Terpopuler